Interior Rumah Minimalis Type 36 – Rumah tipe 36 umumnya terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruang tamu merangkap ruang keluarga, dapur, teras di depan rumah dan carport. Rumah dengan struktur demikian cocok sekali bila didesain menggunakan konsep minimalis yang akan memaksimalkan pemanfaatan lahan serta ruang sehingga rumah dapat terlihat lapang.

Konsep minimalis sendiri tengah menjadi primadona saat ini. Walaupun awalnya diterapkan pada rumah-rumah yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, kini rumah tipe 72 ataupun 90 yang notabene memiliki lahan cukup luas pun berbondong-bondong menerapkan desain minimalis. Hal itu dikarenakan konsep tersebut menjadikan rumah tampil sederhana namun cantik dan elegan.

Contoh Desain Interior Rumah Tipe 36

1. Ruang tamu

Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dimasuki ketika sampai di rumah. Untuk memberikan batas jarak pandang dari bagian rumah yang lain, Anda bisa meletakkan sebuah sekat ala Jepang dari kayu. Letakkan satu sofa dua dudukan dan dua buah sofa dudukan tunggal secara berhadapan dengan sebuah meja kayu persegi panjang.

2. Ruang keluarga

Ruang keluarga atau ruang tengah umumnya berfungsi pula sebagai ruangan menonton televisi. Agar memberikan kesan nyaman, pilih warna hijau yang menentramkan sebagai cat ruangan. Lalu, padukan dengan furniture warna putih yang memberi kesan lapang pada ruangan, baik sofa, rak pajangan, hingga rak televisi.

3. Ruang kerja

Bagi yang masih berstatus lajang, pasangan yang belum dikaruniai keturunan, atau pasangan yang buah hatinya sudah tinggal terpisah, dapat menyulap ruang tidur yang tidak digunakan sebagai ruang kerja. Rak dinding besar warna putih dapat dijadikan pilihan untuk meletakkan buku-buku, lalu di samping rak di letakkan seperangkat meja lengkap dengan komputer.

Baca Juga  Aneka Model Gambar Pintu Dan Jendela Minimalis Terbaru

4. Area belajar

Bila bentuk asli rumah sudah dimodifikasi dan mengalami perluasan bangunan, maka salah satu sudut rumah dapat disulap menjadi area belajar anak. Desain areal tersebut dengan pilihan cat berwarna cerah dan letakkan meja panjang dengan kursi plastik untuk anak duduk. Lalu tambahkan sofa di seberang untuk orang tua mendampingi anaknya belajar.

5. Dapur

Dapur untuk rumah tipe 36, terutama di kompleks perumahan umumnya ditambahkan sendiri oleh pemilik rumah. Dengan begitu, pemilik bebas menentukan interiornya. Gunakan seperangkat kitchen set berwarna cokelat untuk memberikan kesan elegan pada dapur dan padukan dengan keramik berwarna hitam di bagian atas rak bawah sampai areal wastafel.

6. Ruang makan

Manfaatkan sudut rumah yang mengarah ke teras samping, jika rumah sudah direnovasi, dan letakkan sebuah meja kayu panjang dengan empat buah kursi dari besi ringan bercorak hitam untuk difungsikan sebagai ruang makan. Cat areal tersebut dengan warna-warna lembut seperti abu-abu muda. Tambahkan pot tanaman dari kayu tak jauh dari meja.

7. Kamar tidur anak tunggal perempuan
Anak perempuan umumnya menyukai karakter-karakter Disney Princess atau kartun seperti Hello Kitty. Jika menyukai Hello Kitty, Anda bisa memberikan seperangkat bed cover karakter kartun tersebut, menghias lemari pakaian dengan stiker Hello Kitty, dan perabot lain menyesuaikan warna bed cover serta lemari tersebut. Jika ada dua warna, bagi perabot secara imbang.

8. Kamar tidur anak tunggal laki-laki

Anak laki-laki secara naluriah memiliki selera yang sangat sederhana. Mereka justru tidak akan senang bila kamarnya didesain terlalu berlebihan. Letakkan perabot seperlunya, seperti tempat tidur, rak dinding, laci display untuk fungsi estetika, nakas samping tempat tidur dan rak buku. Pilih ranjang beroda menyerupai mobil kayu untuk memberi kesan unik.

Baca Juga  20 Model Sofa Terbaru 2018 dan Harganya

9. Kamar dua anak perempuan atau lebih

Frozen hampir selalu menjadi solusi untuk anak-anak. Mulai dari pakaian hingga perlengkapan sekolah bertema frozen pasti akan diterima dengan senang hati. Apalagi bila memiliki dua anak perempuan yang sama-sama menyukai frozen. Desain kamar mereka dengan karakter frozen, lalu letakkan dua buah single bed lengkap dengan bed cover frozen.

10. Kamar dua anak lelaki atau lebih

Kadang orang tua diberi anugerah langsung dengan memiliki dua atau tiga orang anak kembar. Bila mereka semua berjenis kelamin laki-laki, menyiapkan kamar dengan ranjang bertingkat adalah solusi yang tepat. Selain menghemat ruang, orang tua bisa sekaligus mendidik anak-anak tersebut untuk mau berbagi dengan cara melakukan rotasi rutin posisi tidur mereka.

11. Kamar tidur utama

Kamar tidur ini digunakan oleh pasangan suami istri pemilik rumah, sehingga wajar bila memiliki fasilitas pribadi yang lebih lengkap dibandingkan kamar anak. Kamar utama hendaknya dilengkapi ranjang king size dengan bed cover warna putih agar terkesan lapang. Tambahkan televisi di seberang ranjang dan meja kursi di samping tempat tidur.

12. Ruang cuci

Ruang cuci hendaknya ditambahkan ketika proses renovasi. Tidak memerlukan areal yang luas, ruang cuci hanya perlu ditempatkan di pojok kecil yang dihias dengan wallpaper warna-warni agar ruangan tampak lebih hidup. Tambahkan gantungan besi yang menyatu dengan dinding dan hiasan berupa tanaman sulur imitasi agar suasana ruang sempit tersebut semakin segar.

13. Toilet
Toilet atau kamar mandi pada dasarnya tidak memerlukan ruang yang terlalu besar. Terutama di rumah dengan tipe 36 yang terbatas. Daripada menggunakan bak air, lebih-lebih bath up, gunakan saja shower yang tidak memakan banyak tempat.

Baca Juga  Model Aksesoris Batu Alam Untuk Mempercantik Rumah

14. Ruang tamu + ruang keluarga
Dengan luas bangunan yang tidak seberapa, cara mengakalinya adalah dengan menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga tanpa pembatas. Dengan menggabungkan keduanya, ruangan akan tampak lebih lega, pun tamu yang datang dapat sekaligus menonton acara televisi yang tengah diputar.

15. Dapur + ruang makan
Jika rumah belum diperluas, maka ruang makan dapat disatukan dengan dapur. Letakkan meja di seberang areal dapur, pilih perabotan dengan model sederhana dan warna netral untuk memberikan kesan lapang pada ruangan.

16. Ruang makan + ruang televisi
Agar praktis, ruang makan dapat digabungkan dengan ruang televisi. Meja makan diletakkan sejajar dengan arah layar televisi dan di tengahnya dipisahkan oleh sebuah sofa panjang berpunggung pendek agar tidak menghalangi pandangan.

17. Dapur + mini bar
Daripada menggunakan meja makan, alternatif lain adalah memilih mini bar yang sudah menyatu dengan kitchen set. Selain lebih praktis, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan pula untuk membeli seperangkat meja makan..

18. Dapur + ruang makan + ruang keluarga
Jika ingin ruang terasa lebih luas lagi, gabungkan sekaligus antara dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

19. Ruang tidur anak + kamar belajar
Jika anak sudah dapat belajar sendiri tanpa perlu didampingi orang tua, maka tidak ada salahnya untuk membuatkan tempat belajar sederhana di dalam kamarnya dengan menyertakan meja belajar di seberang tempat tidur.

20. Ruang ibadah
Jika melakukan renovasi, tidak ada salahnya untuk memberikan ruangan khusus untuk beribadah. Bisa diletakkan di antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak yang menyimbolkan penghubung antara keduanya.

20 Contoh Interior Rumah Minimalis Type 36

Tag:

| reza shabrina | 4.5