20 Desain Penyekat Ruang Tamu & Ruang Keluarga Minimalis Unik –  Idealnya, pembeda dan pemisah antara ruang yang satu dengan yang lain dalam sebuah hunian ditandai dengan keberadaan dinding yang berfungsi sebagai batas suatu ruang. Dinding berbentuk masif dan pada umumnya sudah ada sejak sebuah hunian selesai dibangun karena letaknya telah direncanakan sebelumnya. Namun dengan seiring berjalannya waktu, keberadaan dinding sebagai penyekat ruangan bukan lagi opsi utama. Pemilik hunian minimalis lebih menginginkan ruang tidak terlalu banyak berpenyekat dinding agar memberikan kesan ruangan yang lebih luas, sementara saat ini juga semakin menjamur apartemen tipe studio yang memang tidak berpenyekat dinding sama sekali. Belum lagi rumah-rumah mewah yang justru ingin memberikan sentuhan aksen unik dan menarik dengan memberikan tambahan penyekat ruangan selain dinding. Keberadaan penyekat yang tidak permanen ini juga memberikan ruang bagi pemilik untuk dengan mudah mengganti partisi jika memang sudah mulau bosan atau menggeser-gesernya untuk memperluas sebuah ruangan atau mengubah posisi sebuah ruangan.

Sebagai gambaran untuk Anda, berikut ini adalah beberapa fungsi dari partisi atau penyekat ruangan, sehingga Anda dapat menentukan, perlukah Anda memiliki penyekat ruangan. Lalu jika menurut pertimbangan Anda memang perlu, bentuk partisi seperti apa yang sesuai untuk ruangan hunian Anda, terutama yang memiliki hunian minimalis karena ruang minimalis memerlukan trik khusus agar hunian tidak terkesan sempit

Sebagai pembatas ruangan

Fungsi penyekat atau partisi yang paling utama memang sebagai pembatas ruangan. Dengan keberadaan partisi, maka privasi tersendiri akan ruangan tertentu secara langsung akan tercipta. Coba banyangkan jika tidak ada penyekat atau pembatas sama sekali antara ruang tamu dan ruang keluarga. Seringkali kita akan merasa canggung melakukan aktifitas pada ruang keluarga tatkala tamu sedang datang. Dapat dikatakan bahwa secara psikologis penyekat ruangan akan menciptakan rasa nyaman juga terlindungi.

Baca Juga  Tips Bangun Rumah Murah 25 Juta Rupiah

Area penyimpanan

Jika Anda memiliki hunian minimalis, memiliki penyekat ruangan dapat berarti menambah lokasi penyimpanan. Dewasa ini penyekat ruangan sangat bermacam jenisnya, sehingga beberapa diantara di desain sedemikian rupa sehingga juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan barang. Partisi semacam ini biasanya dapat terwujud dalam bentuk pengalihan fungsi sebuah bufet, lemari, meja konsol atau bentuk yang Anda rancang sendiri sehingga beberapa bagiannya tetap unik sebagai penyekat sementara di beberapa bagian lain terlihat kotak-kotak penyimpanan.

Memperindah dan menutupi kekurangan ruang

Jika bentuknya unik, menarik dan sesuai dengan hunian Anda, keberadaan penyekat ini akan memperindah hunian Anda. Ruangan yang semula tampak biasa saja, jadi terlihat unik dan cantik tatkala Anda apilikasika penyekat ruang yang sesuai. Selain itu, partisi juga dapat berfungsi sebagai penutup desain atau struktur ruangan yang kurang sesuai dengan hunian Anda. Contohnya adalah kolom yang terdapat pada sudut ruangan atau ada bagian tangga. Dengan ditambahkan penyekat maka area ini akan terhindar dari perhatian terutama tamu.

Bagaimanapun ruang tamu merupakan bagian ruang terpenting yang memerlukan perhatian lebih. Bagian ini merupakan bagian yang paling awal akan dilihat orang dan mereka pada umumnya akan menilai keseluruhan hunian hanya dari bagian ruang tamu ini. Saat ini sudah sedemikian banyak macam partisi yang mempercantik bagian ruang tamu Anda. Karena itu penyekat ruangan yang ditempatkan pada bagian ruang tamu juga harus di pertimbangkan model, bentuk dan bahan material dasar yang akan dipergunakan. Berikut ini adalah beberapa material yang dapat dipergunakan sebagai bahan dasar dari sebuah penyekat ruangan :

  1. Kayu

Material kayu yang dipersiapkan untuk penyekat ruangan adalah terbuat dari kayu olahan. Materil kayu saat ini tengah banyak diminati. Penggunaan penyekat ruangan dari bahan ini membuat suasana ruang tamu Anda menjadi terasa hangat dan alami, apalagi bagi Anda yang meminati interior khas Jepang. Jika menginginkan, Anda juga bisa mengkombinasikan bahan ini dengan bahan yang lain untuk memberikan kesan lebih modern.

  1. Bambu

Selain kayu, material bambu juga dapat dipergunakan bagi Anda yang menginginan kesan lebih alami pada bagian ruang tamu Anda. Terutama bila material ini pas disandingkan dengan tema hunian Anda. Bahkan material ini juga dapat terlihat lebih modern apabila dibuat dengan pewarnaan disertai desain yang yang tepat.

  1. Kaca

Material jenis ini dipilih sebagai penyekat ruangan pada umumnya agar memunculkan kesan menyatu dan cair, tidak telalu membatasi. Kaca juga dapat membuat kesan luas bagi ruangan yang sempit. Partisi yang dibentuk bagaikan cermin seringkali memang digunakan agar bagian ruangan tampak luas.

  1. Fiber

Material ini sebenarnya hampir mirip dengan kaca, hanya saja ia tampak lebih buram dan halus. Material jenis ini lebih mudah dipotong dan dibentuk. Selain itu juga mudah disulap menjadi ornamen serta mudah untuk dibersihkan.

  1. Gipsum

Jika Anda memilih material ini, maka Anda dapat berkreasi sesuai dengan keinginan Anda. Karena bahan ini dapat ditempelkan atau diaplikasikan pada rangka dari metal maupun kayu. Penyekat ruangan dari bahan gypsum juga dapat Anda bentuk sedemikian rupa sehingga ada bagiannya yang Anda sulap menjadi tempat penyimpanan.

Baca Juga  20 Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Jika Anda telah menentukan sikap ingin memiliki sebuah penyekat ruangan atau partisi yang Anda tempatkan pada ruang tamu dengan maksud untuk menciptakan batas dengan ruang keluarga yang ada di sampingnya, berikut ini kami hadirkan 20 model penyekat yang siapa tahu mampu membangkitkan inspirasi Anda :

 

 

20 Desain Penyekat Ruang Tamu & Ruang Keluarga Minimalis Unik

Tag:

| jois pitaloka | 4.5

Leave a Reply