20 Model Ruang Pustaka Minimalis Manis Di Rumah – Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita dapat mengetahui banyak hal dan dapat berkeliling dunia bahkan luar angkasa tanpa harus bepergian. Singkatnya, buku merupakan salah satu harta yang berharga. Bahkan saat ini, untuk membangkitkan minat dan semangat orang Indonesia untuk membaca, pada banyak ruang publik telah ditempatkan pojok membaca yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik. Di tempat ini semua orang yang berkunjung ke ruang publik tersebut dapat dengan bebas memperluas pengetahuan dan pengalaman dengan membaca buku-buku yang tersedian di sana. Sudah saatnya kita kini juga menempatkan karta karun yang satu ini pada tempat yang khusus di rumah sehingga mereka tidak cepat rusak atau lembab. Saudara dan kerabat yang berkunjung juga dapat dengan nyaman memanfaatkan spot penyimpanan ‘harta’ ini untuk bersantai dan membaca. Kita sekeluarga juga dapat menikmati ketenangan karena seringkali kita memerlukan konsentrasi yang cukup saat membaca. Saatnya kita membuat perpustakaan mini di rumah!

Untuk membuat ruang pustaka di rumah, Anda tidak perlu membuat ruang khusus tersendiri sehingga menghamburkan banyak biaya. Manfaatnya ruang-ruang kosong maupun beberapa spot yang menurut Anda tepat untuk ditempatkan rak buku dan satu atau dua kursi atau sofa yang nyaman. Untuk memberikan area privasi, tempatkan lemari atau partisi simple sehingga seolah memisahkan ruang pustaka dengan ruang di sampingnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin membuat perpustakaan mini di rumah :

Memilih spot yang tepat di rumah Anda

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, jika memang tidak memiliki ruangan khusus untuk perpustakaan, manfaatkan spot di rumah yang ada, dan tidak diperlukan keberadaan pintu. Anda hanya perlu mempertimbangkan spot yang cukup tenang pada bagian hunian Anda dan tidak terlalu banyak anggota keluarga yang berlalu lalang. Jika bisa, spot yang Anda pilih ini juga cukup menerima penerangan alami atau paling tidak ruangan yang bisa dipasangi penarangan yang baik. Lokasinya? Pada semua ruang dapat dimungkinkan untuk diubah menjadi perpustakaan mini, seperti misalnya kamar tidur, ruang kerja Anda, ruang makan dan ruang-ruang kosong diantara beberapa ruangan di rumah Anda.

Baca Juga  Memilih Desain Tangga Kayu Minimalis

Tempat penyimpanan buku

Mengenai hal ini, tergantung seberapa banyak buku yang Anda miliki dan apakah kesemuanya memang ingin Anda tempatkan disana. Jika memang Anda ingin menempatkan semua buku yang Anda punya di lokasi yang sama, maka harus dipastikan tempat menyimpanan yang Anda siapkan cukup untuk menampung semuanya. Apabila Anda memiliki koleksi buku yang sangat banyak, maka rak buku raksasa dari bagian lantai hingga ke langit-langit ruangan. Jika perlu buat sendiri rak untuk keperluan ini yang menempel ke tembok sehingga menghemat ruang. Sementara jika koleksi Anda tidak terlalu banyak maka Anda dapat menggunakan rak buku yang djual di pasaran atau rak floating shelves. Pastikan agar rak yang Anda miliki kuat dan kokoh untuk dipergunakan untuk menyimpan buku-buka Anda sekaligus juga aman dan tidak rentan roboh.

Perhatikan bagian lantai atau tegel rumah

Pecinta buku pada umumnya mafhum bahwa buku-buku bisa demikian berat. Bahkan satu buku yang Anda bawa saat travelling dengan koper saja bisa membuat barang Anda melebihi limit berat yang ditentukan. Hal ini harus menjadi pertimbahan Anda. Perlu Anda pastikan tegel atau lantai rumah Anda mampu menahan berat dari buku-buku dan rak penyimpanannya. Jangan sampai bagian lantai Anda lama-kelamaan melengkung menahan berat atau menyerah sama sekali dan rusak. Jika Anda memiliki atau mengenal seorang ahli konstruksi bangunan, Anda dapat mendiskusikan hal ini dengannya.

Mengkondisikan mood Anda

Setiap orang memerlukan suasana yang berbeda untuk membuat mereka fokus pada bacaannya. Terkait dengan hal ini, karena Anda ingin menciptakan ruang pustaka di rumah Anda sendiri maka perlu diperhatikan suasana atau mood seperti apa yang Anda perlukan pada saat Anda dan keluarga ingin fokus dalam membaca. Jika Anda menyukai suasana perpustakaan yang klasik maka nuansa warna merah dan coklat dapat Anda aplikasikan pada ruangan, rak maupun furniture dan aksesoris ruang pustaka. Jika Anda menyukai suasana yang segar dan cerah maka pemilihan warna nya adalah biru muda, kuning dan putih. Mulailah menciptakan ruang baca impian dengan warna yang tepat.

Baca Juga  Desain Gambar Tangga Kayu Rumah Minimalis

Furniture

Setelah menentukan warna, saatnya menentukan furniture yang tepat. Putuskan berapa buah kursi atau sofa yang perlu Anda sediakan disesuaikan dengan kondisi ruangan. Selain itu apakah diperlukan meja, aksesoris dan lainnya. Pastikan kesemuanya mendapatkan akses pencahayaan alami atau lampu dengan merata. Jika ruangan Anda sempit maka Anda dapat meletakkan tempat duduk berdampingan dengan rak buku

Penyimpanan buku

Jika Anda merasa tempat penyimpanan buku masih belum cukup, maka ciptakan rak di tempat yang lebih leluasa ditambahkan rak yaitu langit-langit ruangan, area bawah tangga, space di bawah jendela, diatas ambang pintu  yang lain sebagainya. Siapkan tangga perpustakaan mini sehingga Anda dapat menjangkau buku-buku tersebut.

Pilih rak penyimpanan buku yang tepat

Anda tidak ingin buku-buku Anda tampak melorot karena rak yang melengkung tidak kuat menahan beban berat buku bukan? Pastikan bahwa untuk rak sepanjang 36 inci maka diperlukan rak setebal 1 inci. Jika perlu lebih panjang lagi, maka rak harus lebih tebal juga.

Jaga kebersihan buku Anda

Harta karun Anda bisa saja menjadi lembab, berwarna kuning atau terserang serangga jika tidak dirawat dengan baik. Problem yang paling ringan dan pasti adalah serangab debu. Bersihkan area pustaka Anda termasuk rak dan buku-buknya secara berkala. Keluarkan buku dari rak, bersihkan dan atur kembali. Gunakan lap yang lembut dengan cairan pembersih khusus.

Organisir buku Anda dengan baik

Mengatur letak buku Anda sesuai dengan selera atau yang paling mudah agar Anda mudah menemukan buku yang Anda inginkan. Anda bisa saja memisahkan antara buku fiksi dengan buku ilmu pengerahuan, sejarah atau autobiografi. Bisa juga memisahkannya sesuai abjad judul dan/atau pengarang. Disarankan untuk tidak menumpuk buku diatas tumbukan buku vertikal dibawahnya, dan pisahkan buku paperback dan hardcover.

Baca Juga  Cara ini Dapat Mengoptimalkan Rumah Mungil dengan Keluarga Besar

Sebagai gambaran dan inspirasi untuk Anda, berikut ini kami hadirkan 20 model perpustakaan rumah yang cantik dan unik :

 

 

 

 

 

 

20 Model Ruang Pustaka Minimalis Manis Di Rumah

Tag:

| jois pitaloka | 4.5

Leave a Reply