Split level merupakan istilah pada rumah yang memakai teknik konstruksi dengan mengubah ketinggian dari tiap-tiap lantai guna menciptakan ruangan yang ada di dalam rumah. Secara garis besar, dengan menggeser sedikit saja ketinggian pada lantai rumah yang berkonsep split level akan membuat seluruh ruangan nampak lebih terbuka dan luas.

Meski pun masih belum terdengar familiar, nyatanya desain rumah split lever sudah populer dikalangan para pecinta desain serta telah dipakai untuk mengakali rumah dengan keterbatasan lahan.

Berikut ini desain rumah split level yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda dalam membangun rumah.

1. Desain Rumah Split Level Tipe 36

Pada desain ini anda bisa meletakkan ruang tamu, ruang makan, kamar tidur utama, dapur serta toilet berada di lantai dasar. Keberadaan kamar tidur utama yang sengaja ditaruh di lantai dasar dan berada di bagian belakang bertujuan agar anda bisa mendapat privasi, sekaligus rumah akan terasa lebih aman pada malam hari.

2. Tangga Pemisah Ruang Tamu dengan Ruang-ruang Lain Berbahan Kayu

Ruang tamu ditaruh di lantai bawah serta dipisahkan oleh keberadaan tangga bertujuan agar tamu bisa mendapatkan kesan lebih privasi. Sementara tangga yang dipakai sebagai pemisah, agar bisa memberikan kesan hangat dapat anda buat dari fhinising berbahan kayu.

3. Sisakan Lahan Cukup Luas Untuk Taman Serta Ruang Terbuka di Rumah Split Level Anda
Dengan menyisakan lahan yang cukup luas anda bisa membuat taman serta ruang terbuka lebih besar. Selain bisa dipakai sebagai penghijauan keberadaan taman juga dapat anda gunakan sebagai area resapan air serta tempat bermain bagi anak-anak.

4. Letakan Ruang Servis Serta Tempat Cuci-jemur pada Lantai Atas
Selain kamar tidur anak dan ruang keluarga, anda juga bisa meletakan ruang servis serta tempat cuci-jemur di lantai dua. Adanya ruang servis di lantai atas tak hanya berfungsi sebagai ruang setrika atau pun gudang, tapi juga bisa dipakai untuk kamar tidur asisten rumah tangga.

Baca Juga  Membuat Kolam Renang Mungil Rumah Minimalis

5. Kamar Anak ditempatkan di Bawah Ruang Garasi

Konsep desain rumah split level bisa diterapkan pada bagian ini, yakin menempatkan kamar tidur anak tepat di atas garasi. Selain bisa memberikan efek tampak, fungsi dari ruang garasi pun tak akan terganggu dengan adanya lantai yang didesain menggunakan konsep split level. Anda juga bisa menghubungkan lantai tersebut dengan bordes tangga.

6. Taman di Lantai Atas Untuk Pembatas
Anda juga bisa membuat sebuah taman di lantai atas sebagai partisi antara area servis dengan ruang dalam. Manfaat lain dari keberadaan taman ini adalah bisa memperlancar sirkulasi udara serta bisa digunakan sebagai pecahayaan alami.

7. Tempatkan Ruang Keluarga di Lantai Atas
Tak hanya sekedar dipakai untuk ruang berkumpul dan bercengkerama, keberadaan ruang keluarga dilantai atas juga bertujuan agar anda bisa mengawasi aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anak-anak. Multifungsi, bukan?

8. Desain Atap yang Simple

Desain rumah split level biasanya memang membutuhkan anggaran yang cukup banyak. Sehingga untuk menyiasati anggaran yang perlu dikeluarkan buatlah desain atap yang simple dan tidak membutuhkan banyak ornamen.

9. Memakai Tangga Sebagai Media Split

Memakai tangga sebagai pemisah antara setiap ruangan di rumah split level yang akan anda bangun merupakan media split yang dapat dikatakan paling fungsional. Anda juga bisa menggunakan tangga kecil sebagai penanda bagi variasi desain tinggi dan rendah lantai antara ruangan satu dengan yang lain, terutama yang berada di Lantai satu.

10. Memikirkan Masak-masak di Mana Letak Tangga

Kesalahan dalam peletakan tangga akan berakibat fatal seperti membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman dan akan terasa lebih sempit. Sehingga jika anda memiliki keinginan untuk menerapkan desain rumah split level pada rumah anda, sebaiknya anda memikirkan dengan matang dimana nantinya akan menaruh letak tangga supaya tidak membuang space antar ruang.

Baca Juga  70 Contoh Desain Rumah Idaman Cantik Sederhana

11. Membuat Ketinggian Tiap Ruang Berbeda
Bila ruang makan dan ruang keluarga yang ada di rumah anda bersebelahan. Anda bisa memisahkannya dengan meninggikan lantai ruang makan sekitar 50 senti. Ketinggian ini tentunya akan berbeda pula dengan tinggi lantai foyer yang berada di bagian depan. Anda juga bisa menaikkan lantai di ruang tamu setinggi 30 cm.

12. Desain yang Berkonsep Open Space

Keunikan lain dari desain rumah split level terdapat pada konsepnya yang open space, yakni ruangan yang dibatasi oleh partisi yang tak terlalu ketat. Di sinilah anda bisa memainkan tema industrial agar mendapatkan desain rumah split level yang elegan.

13. Satukan Ruang Tamu dan Ruang Makan
Agar bisa mendapatkan kesan luas anda juga bisa meletakkan ruang tamu dan ruang makan dalam satu ruangan. Dan untuk memisahkan ruangan anda bisa menggunakan materi kayu, spandex, ataupun besi. Keberadaan pembatas ini juga bisa mempercantik tampilan rumah split level anda.

14. Memaksimalkan Keberadaan Cross Ventilation
Bisa memaksimalkan keberadaan cross ventilation sebenarnya tak hanya bertujuan agar desain tidak terkesan monoton, tapi juga agar aliran udara di dalam rumah menjadi lebih lancar dan fresh. Karena ketinggian rumah dinaikkan setengah lantai, aliran udara yang melalui bukaan jendela secara otomatis akan lebih leluasan untuk bergerak naik turun.

15. Mendapatkan Ruang yang Cukup Banyak
Dengan menerapkan strategi desain rumah split level anda dapat memperoleh ruangan yang lebih banyak jika dibanding saat menggunakan desain yang biasa. Meski lebih sering dipakai sebagai solusi efektif bagi rumah bertipe minimalis, namun strategi split level juga dapat diterapkan pada hunian yang relatif mewah.

16. Menerapkan Konsep Split Level Untuk Menciptakan Langit-langit Tinggi

Tak hanya berefek pada lantai rumah, dengan menerapkan konsep split level anda juga mendapatkan keuntungan lain yakni langit-langit menjadi lebih tinggi dan luas. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuat dua lapisan pada langit-langit, sehingga ruangan akan jauh lebih lapang serta terasa lebih dingin ketika cuaca di luar sana sedang panas-panasnya.

Baca Juga  Model Pagar Besi Depan Rumah Terbaru 2018

17. Desain Rumah Split Level dengan Interior Unik

Karena tiap ruangan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, sehingga memberikan kesan perjalanan yang menarik. Agar semakin mempercantik desain rumah split level anda, tambahkan beragam interior seperti lampu gantung, lukisan, dan sebagainya.

18. Pakailah Pewarna yang Terang

Untuk menghubungkan tiap ruang dan lantai tentunya memerlukan bantuan tangga-tangga dibeberapa tempat, hal ini biasanya akan menyita lahan yang cukup besar serta berimbas, kesan ruangan yang didapatkan nanti akan terasa berkurang. Oleh karena itu, ada baiknya bila anda memakai warna-warna terang pada interior serta meminimalkan penggunaan furnitur yang terlalu besar.

19. Bangunan Inti dengan Desain Split Level Sederhana

Buatlah bagian bangunan inti yang menghadap ke arah dalam dengan desain split level yang lebih simple. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengoptimalkan keberadaan ruangan yang ada di dalamnya.

20. Buat Taman Bernuansa Resort

Untuk menambah agar suasana rumah semakin hangat buatlah taman bernuansa resort di pekarangan belakang. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman yang menjuntai seperti casade agar semakin mempermanis tampilan rumah split level anda.

20 Desain Rumah Split Level Cantik Sederhana Dan Modern

rumah idaman:

    rumah split, rumah split level 6x12, rumah unik split level

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...