10 Hal Ini Dapat Membantu Kita Memilih Asuransi Rumah Yang Tepat – Rumah adalah tempat dimana kita bernaung dan sekaligus tempat kita berkumpul dengan keluarga. Rumah merupakan tempat yang harus kita jaga dan kita rawat. Beberapa cara merawat rumah dengan banyak hal, salah satunya adalah dengan merawat-nya secara berkala atau juga bisa dengan mendaftarkan rumah kita ke produk asuransi. Ibarat pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan adalah kata yang bisa kita gunakan sebagai referensi kenapa kita perlu menggunakan asuransi.

Memiliki rumah sama dengan memiliki investasi yang lainnya, memiliki rumah juga mempunyai berbagai macam resiko. Resiko rusak dimakan usia atau juga sampai dengan resioko yang paling fatal adalah kebakaran. Resiko kebakaran adalah resiko yang bisa dibilang resiko paling berbahaya dan paling dihindari. Akan tetapi resioko kebakaran bisa saja terjadi pada siapa saja, memgingat sumber-sumber penyebab terjadinya kebakaran ada disekitar kita. Bisa karena hubungan arus pendek listrik, kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran tabung gas LPG atau juga karena hal-hal lainya. Selain itu juga bencana alam juga bisa menjadi sesuatu yang dapat menjadi pertimbangan kenapa kita harus segera mendaftarkan rumah kita pada perusahaan asuransi.

Namun memilih produk asuransi yang baik juga bukan perkara mudah. Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam keuntungan dan mempunyai keunggulan dalam setiap produknya. Beberapa langkah berikut adalah langkah yang dapat kita ambil untuk mengetahui bagaimana cara menemukan produk asuransi yang baik.

  • Mengenali Dahulu Kebutuhan Akan Asuransi

Sebelum memilih asuransi baik itu perusahaannya atau produk pertanggungannya lebih baik kita mengenali dulu apa yang sesuai dengan kita dan mana saja yang tepat. Untuk asuransi rumah produk asuransi biasanya akan menyediakan beberapa asuransi pertanggungan terhadap resiko kebakaran, pencurian, banjir, gempa bumi atau juga resiko yang lainnya. Setelah kita mengenali kebutuhan kita barulah kita tentukan produk apa yang akan kita ambil. Dalam menentukan kebutuhan kita bisa memperhatikan bebrpa hal berikut.

  1. Pertimbangkan Jenis Rumah Kita

Kita bisa mempertimbangkan produk asuransi yang sesuai dengan jenis rumah kita. Apakah kita tinggal di pemukiman atau housing (landed) ataukah kita tinggal di apartement tentuya akan sangat berbeda produk yang akan kita pilih. Apabila kita tinggal di apartment tentunya resiko akan berbeda, suatu misal resiko pencurian akan sedikit lebih kecil dibandingkan tinggal di pemukiman. Akan tetapi resiko kebakaran merupakan resiko yang dapat saja terjadi di dua jenis pemukiman. Atau juga resiko banjir misalkan, tinggal diperumahan akan lebih berisiko dibandingkan tinggal di apartement maka dari itu perhatikan jenis tempat tinggal kita sebelum memilih produk asuransi.

  • Sesuaikan Dengan Lokasi Kita Tinggal

Selain jenis tempat tinggal, lokasi atau geografis juga bisa menjadi acuan kita memilih produk asuransi. Apabila kita tinggal di kota yang rawan banjir tentunya asuransi dengan resiko banjir akan sangat kita perlukan, atau juga apabila kita tinggal di daerah dekat pantai atau pegunungan, gempa bumi juga merupakan resiko yang kemungkinan besar kita akan alami.

  • Cari Tahu Reputasi Perusahaan Asuransi Tersebut

Setelah dapat menentukan produk apa yang akan kita beli, kita dapat mempelajari perusahaan asuransi dari tersebut. Cobalah untuk mempelajari reputasinya. Kita bisa mempelajari dari portfolio yang biasanya akan diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut melalui agen nya. Selain itu kita juga dapat mempelajari lewat mesin pencari di Internet. Kita bisa mempelajari nilai pencairan klaim terbesar dan reputasinya selama berdiri apakah banyak mengecewakan atau komplian dari nasabahnya. Pelajari dengan seksama dan komprehensif.

  • Bandingkan Produk Asuransi

Bandingkan produk asuransi yang satu dan yang lain. Dewasa ini banyak sekali produk dan perusahaan asurasi menawarakan kemudahan dan keuntungan bagi nasabahnya. Maka dari itu cobalah mempelajari dan bandingkan dengan beberapa produk yang lainnya. Jangan hanya terpaku pada satu perusahaan asuransi saja.

  • Pertimbangkan Nilai Pertanggungan Yang Akan diberikan

Selain produk, cobalah untuk mempertimbangkan berapa nilai pertanggunan yang akan diberikan kepada kita. hal itu akan menjadi pertimbangan apabila terjadi sebuah resiko maka kita akan cepat melakukan recovery atau pemulihan kembali kondisi dengan nilai pertanggungan tersebut.

  • Pertimbangkan Kemampuan dalam Membayar Premi

Hal yang juga tidak kalah penting adalah kemampuan kita dalam membayar premi. Perhitungkan berapa kemampuan kita dalam membayar premi setiap bulannya atau setiap tahunnya. Jangan sampai kita akan terkena sanksi karena kita tisak sanggup membayar premi yang sudah ditetapkan. Pertimbangkan dengan masak-masak, tidak ada salahnya kita mempertimbangkannya dengan pasangan kita.

  • Ketahui Apa Saja Jenis Jaminan yang Akan Dijamin

Sebelum memilih asuransi sebaiknya kita juga menanyakan apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Suatu misal, apabila kita mengasuransikan rumah kita untuk resiko kebakaran. Tanyakan dengan jelas apa saja yang menyebabkan resiko pertanggungan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Misalkan karena arus pendek, kebakaran karena gas atau juga karena petir dan lain sebagainya. Banyak hal yang bisa kita tanyakan kepada pihak asuransi sebagai bahan pertimbangan kita.

  • Pahami Isi Polis

Seperti kita ketahui polis merupakan bukti autentik dari pemegenag polis asuransi dan disitu akan tertera kesepakatan antara perusahaan dan nasabah. Maka dari itu sebelum kita menandatangani polis baca dengan seksama dan ajukan pertanyaan kepada pihak perusahaan. Biasanya perusahaan akan memberikan waktu selama beberapa hari agar kita mempelajari polis tersebut sebelum kita dapat membatalkan polis tersebut.

  • Pahami Prosedur Klaim Asuransi

Yang terakhir adalah pahami prosedur klaim asuransi. Pilihlah asuransi yang mempunyai klaim yang memudahkan nasabah dan tidak berbelit-belit juga tidak memakan waktu yang lama.

Setelah kesepuluh hal tersebut telah kita lalui, maka yakinkanlah untuk memilih produk dan perusahaan yang kita rasa terpercaya. Ingat jangan memilih produk asuransi hanya karena ajakan teman atau rayuan dari seorang agent, yang hal ini akan menjerumuskan kita. baca juga 30 Desain Teras Depan Rumah Sederhana Minimalis

Leave a Reply