Desain Home Theater Sederhana – Memiliki Home Theater pribadi di rumah tentu menjadi impian banyak orang. Dengan memiliki perangkat lengkap pemutaran film, mereka tidak perlu membeli tiket, menunggu pemutaran film, hingga berbagi ruang dengan pengujung bioskop yang lain. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk melakukan semua itu.

Terlebih, jika tiba pemutaran film box office. Antrean panjang dan resiko gagal mendapatkan tiket semakin membuat malas untuk pergi ke bioskop. Maka, solusi terbaik adalah dengan membuat home theater sendiri di rumah yang dapat digunakan bersama dengan keluarga dan teman-teman tanpa harus mengantre tiket maupun berbaur dengan orang asing.

1. Home Theater Ruangan Sempit

Jika ruangan yang Anda siapkan untuk home theaternya tidak terlalu luas, Anda bisa mengatur dengan meletakkan standing stereo di samping layar yang menyatu dengan dinding. Kemudian, pilih sofa tiga dudukan dengan sebuah meja kayu persegi ukuran sedang. Pilih warna hitam yang netral untuk memberi kesan lega pada ruangan itu.

2. Home Theater Semi Bed Room

Bagi Anda yang menginginkan bioskop pribadi dengan suasana yang sangat nyaman dan hangat, Anda bisa mendesainnya mirip dengan kamar tidur Anda. Posisikan monitor di mana sofa menghadap. Pilih sofa yang menyerupai tempat tidur dengan memiliki kepala dudukan namun badan sofa cukup untuk berselonjor. Sediakan pula selimut bulu tebal sebagai pelengkap.

3. Home Theater Ala Kabin Pesawat

Menonton bioskop serasa berada di dalam pesawat. Anda bisa menerapkan konsep ini dengan memilih sofa yang tampak seperti kursi penumpang eksekutif di pesawat. Jajarkan kursi-kursi empuk tersebut menghadap ke arah monitor yang menempel pada dinding. Tambahkan sehelai tikar bulu di bawah dan beberapa bantal untuk yang menginginkan ruang gerak lega.

Baca Juga  20 Desain Lampu Hias dari Barang Bekas yang Unik

4. Home Theater Ruang Keluarga

Bila menginginkan bioskop pribadi yang lebih luas di rumah, Anda bisa memfungsikan ruang keluarga secara ganda. Anda bisa menata dua buah sofa dua dudukan berwarna putih secara berhadapan dan ditengahi oleh sebuah meja persegi kecil warna hitam dengan perangkat audio visual di seberang. Minimalis namun sangat elegan dan terkesan mewah.

5. Home Theater Ruang Tidur

Kamar tidur selalu menjadi ruangan yang paling nyaman bagi masing-masing penghuni rumah. Memiliki bioskop mini pribadi di dalam kamar tentu akan sangat menyenangkan. Cukup letakkan perangkat audio visualnya berhadapan dengan tempat tidur dan dipercantik dengan meja panjang saja, Anda bisa menikmati film apa pun dan kapan saja dari tempat tidur.

6. Home Theater Menyatu Dengan Ruang Makan

Guna memaksimalkan fungsi ruang, tidak ada salahnya bila bioskop pribadi di rumah Anda disatukan dengan ruang makan. Anda cukup meletakkan sofa panjang tiga dudukan berwarna hangat di antara posisi monitor yang menempel dinding dengan set meja makan, tetapi tetap memberi akses terbuka bagi yang ingin menonton film dari meja makan.

7. Home Theater Bawah Tangga

Pemilik rumah dua lantai umumnya membiarkan saja bagian bawah tangga tanpa dimanfaatkan. Padahal, bagian tersebut bisa dimanfaatkan sebagai areal bioskop pribadi di rumah. Minimnya sorot cahaya di bawah tangga mirip dengan suasana asli dalam bioskop umum, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pengaturan pencahayaan agar temaram.

8. Home Theater Ala Ruang Karaoke

Bagi Anda yang senang pergi ke rumah karaoke, jika memiliki perangkat home theater di rumah, Anda bisa menyulap ruangan bioskop pribadi itu seperti dalam ruang karaoke favorit Anda. Ukuran monitor sebaiknya cukup besar, lalu jarak dengan sofa diatur cukup jauh dengan di depannya diletakkan meja dengan perangkat microphone dan remote.

Baca Juga  Harga Lemari Pakaian Minimalis dari Plastik yang Murah

9. Home Theater Studio

Bagi seorang musisi, musik adalah segalanya. Anda bisa mengaplikasikan kecintaan Anda terhadap musik melalui desain home theater yang Anda miliki. Berikan ornamen-ornamen musik seperti wallpaper nada di dalam ruangan dan pasang perangkat audio sebanyak mungkin dalam berbagai ukuran dan bentuk berbeda agar mirip dengan isi dalam studio musik.

10. Home Theater Ruang Semi Terbuka

Bioskop di rumah tidak selalu harus berada di ruang tertutup. Anda bisa meletakkannya di ruang terbuka, seperti di samping teras menuju taman samping rumah. Selagi menonton, Anda bisa dimanjakan dengan embusan angina sejuk yang keluar masuk. Hal itu akan menambah kenyamanan dan menaikkan mood dalam menikmati film yang ditonton.

11. Home Theater Plus Mini Billiard Pool

Bagi yang senang menonton film sekaligus bermain billiard, tidak ada salahnya jika Anda menggabungkan home theater dengan meja billiard sekaligus di dalam sebuah ruangan. Sambil menyelam minum air, menurut pepatah bijak. Jadi, jika bosan menonton, Anda bisa langsung beralih bermain billiard tanpa perlu pindah ke ruangan lain lagi.

12. Home Theater Pojok Ruangan

Daripada membiarkan pojok ruangan polos tanpa hiasan, lebih baik Anda manfaatkan saja sebagai spot bioskop mini di rumah. Anda bisa meletakkan rak televisi yang sangat besar beserta monitor dan perangkat audio di sudut yang dimaksud, lalu di seberang meletakkan sofa dan meja untuk menikmati film yang diputar di layar.

13. Home Theater Dekat Perapian
Jika rumah Anda memiliki perapian, manfaatkan saja spot tak jauh dari situ dengan membuat jarak kurang lebih satu meter. Dengan begitu, Anda dapat menonton film sambil menghangatkan diri.

14. Home Theater Desain Kartun
Untuk menyenangkan anak-anak, tidak ada salahnya bila Anda mengecat seluruh dinding ruangan home theater dengan tokoh kartun favorit buah hati Anda.

Baca Juga  Contoh Design Interior Rumah Minimalis

15. Home Theater Kotak Kotak
Jika tidak ingin terlalu banyak hiasan tapi tetap terlihat cantik, Anda bisa meletakkan sofa 2 in 1 super besar yang dapat berfungsi pula sebagai tempat tidur, dengan motif kotak-kotak aneka warna, serta bantal mini berwarna-warni, menghadap ke arah layar besar. Sederhana namun manis.

16. Home Theater Lesehan
Meniadakan sofa, Anda bisa menempatkan sebuah karpet bulu yang lembut dengan jarak minimal satu meter dari monitor.

17. Home Theater Mini Bar
Untuk rumah dengan luas yang terlalu minim, Anda bisa menyatukan bioskop pribadi Anda dengan mini bar dapur sehingga memberikan kesan lapang.

18. Home Theater Ruang Tamu
Perangkat bioskop mini Anda juga bisa diletakkan menyatu dengan runag tamu. Ini juga merupakan teknik menghempat ruang, sekaligus mencoba menyenangkan tamu yang datang ke rumah.

19. Home Theater Perpustakaan
Memaksimalkan fungsi ruang kerja yang biasa merangkap sebagai perpustakaan pribadi, Anda bisa menambah lagi fungsinya sebagai ruang bioskop pribadi. Sehingga setelah penat mengerjakan sesuatu atau lelah membaca, Anda bisa menonton film sejenak untuk relaksasi.

20. Home Theater Etnik
Kalau desain yang satu ini, Anda hanya perlu meletakkan dua dudukan lantai di depan monitor, kemudian menambahkan bantal-bantal dengan sarung batik, serta meletakkan sebuah meja kayu kecil di antara kedua dudukan tersebut untuk meletakkan makanan maupun minuman.

20 Desain Home Theater Sederhana yang Mempesona

Tag:

| reza shabrina | 4.5