Desain Kandang Ayam Sederhana – Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang menghasilkan keuntungan besar. Selain dapat dimanfaatkan dagingnya, telur ayam juga menjadi salah satu komoditas yang menguntungkan. Tentu harus memperhatikan desain kandang dari peliharaan anda bukan. Terlebih jika mendekati hari-hari besar, seperti menjelang lebaran atau hari raya kurban maupun natal dan tahun baru, harga daging ayam dan telurnya akan meroket tinggi.

Salah satu aspek penting dalam beternak ayam tentunya adalah desain kandangnya. Tidak mungkin membiarkan ayam berkeliaran bebas di lapangan terbuka tanpa mengandangkannya. Tentu karena bisa membuang kotoran sembarangan dan membuat lingkungan tidak sehat. Belum lagi saat hujan dan panas, ternak tidak boleh dibiarkan kehujanan maupun kepanasan bila ingin mendapatkan daging maupun telur atau ras dengan kualitas bagus.

Untuk itu demi terciptanya kandang yang rapi, ternak yang bagus, kualitas ayam yang jempolan maka wajib untuk melihat desain kandang ayam yang ada dibawah ini.

Inspirasi Desain Kandang Ayam Sederhana

1. Kandang ala cabinet

Kandang ini menjadi tren kandang ayam di Eropa, yaitu berbentuk kabinet alias rak yang dilengkapi dengan sarang tertutup di bagian tengahnya. Jika jumlah ternak ayam Anda tidak terlalu banyak dan lebih fokus memanfaatkan telurnya, maka kandang cantik ini patut dijadikan pilihan karena unik dan tidak memakan banyak tempat.

2. Kandang ala rumah kayu Eropa

Sering menonton film atau serial besutan Inggris? Pasti tidak asing dengan desain rumah kayu berikut ini. Selain digunakan sebagai rumah tinggal, desain seperti ini ternyata dapat diaplikasikan untuk kandang ayam yang cocok diletakkan di depan atau taman belakang rumah. Desainnya cantik, tetapi bisa menampung banyak sekali ayam.

3. Kandang ala rumah panggung

Kalau kandang yang satu ini cukup sering ditemui di pelataran rumah penduduk di daerah Jawa. Kandang ini terbuat dari kayu berkualitas yang kokoh dan di-finishing mengilap. Kandang ini cukup menampung empat sampai lima ayam. Karena strukturnya yang tinggi dan rapat, tidak perlu khawatir ayam akan diserang oleh predator tidak diinginkan.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Kambing Sederhana dari Bambu

4. Kandang ala Joglo

Kandang semacam ini juga mudah ditemui di daerah Jawa, karena desainnya sendiri mirip dengan Joglo, atau rumah adat Jawa Tengah. Terbuat dari kayu yang bagus meski cukup pipih, kandang yang satu ini cukup menampung hingga lima belas ayam. Kandang seperti ini bisa diletakkan di halaman depan ataupun belakang rumah.

5. Kandang ala UFO

Konsep yang satu ini mungkin akan mengundang gelak tawa. Ya, alien. Konsep kandang minimalis modern ini mengibaratkan kandang ayam layaknya pesawat alien berbentuk lonjong, terbuat dari paduan kayu dan besi, lalu memiliki tangga untuk ayam keluar dari kandang tersebut. Kandang unik ini paling cocok untuk memelihara ayam hias.

6. Kandang bambu cat biru

Bambu merupakan salah satu material paling populer untuk membuat kandang ayam. Supaya memberi kesan berbeda terhadap kandang ayam dari bambu yang satu ini, maka diberikan cat warna biru yang cerah.

7. Kandang besi jaring-jaring

Besi ringan yang kuat cocok sekali bila dijadikan pondasi dari kandang ayam. Desain kandang berbentuk jaring-jaring besi bertingkat ini selain bisa digunakan untuk ternak ayam juga dapat dijadikan kandang ternak lain seperti kelinci.

8. Kandang besi ringan

Masih dengan besi ringan yang dapat diaplikasikan dalam beragam bentuk kandang yang berbeda. Kandang satu ini memiliki desain lebih sederhana dan tinggi lebih rendah tetapi sangat kokoh dan aman karena tidak dapat disusupi oleh predator apapun yang mengincar ternak ayam.

9. Kandang desain Tiongkok

Kandang yang satu ini mengingatkan pada desain rumah-rumah Tiongkok, terutama bagian atapnya yang menjulang. Kandang ini umumnya digunakan untuk ayam hutan dan diletakkan di depan rumah. Warnanya bervariasi antara putih, hitam, merah, cokelat, dan lain-lain. Cukup untuk mempercantik eksterior rumah.

Baca Juga  Contoh Kandang Kambing dari Bambu yang Wajib di Perhatikan

10. Kandang miniatur rumah dari kayu

Desain kandang memang semakin cantik. Salah satunya adalah kandang dengan bentuk miniatur rumah yang satu ini. Kandang yang satu ini cantik sekali bila diletakkan di halaman rumah, terutama bagi yang memiliki taman kecil. Tampaknya kandang ini sendiri lebih difungsikan untuk estetika karena daya tampungnya juga maksimal hanya tiga ekor ayam.

11. Kandang model miniatur rumah dari aluminium dan plastik

Kalau kandang yang satu ini merupakan salah satu inovasi desain dari belahan Eropa. Orang-orang di daratan Eropa memang cukup senang memelihara ayam, tapi untuk tujuan konsumsi telurnya, sehingga satu atau dua ayam saja cukup. Dan mereka pun selalu membuatkan kandang cantik untuk peliharaannya. Salah satu contohnya adalah kandang yang ini.

12. Kandang segitiga

Kandang yang satu ini mirip seperti tenda, tapi terbuat dari besi ringan dan sebagiannya ditutupi atap sebagai tempat berlindung ayam saat matahari terlalu terik atau hujan turun. Jika hujan terlalu deras bisa ditutupi dengan terpal untuk menghangatkan ayam-ayam di dalamnya. Daya tampung maksimalnya sekitar lima ekor ayam saja.

13. Kandang bambu luas
Jika Anda memiliki ternak ayam dalam jumlah yang besar, maka Anda bisa membangun sebuah kandang dari bambu dengan desain bertingkat, lalu menggunakan atap aluminium.

14. Kandang jinjing
Khusus untuk ayam hias yang suka dipamerkan, maka kandang jinjing dengan kapasitas satu ekor saja sudah cukup, karena mudah dibawa ke mana-mana.

15. Kandang besar full besi ringan
Jenis kandang yang satu ini juga cocok bagi yang memiliki ternak ayam dalam jumlah besar. Besi ringan tentu lebih kuat dibandingkan kayu maupun bambu. Ditambah lagi besi bersifat anti rayap dan telah teruji tahan gempa. Namun, karena bersifat sebagai konduktor, peternak harus menyiapkan terpal raksasa di atap untuk menetralisir suhu.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Kambing Sederhana dari Bambu

16. Kandang kayu persegi
Kandang yang satu ini memiliki desain sangat sederhana. Yaitu berbentuk persegi dengan ukuran setiap sisinya sama. Terbuat dari kayu pilihan agar tahan lama.

17. Kandang roket
Meskipun menggelikan, tapi kandang dari kayu berbentuk roket ini sangat unik dan dapat difungsikan sebagai komponen eksterior rumah yang anti-mainstream dan pasti mengundang decak kagum.

18. Kandang beton
Kadang kala, ayam suka sekali kabur bila kandang terbuat dari bahan yang ringkih. Atau, predator menyelusup masuk dan memakan ayam-ayam ternak hingga tidak bersisa. Beton dapat dijadikan pilihan untuk penyusun kandang yang kuat. Dengan konsep miniatur rumah, sekeliling tembok terbuat dari beton, sedangkan atapnya dibuat dari besi ringan dengan jaring-jaring.

19. Kandang dorong dari besi ringan
Supaya praktis dipindahkan, kandang berdesain super minimalis dengan bentuk persegi panjang ini diberi roda di bagian bawahnya. Kandang ini dapat menampung maksimal tiga ekor ayam saja dan dapat diletakkan di taman depan rumah ataupun halaman belakang.

20. Kandang rumah pohon
Pada dasarnya, konsep kandang ini adalah miniatur rumah, tetapi dibuat di atas pohon tinggi, sehingga menjadi seperti rumah pohon. Ayam bisa menikmati suasana alam dari ketinggian. Tetapi, hal ini agak merepotkan untuk pemiliknya ketika harus memberi makan dan minum, ataupun ketika memanen telur, karena harus memanjat terlebih pohon terlebih dahulu.

20 Contoh Desain Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

Keywrods:

    gambar desain kandang ayam potong, gambar kandang ayam warna cerah

Tag:

| reza shabrina | 4.5