Interior rumah merupakan komponen penting sebuah rumah. Dengan pemilihan interior yang tepat, maka rumah pun tampak lebih indah. Interior sendiri menyangkut pemilihan warna ruangan dan perabot, tata letak furniture dan hiasan, pun dengan dekorasi pelengkap seperti tirai dan semacamnya. Interior rumah juga dapat mencerminkan kepribadian dari pemiliknya.

Para pemilik rumah masa kini umumnya memilih interior yang sederhana namun elegan sebagai konsep dari hunian yang ditinggali. Terutama bila rumah tersebut mengusung tema minimalis. Berikut ini adalah 20 contoh interior rumah yang sederhana tetapi tetap menonjolkan sisi elegan dan sama sekali tidak mengurangi keindahan rumah secara keseluruhan :

1. Interior ruang tamu

Ketika ada seseorang yang berkunjung ke rumah, maka ruangan pertama yang dituju pastilah ruang tamu. Menjadi penting untuk menata interior ruang tamu seapik mungkin untuk membuat tamu tersebut terkesan. Cat ruangan didominasi warna hangat akan membuat tamu merasa nyaman, kemudian dilengkapi dengan perabot dan hiasan perpaduan warna hitam dan putih.

2. Interior ruang tengah atau ruang keluarga

Interior yang tepat untuk ruang keluarga adalah yang memberikan kesan hangat dan lively atau hidup. Mengombinasikan tiga warna berbeda, yakni biru untuk cat dinding, lalu hitam dan putih untuk perabot merupakan pilihan yang pas. Ditambahkan beberapa pelengkap seperti bantal sofa warna warni akan menambah kehangatan yang tercipta.

3. Interior ruang televisi atau home theater

Ruang televisi merupakan areal bersantai sehingga interior yang dipilih harus mendukung relaksasi penghuni rumah. Memilih warna abu-abu muda untuk dinding, lalu perabotnya dengan warna abu-abu tua akan membuat penghuni rumah merasa betah menghabiskan waktu di situ meski sekedar duduk tanpa menonton apa pun.

Baca Juga  Desain Kabinet Kreatif Sebagai Furniture di Dalam Rumah

4. Interior kamar anak-anak

Bagi anak yang belum beranjak dewasa, interior yang berkesan asri cocok untuk diterapkan guna membantu stimulasi emosi yang dapat menghasilkan kontrol emosi yang baik. Dominasi warna hijau pas untuk diterapkan, dengan sedikit sentuhan putih dan kuning sebagai pelengkap sebagai simbol kelapangan, keceriaan, dan kesuburan yang semuanya mendatangkan efek positif.

5. Interior ruang tidur anak remaja putra

Usia remaja berbeda dengan anak-anak, maka interior yang diterapkan pun harus berbeda pula. Untuk remaja laki-laki, interior yang memadukan warna putih dan cokelat merupakan pilihan terbaik karena kamar akan terlihat minimalis namun menenangkan. Perbandingan antara pencampuran kedua warna harus pas agar tidak menjadi timpang.

6. Interior ruang tidur anak remaja putri

Kombinasi interior merah dan putih cocok sekali bagi remaja putri. Merah yang merupakan simbol keberanian akan memberi sugesti pada anak untuk bersikap lebih tegar, sedangkan putih dapat melambangkan kemurnian. Merah dan putih yang terlihat chic tersebut juga sangat memanjakan pandangan dan pasti akan membuat betah si pemilik kamar.

7. Interior ruang tidur utama

Desain interior kamar tidur utama sebaiknya menggunakan pilihan warna-warna yang kalem serta memberi efek hangat. Ranjang king size terletak di tengah-tengah dua nakas kecil sedangkan di belakangnya ada dinding yang berhiaskan lukisan beserta ukiran kayu.

8. Interior dapur

Seperangkat kitchen set besar berwarna putih dan hitam dapat diletakkan pada latar dinding berwarna krem. Suasana hangat sekaligus stylish menyeruak dari desain interior dapur yang akan membuat orang-orang betah berlama-lama di dapur tersebut.

9. Interior ruang makan

Konsep interior yang diterapkan harus dapat meningkatkan nafsu makan orang-orang yang duduk di meja makan. Menggunakan cat dominan oranye pada dinding lalu memadukan warna putih dan cokelat untuk perabot membuat ruang makan terasa hidup dan menyenangkan. Sebagai pelengkap, tambahkan hiasan-hiasan bertema makanan untuk lebih merangsang nafsu makan.

Baca Juga  Cara Memilih Gorden Minimalis yang Tepat

10. Interior kamar mandi

Dinding cantik dengan penempatan acak namun terstruktur berwarna krem sangat cocok untuk digunakan sebagai areal shower di kamar mandi. Kemudian, kloset duduk dan wastafel berada berurutan di sampingnya. Untuk cat ruangan sendiri penggunaan warna biru gelap tampaknya sangat sesuai.

11. Interior ruang ibadah

Bagi seorang muslim, hendaknya memiliki ruang ibadah keluarga di rumah. Warna cokelat untuk dinding sekaligus lantai dari kayu akan sangat menenangkan sehingga dapat lebih takzim dalam beribadah.

12. Interior ruang cuci

Ruang cuci secara teknis berupa pelengkap yang tidak wajib ada dalam struktur rumah, tetapi karena ruang cuci tidak memerlukan tempat yang terlalu luas, bisa memanfaatkan pojok ruangan yang tidak terpakai. Baik cat dinding maupun semua perabot sebaiknya berwarna putih agar tampak selalu bersih dan memberi ilusi lapang pada tempat sempit.

13. Interior bawah tangga
Bagi yang memiliki rumah dua lantai, biasanya membiarkan begitu saja space di bawah tangga lengang tanpa dimanfaatkan. Padahal, di situ dapat dipasang wall rak untuk meletakkan buku-buku koleksi. Dengan kata lain berfungsi sebagai perpustakaan mini. Warna serta perabotnya harus menyesuaikan tangga sebagai komponen utama.

14. Interior garasi
Detail interior garasi acap kali tidak diperhatikan dengan baik. Supaya tidak licin maupun lembab, lantai garasi dapat dibuat dari bebatuan mural.

15. Interior ruang tamu + ruang keluarga
Guna memaksimalkan penggunaan ruang, terutama untuk rumah minimalis, banyak ruangan yang dijadikan satu tanpa penyekat. Salah satunya ruang tamu dan ruang keluarga. Penggunaan perabot warna putih atau warna yang soft dapat membangkitkan keakraban lebih.

16. Interior ruang belajar
Hindari penggunaan warna atau model perabot yang terlalu mencolok untuk keperluan interior ruang belajar, terutama jika dipakai oleh anak-anak, karena rentan memecah konsentrasi. Pilih perabot seperti meja dan kursi, lalu cat dinding yang bernuanas monokrom atau warna-warna yang menenangkan seperti cokelat.

Baca Juga  Desain Interior yang Cocok Untuk Rumah Tipe 21 dan 36 Low Budget

17. Interior mini bar
Biasanya, kitchen set menyertakan sekaligus unit mini bar yang senada dengan perangkat perabotan dapur tersebut, tetapi tanpa kursi. Untuk mempercantik interiornya, pilih warna netral atau yang dapat membaur dengan warna dari kitchen set. Jangan lupa meletakkan beberapa hiasan di meja mini bar, seperti gelas anggur atau vas bening dari kaca.

18. Interior ruang pakaian
Bila memiliki koleksi pakaian dan aksesoris cukup banyak, sebaiknya membuat ruangan khusus pakaian. Pilih warna abu-abu atau hitam untuk cat dinding, sedangkan perabotan menggunakan warna putih.

19. Interior gudang
Memiliki gudang di rumah berguna untuk menjaga estetika sekaligus interior tempat tinggal agar tidak tampak berantakan atau kumuh. Gunakan wall rak yang kokoh serta rak gantung untuk menyimpan barang-barang yang tidak lagi dipergunakan. Meskipun gudang, sebaiknya tetap rapi agar mudah ketika hendak mencari sesuatu dari tumpukan barang lama.

20. Interior rak sepatu
Rak sepatu biasanya diletakkan di areal depan menuju pintu utama. Pilih rak dengan double design di mana sisi terbuka untuk sepatu dan sandal yang sering dipakai, sedang sisi tertutup untuk yang jarang digunakan. Rak sebaiknya memiliki warna yang ringan dan tidak terlalu mencolok agar tidak tampak kampungan.

Loading...