Contoh Desain Kandang Kambing – Jika anda sedang akan memulai menernakkan kambing, anda harus tahu bagaimana tips-tips yang benar. Salah satu hal yang harus diketahui adalah membuat kandang kambingnya. Mengapa demikian? Karena kandang kambing itu merupakan suatu hal yang penting, kesuksesan seorang peternak kambing dapat bergantung pada kandang kambing.

Kandang kambing tidak perlu dibuat semewah mungkin, buatlah kandang kambing yang sederhana namun membuat nyaman si kambing dan memudahkan para peternaknya.

Sebelum membahas mengenai contoh desain kandang kambing yang sederhana, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dari kandang kambing, adapun fungsinya adalah sebagai berikut:
1. Kandang kambing berfungsi untuk melindungi ternak dari hewan pemangsa
2. Kandang kambing berfungsi untuk tempat tinggal dan beristirahat si kambing
3. Kandang kambing akan mempermudah pekerjaan peternak dari mulai memberi makan, memberi minum, membersihkan, memandikan, membuang kotoran, memberi vaksin, dan lain-lain
4. Kandang kambing membuat peternak lebih mudah untuk mengawasi kambing

Namun, fungsi-fungsi tersebut akan terwujud apabila anda mempunyai kandang kambing yang baik. Karena ada juga kandang kambing yang jutsru akan memberi banyak penyakit pada hewan ternaknya, apalagi jika peternaknya malas untuk membersihkan dan mengelola kandang tersebut dengan asal-asalan. Jadi, fungsi-fungsi yang disebutkan diatas akan sangat benar-benar terealisasikan apabila si peternak yang mengelola dan kandang kambing nya dibuat dengan baik.

Untuk membuat kandang kambing, sebaiknya jauh dari pemukiman dan dekat dengan pohon yang rindang, biasanya aturannya minimal 5 meter dari rumah warga, minimal lho! Membuat kandang kambing di suatu lapangan luas dengan rerumputan yang hijau juga merupakan salah satu hal yang direkomendasikan, jadi anda bisa dengan mudah meliarkan kambing untuk memakan rumput di lapangan. Pohon yang rindang akan membantu menerpa angin sehingga kambing yang diternakkan tidak terserang masuk angin.

Baca Juga  Contoh Kandang Kambing dari Bambu yang Wajib di Perhatikan

Harus diingat juga! Jangan sampai anda membuat kandang kambing di lokasi yang rawan tergenang air atau rawan banjir. Karena hal tersebut sangat akan mengganggu ternak, kandang yang lembab akan memberikan banyak penyakit bagi kambing. Anda juga harus mempunyai tenaga yang sangat ekstra untuk membersihkan tempat kambing nya. Jadi, pastikan untuk memilih tempat yang kering namun hijau.

Kandang kambing yang dibuat didekat pemukiman warga dikhawatirkan akan memberi kesan negatif pada tetangga-tetangga. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kotoran kambing itu sangat bau, bisa-bisa memberi penyakit lho pada warga-warga sekitar. Jika anda menempatkan kandang kambing di lapangan juga, anda lebih leluasa untuk mengurus kambing nya. Sesekali, kambing itu harus dikeluarkan agar tidak stress berada terus di kandang, dengan begitu kambing anda akan cepat gemuk dan berkembangbiak lho!

Desain Kandang Kambing dari Bambu dan Tips Merawatnya

Salah satu desain kandang kambing yang sampai sekarang menjadi favorit para peternak adalah kandang kambing yang menggunakan bambu. Selain konstruksinya murah, kandang kambing dengan bambu juga mempunyai kelebihan yang semua peternak pasti suka. Desain yang biasa digunakan untuk kandang kambing dari bambu adalah desain panggung. Desainnya tidak terlalu jauh berbeda dengan rumah panggung, dimana bagian dasar nya sengaja di beri jarak yang cukup tinggi.

Membuat luas kandang kambing jangan terlalu besar, anda bisa menyesuaikan dimensi nya dengan jumlah kambing atau target jumlah kambing yang akan diternakkan. Secara garis besar, satu ekor kambing hanya membutuhkan kandang seluas 1,5 meter persegi. Coba anda kalikan dengan jumlah kambing yang anda miliki. Misalnya anda memiliki 10 ekor kambing, berarti setidaknya anda harus membuat kandang kambing dengan luas 150 meter persegi.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

Ukuran kandang kambing sebenarnya apabila kita bicara lebih detail lagi, ada ukuran-ukuran tertentu yang diterapkan untuk jenis kambing-kambing tertentu seperti jenis kambing beranak, indukan, anakan, pejantan, dan kandang kambing dewasa. Namun ya.. tidak berbeda jauh, ukurannya berkisar dari 1 meter hingga 1,5 meter seperti yang telah disebutkan diatas.

Kandang kambing merupakan investasi yang sangat berharga bagi para peternak, jadi sebaiknya anda tidak membuatnya denga nasal-asalan, memang prinsip usaha itu mendapatkan untung sebesar-besarnya untuk modal seminim-minimnya. Tapi, hal itu tidak berarti anda harus membuat kandang kambing dengan harga yang murah dan asal-asalan. Tidak apa-apa lah jika mempunyai kandang kambing yang cukup mahal harganya, yang penting awet hingga sukses dan tidak membutuhkan banyak renovasi.

Jika anda akan menernakkan kambing kurang dari 5 ekor, membuat kandang kambing sederhana dari bambu merupakan hal yang cocok. Namun jika anda menernakkan kambing dengan jumlah 10 ekor atau lebih, sebaiknya anda menggunakan konstruksi yang lebih kompleks dan mewah meskipun material nya dari bambu. Kandang dengan desain panggung juga berlaku bagi anda yang menernakkan kambing dengan jumlah yang banyak.

Jangan membuat kandang kambing menjadi ruangan tertutup, karena hal tersebut akan mempengaruhi metabolisme dari kambing nya sendiri. Kondisi metabolisme yang sempurna mengharuskan kambing tersebut terdapat sinaran cahaya matahari yang cukup. Oleh karena itu, jangan sampai anda mengisolasi ternak kambing dengan kandang yang tertutup.

Berilah kambing dengan porsi makan yang cukup, anda juga harus memastikan bahwa makanan yang diberikan tidak mengandung racun atau bakteri yang dapat merusak tubuh kambing, berilah vaksin secara berkala dan lakukan pengecekkan medis oleh dokter hewan untuk mengetahui kesehatan si kambing tersebut. Selalu pastikan tidak ada kotoran yang menumpuk dan jangan sampai kandang kambing nya lembab.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

Salah satu keuntungan membuat desain kandang kambing dari bambu berbentuk panggung adalah memudahkan dalam membersihkan kotorannya karena kotoran tidak akan langsung mengotori dasari, ingat konsep rumah panggung dimana rumahnya diberi tinggian beberapa cm, jadi tidak langsung ke dasar nya. Adapun material untuk membuat rumah panggung setidaknya anda harus mempersiapkan bambu sebagai material utama, kayu, dan atap yang mungkin bisa terbuat dari seng atau terbuat dari plastic yang kuat dan tahan apabila ada hujan dan angin kencang.

Desain lainnya, anda juga bisa membuat kandang kambing yang dasarnya hanya tanah saja. Malah, biayanya akan menjadi lebih murah karena dengan hal itu anda berarti tidak harus menyemen kandang nya. Kandang kambing yang dasarnya dari tanah juga akan membuat jika kambingnya membuang kotoran atau membuang urine, akan menyerap ke tanah. Namun, cukup sulit untuk membersihkan kandang kambing dengan dasar dari tanah karena biasanya kotorannya bercampur kemana-mana.

Sebagai tips, anda juga bisa membuat kemiringan kandang kambing sekitar 60 hingga 70 derajat sehingga akan memudahkan air atau kotoran untuk megalir ke saluran pembersihan, hal tersebut juga akan memberikan kemudahan bagi para peternak untuk membersihkan kambing nya. Tentu bagaimanapun desain kandang kambing dari bambu nya, pada intinya anda harus mampu dan bisa membersihkan kandang kambing tersebut dan menjaga kebersihan kandang kambing nya. Jadi, selamat mencoba!

20 Contoh Desain Kandang Kambing Sederhana dari Bambu

Keywrods:

    contoh kandang kambing dari bambu

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...