10 Langkah Membuat Desain Yang Inovatif Untuk Kamar Anak – Seringkali kita menciptakan desain kamar anak-anak kita dengan gaya yang kita inginkan atau bahkan gaya standar yang bagi kita sudah cukup. Kita kurang memperhatikan keinginan dan kebutuhan anak-anak kita. Apa yang menjadi mimpinya dan kegiatan apa yang harus dilatih dan dikembangkannya serta memperluas daya kreatifitasnya. Jika semua itu telah didapatkannya di dalam rumah, ia akan menjadi betah berada di rumah, bahkan mungkin akan lebih mempertinggi semangatnya dalam belajar.

Tiap anak memiliki mimpi yang berbeda, mereka memiliki imaginasi yang seringkali tidak masuk akal dalam pikiran kita orang dewasa. Namun, kamar mereka adalah milik mereka. Biarkan mereka ikut serta dalam memilih desain interiornya jika bisa. Bisa jadi kelihatan agak aneh buat kita, namun dengan campur tangan kita, kamar anak akan sesuai dengan yang mereka inginkan namun juga tetap aman dan pragmatis dari sudut pandang kita sebagai orang dewasa. Desain kamar anak yang terbilang inovatif cenderung memiliki kombinasi dari beberapa elemen tersebut. Untuk itu, demi menjadikan kamar anak sukses menjadi kamar yang imaginatif sekaligus aman. Beberapa langkah berikut seperti yang dilansir dari situs comelite-arch.com :

Gunakan Pilihan Warna-Warna Yang Ceria

Anda perlu mengaplikasikan aneka warna yang membangkitkan semangat dan keceriaan sehingga sesuai dengan jiwa mereka. Anda tidak bisa menerapkan warna-warna yang menurut Anda berkelas namun membosankan bagi anak-anak dan ini dikhawatirkan akan menghambat kreatifitasnya. Sebaiknya Anda memilih warna-warna yang ia sukai dan menciptakan ruangan yang lebih semarak. Rasa puas dan bahagia dari anak Anda diharapkan akan memancing dan membangkitkan sisi paling kreatif dan menyenangkan dari anak Anda. Warna yang Anda aplikasikan tidak harus perbaduan warna-warna terang seperti hijau, merah dan biru, namun juga bisa warna tunggal yang semarak seperti nuansa warna biru yang tampak dalam gambar dibawah ini

Baca Juga  Berbagai Macam Tutorial Membuat Hiasan Dinding Untuk Kamar Cantik

Pemilihan Furnitur Yang Lucu dan Menyenangkan

Furnitur yang Anda pilih sebaiknya tidak meninggalkan sisi fun dan playful seperti juga dengan warna cat yang tadi telah dibicarakan, agar keduanya bisa sejalan. Pertama-tama, Anda harus memilih furnitur yang sesuai dengan dimensi fisik anak Anda serta apa yang menjadi idola atau yang disenanginya. Lalu cocokkan dengan material warna yang ada, lalu tentukan desain yang imajinatif. Hasilnya bisa saja beraneka ragam. Bisa stylish, funky atau futuristik. Menghadirkan furnitur yang inovatif namun juga tetap menerapkan disiplin yang baik adalah mengaplikasikan funitur yang dapat di bongkar pasang atau modular style.

Memikirkan Faktor Psikologis dan Pendidikan Anak

Saat memasuki usia 3-6 tahun, segala paling mudah berpengaruh pada kejiwaan seorang anak. Pada usia inilah mereka mulai mencoba segala sesuatu dan mulai mempergunakan segala daya dan kreatifitas yang dimilikinya. Jadi, Anda harus mempertimbangkan hal ini, dengan menciptakan suasana kamar yang bukan hanya menyenangkan tetapi juga sekaligus bersifat edukatif sehingga memicu kreatifitas positifnya.

Desain Dinding Yang Imajinatif

Bagian dinding dapat menjadi sangat berpengaruh terutama pada anak-anak karena bagian inilah yang paling sering dilihat atau ditangkap mata anak. Bagi Anda yang mengingkan desain kamar anak Anda lebih inovatif dan unik maka desain pada bagian dinding harus diperlakukan lebih istmewa agar lebih fancy. Anda dapat menambahkan tempat penyimpanan yang kreatif dan lucu, aksesoris yang sesuai jika perlu, tambahkan mural pada bagian dinding

Menentukan Tema

Untuk membuatnya merasa penting dan merasa gembira, tentukan tema pada kamar Anak sesuai dengan sesuatu atau kisah yang disukainya. Aplikasikan imajinasi tersebut pada kamar anak, dengan menghadirkan secara fisik segala yang disukainya dan menghadirkannya di dalam kamar. Misalnya saja suasana di dalam pedalaman laut, rumah boneka Barbie, nuansa rumah pohon, mobil sport atau bahkan kapal bajak laut. Buatlah kamar tidurnya menjadi taman bermain baginya.

Baca Juga  Ide Hiasan Kamar Buatan Sendiri Yang Patut Anda Coba

Selain itu, penambahan tema ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan fobia atau rasa takutnya akan sesuatu. Misalnya saja jika ia takut pada dinosaurus atau naga, maka hadirkan boneka atau gambar dino atau naga dalam bentuk yang lucu dan bersahabat. Penetapan tema pada  kamar tidurnya, dapat membuat monster yang semua menyeramkan menjadi bersahabat dan ramah.

Layout Ruangan

Mengatur tata letak ruang sangat diperlukan agar lebih terorganisir, rapid an tidak tumpang tindih dalam fungsinya. Dengan cara ini, bagian-bagian kamar akan lebih tampak meskipun tanpa pembatas. Misalnya saja Anda ingin memisahkan bagian kamar untuk beristirahat atau tidur, bagian untuk belajar, bermain atau bahkan bagian untuk pengawasan. Dengan pengaturan tata letak maka bagian-bagian ini akan teratur.

Ruang Penyimpanan Mainan Anak

Mainan anak merupakan barang yang pasti ada bahkan penting bagi anak, sehingga kehadirannya tidak akan dapat terpisahkan dari anak dan kamarnya. Ada baiknya diadakan tempat penyimpanan khusus untuk berbagai barang mainannya agar rapi, tidak cepat rusak dan mudah untuk dicari. Agar lebih menarik bentuknya ruang-ruang penyimpanan ini dengan lebih unik namun mudah dijangkau oleh si kecil sehingga ia dapat belajar untuk membereskan barang mainannya sendiri setelah digunakan.

Area Pengawasan

Baik juga jika Anda memiliki area khusus untuk menikmati quality time bersama si kecil di dalam kamarnya seraya Anda melakukan pengawasan terhadapnya. Sehingga Anda dapat menemaninya bermain, atau jika ia ingin bermain dan berkarya sendiri, Anda dapat duduk di spot ini sambil mengawasinya. Anda tidak perlu memiliki semacam spot khusus yang berlawanan dengan tema kamar anak. Cukup tempatkan sofa atau beanbed pada sudut atau lokasi strategis dimana Anda dapat memandang ke seluruh area ruang kamar namun Anda juga dapat bersantai disana.

Baca Juga  30 Desain Kamar Mandi Cantik Minimalis

Area Seni dan Kreasi

Seni merupakan unsur terpenting untuk mengasah kreatifitas si kecil. Dengan ekspresi seni, mereka dapat mengungkapkan segala hal yang tersimpan di dalam hati dan pikiran mereka yang tidak mampu atau tidak ingin mereka ungkapkan melalui kata-kata. Area ini dapat Anda pilih pada sudut ruang kamar dimana ia bebas mencoret-coret, menggambar atau membuat prakarya. Kalau perlu sediakan satu bagian tembok yang ditempel dengan semacam white board agar si kecil dengan mudah menggunakannya dan menghapusnya kembali. Akan lebih baik lagi jika Anda turut mengapresiasi akan hasil karyanya jika memang dibuat dengan serius.

Nuansa Keseluruhan Ruangan

Gagasan untuk kamar anak yang inovatif dan kreatif berbeda dengan desain yang biasa, karena memiliki menifestasi dari sebuah gagasan yang lebih nyata. Misalnya saja jika ia menginginkan nuansa rumah pohon, atau carousel di dalam kamar, maka itulah yang akan dia dapatkan. Hanya saja, bentuknya dapat Anda modifikasi sehingga lebih nyaman dan tepat ditempatkan pada sebuah ruang kamar. Tidak ada salahnya menggabungkannya dengan ide dewasa Anda namun jangan sampai merusak inti tema.

 

 

 

 

 

Loading...