15 Desain Meja Belajar Anak Paling Unik – Membuat anak-anak tekun belajar di rumah memang gampang-gampang susah. Konsentrasi lebih mudah terpecah tatkala ia sudah terlepas dari lingkungan sekolah. Padahal mereka tetap harus mengerjakan Pekerjaan Rumah atau mengulang kembali sejenak pelajaran yang telah diberikan agar tidak terlupakan begitu saja. Menentukan waktu agar mereka disiplin dalam belajar tatkala berada di dalam lingkungan rumah memang baik untuk diterapkan, namun ada baiknya juga kita sebagai orang tua memikirkan apa yang sekiranya membuat mereka betah tinggal dalam satu tempat selama waktu belajar di rumah.

Yang pertama harus dipikirkan dalam hal ini tentu saja memilih tempat yang tepat khusus untuk mereka belajar, dan salah satu opsi nya adalah memilih dan menentukan meja dan kursi belajar yang tepat dan baik bagi mereka. Dalam pemilihan meja belajar untuk putra putri kita, ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan :

  1. Menentukan dimana sekiranya meja dan kursi belajar anak kita akan diletakkan. Pastikan lokasinya merupakan tempat yang ia sukai namun juga tidak lepas dari pantauan orang tua. Meja dan kursi belajar tidak harus berada di dalam kamar, bisa juga di ruang keluarga agar suasana hangat dan orang tua dengan mudah mengawasi sekaligus membantunya belajar. Tempat juga harus disesuaikan dengan kondisi pada hunian Anda. Jika perlu bagian meja dapat menempel dengan dinding sehingga tidak menyita banyak ruang.
  2. Jika tersedia lokasi khusus untuk penempatan meja dan kursi belajar, Anda bisa tempatkan segala sesuatu yang ia suka seperti misalnya boneka favorit, poster tokoh atau film yang ia suka, atau action figure super hero idola nya. Dengan demikian ia merasa nyaman dan betah berada di tempat ia belajar
  3. Berbicara soal kenyamanan anak juga tentu terkait dengan bahan dan bentuk dari meja dan kursi belajar. Pastikan bahan yang dipergunakan tidak melukai, tidak membuatnya pegal atau membuatnya gatal. Kenyamanan juga tidak terlepas dari bentuk meja belajar dan juga ketinggian meja pilihan Anda. Jangan sampai meja menjadi jauh lebih tinggi daripada kursi nya sehingga ia kesulitan untuk menjangkaunya atau tidak akan bertahan terlalu lama untuk berada di sana. Untuk ini, mungkin Anda juga dapat melibatkan anak untuk pemilihan meja dan kursi belajar yang tepat untuknya, sehingga ia juga merasa diikut sertakan dalam proses pemilihan.
  4. Anda dapat memilih meja belajar yang dapat menampung segala buku yang dimiliki anak-anak. Buku pelajaran sekolah saat ini sangat beragam sehingga diperlukan tempat khusus yang dapat menampung keseluruhan buku tersebut dengan rapi agar mudah ditemukan sekaligus mudah dijangkau oleh anak-anak sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk menemukan buku mana yang diperlukan.
  5. Warna dari meja belajar yang dipilih memang bisa apa saja, namun ada baiknya jika Anda pilih yang berwarna cerah atau terang. Hal ini dimaksudkan agar menimbulkan rasa semangat dan keceriaan pada anak sehingga tidak bosan dalam belajar. Jika warna yang disukainya adalah warna netral, maka bentuk yang unik diharapkan dapat membuatnya bersemangat.
  6. Bahan utama untuk meja dan kursi belajar saat ini sangat beragam. Dari mulai bahan kaca, alumunium, plastik, tripleks, kayu dan beberapa bahan lainnya yang semakin banyak dalam perkembangannya. Salah satu pilihan bahan meja dan kursi belajar yang baik adalah yang terbuat dari kayu yang solid. Ini dikarenakan meja belajar dari bahan kayu memiliki kecenderungan perawatan yang relative tidak sulit dan terbilang awet. Untuk perawatannya hanya cukup secara berkala dibersihkan dengan menggunakan lap basah untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel. Tampilan meja yang terbuat dari kayu juga tampak lebih natural. Meja dengan bahan kayu saat ini juga memiliki berbagai warna dan model.
  7. Sebaiknya memilih meja belajar yang mempunyai banyak fungsi, sehingga meja belajar anak Anda tidak hanya dapat menyimpan buku-bukunya saja namun juga menyimpan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan belajarnya seperti misalnya tas sekolah dan kalau perlu untuk menyimpan mainan miliknya. Sehingga meja belajar yang memiliki banyak ruang penyimpanan dapat dipilih agar memudahkan dan juga lebih praktis. Dengan demikian anak-anak Anda juga dapat dilatih untuk mengembalikan segala sesuatu ke tempatnya, misalnya saja mengembalikan tas sekolah ke lokasi tempat penyimpanan pada area meja belajarnya. Membuatnya lebih disiplin tetapi terfokus pada satu area sehingga lebih memudahkannya.
  8. Memilih bentuk yang lucu dan unik sesuai dengan kepribadiannya, sehingga mampu merangsang daya kreatifnya. Kalau perlu sediakan beberapa jenis barang yang mampu membantunya untuk lebih kreatif, misalnya buku gambar, kanvas, alat lukis, crayon, clay, kertas berwarna, benar dan lain sebagainya. Bisa juga Anda sediakan white board atau black board untuk anak Anda.
Baca Juga  Berbagai Macam Tutorial Membuat Hiasan Dinding Untuk Kamar Cantik

Dibawah ini kami hadirkan 15 desain meja belajar bagi putra putri Anda yang semoga saja bukan hanya membuatnya lebih rajin belajar namun juga merangsang kreatifitasnya sekaligus menyukai tempat belajarnya :

 

 

Leave a Reply