20 Contoh Interior Hunian Gaya Industrial Minimalis – Mungkin banyak diantara Anda yang kerap kali mendengar istilah gaya industrial yang dipergunakan bagi restoran, café, hotel atau kantor. Lalu ketika melihat wujud yang sebenarnya dari gaya ini Anda tertarik untuk memberikan sentuhan gaya ini pada hunian Anda yang sekarang atau bakal hunian Anda yang baru. Apakah gaya ini sesuai untuk rumah tinggal ? Tentu saja gaya ini dapat diaplikasikan pada hunian Anda, bahkan yang minimalis sekalipun. Hanya perlu penyesuaian di beberapa tempat saja, tidak perlu seluruh bagian diberi sentuhan industrial. Namun sebelum melangkah untuk menentukan sentuhan apa yang tepat Anda aplikasikan di rumah, sebaiknya Anda perlu memahami apa sebenarnya konsep interior gaya industrial ini.

Gaya industrial atau industrial chic merupakan gaya yang mengacu pada sebuah tren estetika desain interior hunian yang mengkonversi penampakan sebuah pabrik tua atau ruang industri dan diaplikasikan pada pengaturan interior sebuah tempat atau hunian. Beberapa komponen yang menunjukkan gaya industrial adalah kayu yang telah lapuk, bata dan beton ekspos, pencahayaan gaya industrial, serta serba memamerkan segala komponen juga elemen struktural sebuah bangunan. Jika Anda menginginkan gaya ini untuk hunian Anda maka diperlukan kreatifitas dan keberanian, karena berbicara soal industrial maka akan berbicara soal ekspos. Segala elemen yang pada umumnya dihilangkan, diganti atau disembunyikan justru diperlihatkan pada gaya interior yang satu ini. Kesan yang tampak adalah seolah interior dengan elemen yang setengah jadi, belum selesai pengerjaannya, namun di sisi lain akan tanpak kohesif dan eksperimental.

Untuk mendapatkan nuansa industrial, palet warna alami dapat Anda gunakan bagi dinding hunian. Percampuran atau penggabungan warna abu-abu, warna-warna netral serta warna karat dapat digunakan untuk mempertegas gaya interior ini. Warna-warna netral ini akan membantu furniture industrial yang digunakan semakin menghidupkan gaya ini. Memiliki warna netral yang diaplikasikan pada dinding memungkinkan area hunian yang lebih terbuka seperti rumah tipe studio atau loft terlihat lebih luas dan lebih berpengaruh pada peran furniture.

Baca Juga  30 Denah Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur dan Garasi

Gaya interior industrial memberikan kesempatan pada Anda untuk memadukan material struktural yang masih mentah dan halus tempak lebih modern sementara nuansa vintage juga kental terasa. Gaya ini juga memberikan kecenderungan minimalis. Dibawah ini adalah beberapa ciri khas dari gaya interior industrial modern :

Pipa, balok juga Langit-langit tanpa plafon

Ciri khas yang sangat tampak dari gaya interior ini adalah elemen struktural serta mekanik terbuka dan terekspos, dimana elemen-elemen ini akan disembunyikan pada desain interior konvensional. Hal ini membutuhkan keberanian dan pengaturan yang tepat. Bagaimanapun, desain interior semacam ini tampak unik serta menarik, terutama pada interior hunian modern.

Memadankan antara logam & metal dengan unsur kayu

Persentuhan antara tekstur kayu yang dibiarkan mempertahankan permukaannya yang kasar dengan unsur logam atau metal yang berkilau, perpaduan warna kehitaman, emas serta tembaga merupakan ciri yang lain dari gaya industrial ini. Hal ini contohnya tergambar misalnya dari aksen krom yang terdapat pada kaki meja, tampilan kayu yang tampak lapuk dan lawas. Kedua unsur itu rasanya perlu ada jika Anda menginginkan desain interior industrial pada hunian Anda.

Pilihan warna

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, untuk bagian dinding sebaiknya digunakan warna yang netral. Sementara untuk warna furniture dan aksesorisnya, Anda dapat memilih warna yang lebih gelap atau hitam. Meskipun area dindinga telah diberi warna yang netral, tidak ada masalah jika Anda juga menginginkan warna ini untuk aksesoris dan furniture, asalkan diantur sedemikian rupa sehingga tampak serasi atau memberikan kesan gradasi yang manis. Warna- warna ini akan memberikan kehangatan pada tampilan gaya industrial

Dinding bata atau kayu ekspos

Seperti yang juga telah disinggung sebelumnya, gaya industrial menampilkan segala unsur yang ter-ekspos, demikian pula dengan dinding. Bata atau kayu ekspos untuk area dinding adalah pilihan yang tepat untuk gaya ini.

Baca Juga  Penataan Ruang Keluarga Yang Simple Dan Minimalis

Bagian lantai hunian

Demi mempertahankan nuansa industrial, gaya interior ini lebih banyak memilih untuk menggunakan beton yang dipoles pada bagian lantai hunian. Selain bahwa ini adalah pilihan yang praktis dan ekonomis, penampilan lantai jenis ini sangat menyatu dengan tema industrial yang diinginkan. Tambahan permukaan yang tidak halus, dan beberapa tambalan membuat tampilan lebih edgy. Selain beton poles, Anda juga dapat memilih lantai kayu atau batu jika ingin tampilan lebih unik namun tetap berkelas.

Pencahayaan

Instalasi lampu dan pencahayaan lebih bebas pengaturannya pada gaya ini. Track light atau lampu track adalah salah satu pilihan yang  tepat untuk gaya industrial.

Dekorasi rumah

Diperlukan elemen yang kontras agar hunian ini bukan melulu terlihat lusuh dan edgy. Karena itu diperlukan furniture yang tampak elegan atau penempatan karpet glamor atau cushion yang cantik. Furniture dan aksesoris yang tepat dapat memberikan keseimbangan visual yang selain kontras juga sangat menarik

Berikut ini adalah 20 contoh interior hunian dengan gaya industrial sebagai gambaran untuk pilihan Anda :

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply