Rumah Joglo secara teknis merupakan rumah adat Jawa yang menunjukkan status sosial sang pemilik yang mana sepenuhnya terbuat dari kayu berkualitas terbaik. Namun, Rumah Joglo di masa kini sudah sangat sulit ditemukan, bahkan cenderung punah, sebab itulah para arsitek kreatif menciptakan desain Joglo dengan konsep yang lebih modern dan minimalis.

Dengan usaha inovasi tersebut, hunian bergaya Joglo dengan banyak improvisasi kini mudah dijumpai. Meski begitu, kecantikan yang ditawarkannya tidak kalah dengan bentuk Joglo orisinal. Unik, cantik, elegan, modern sekaligus etnik merupakan kesan yang langsung dapat ditangkap dari hunian yang mengusung konsep tersebut, sekaligus sebuah upaya pelestarian budaya yang patut diapresiasi.

1. Joglo khas Jawa Tengah

Sebagai daerah asli rumah Joglo, Jawa Tengah memiliki pakem tersendiri dalam pembangunannya. Yakni, wajib ada empat pilar utama di bagian depan rumah yang berfungsi sebagai penyangga. Eksterior rumah juga diperkuat dengan ukiran-ukiran dari kayu terbaik yang digunakan sebagai komponen utama konstruksi rumah. Sebuah hunian etnik yang megah dan mewah.

2. Joglo modern minimalis cat pink

Hunian yang satu ini pada dasarnya merupakan rumah modern namun memiliki konsep tampak depan selayaknya Joglo. Terutama di bagian desain atapnya. Dipadukan dengan warna pink tua, rumah ini tampak cantik dan kalem, di mana pemilihan warna tampaknya menggambarkan kepribadian pemiliknya yang feminim.

3. Joglo Eropa

Perpaduan ini mungkin sangat baru, yakni menggabungkan desain rumah Joglo dengan hunian minimalis Eropa yang ramah lingkungan. Sekalipun dibangun di Indonesia, atmosfir yang tercipta di sekitar hunian ini akan terasa seakan tengah berada di Eropa. Sebuah perpaduan yang menghasilkan rumah sederhana nan klasik namun kental akan kesan etnik.

Baca Juga  Aneka Model Gambar Pintu Dan Jendela Minimalis Terbaru

4. Joglo kuno

Desain Joglo yang satu ini sangatlah kaku dan khas Joglo zaman dulu. Tidak ada lampu-lampu mewah yang menerangi untuk memberi kesan mewah dan megah. Desain ini lebih cocok untuk orang-orang lanjut usia yang memang terbiasa dengan konsep Joglo asli yang kurang berwarna namun terasa penuh kehangatan oleh kedamaian pemiliknya .

5. Joglo dua pintu

Dengan mengharapkan datangnya rezeki yang lebih berlimpah, desain ini pun memberikan dua arah pintu masuk sekaligus pada rumah joglo modern minimalis berwarna kalem dan cocok untuk hunian yang besar seperti ini. Jika bisa, pintu rumah pertama dan kedua sebaiknya menghadap timur dan selatan.

6. Joglo apung

Joglo ini memiliki desain yang unik dengan separuh bagian rumah mengapung di atas sebuah kolam. Dengan bahan konstruksi utama batu beton, rumah ini tampak sangat kokoh yang dipercantik dengan perpaduan cat eksterior putih dan merah. Rumah ini juga cukup menggambarkan sang pemilik yang tangguh.

7. Joglo modern dua lantai

Hunian modern bergaya Joglo yang memiliki dua lantai ini diberikan sentuhan eksterior oranye dan putih yang menguatkan kesan minimalis namun elegan. Keceriaan juga tampak dari pemilihan warnanya yang membuat rumah tampak lebih ramah dari luar.

8. Joglo Gazebo

Desain hunian yang satu ini secara teknis merupakan dua bagian yang terpisah. Yakni Joglo dengan bentuk gazebo kayu besar di bagian paling depan dan berada di samping carport, sedangkan di bagian belakangnya merupakan bagian yang 100% modern dengan bangunan yang terbuat dari batu beton.

9. Joglo Bambu

Jika dahulu Joglo didominasi oleh penggunaan kayu jati yang merupakan kayu kualitas terbaik, kini muncul inovasi Joglo bambu yang lebih ekonomis mengingat bahan baku utamanya jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu jati yang merupakan komoditi kayu paling mahal di Indonesia.

Baca Juga  40 Motif Wallpaper Untuk Kamar Tidur Utama

10. Joglo Istana

Hunian ini merupakan sebuah bangunan tempat tinggal mewah yang mengadaptasi bentuk asli Joglo namun menggunakan sepenuhnya konstruksi batu beton tanpa ada unsur kayu sama sekali. Tampak depan begitu kokoh dan megah sehingga layak disebut sebagai istana.

11. Joglo tipe 36

Tipe 36 merupakan tipe standar dari hunian yang cocok sekali untuk ditinggali oleh keluarga kecil. Dengan mengadaptasi desain tampak depan serta atap Joglo dan dipadukan dengan cat berwarna abu-abu serta putih, rumah ini memiliki kesan hangat dan nyaman untuk ditinggali.

12. Joglo asri

Diberi embel-embel asri karena lokasi sekitar rumah yang mengadaptasi bentuk asli Joglo namun memberi sedikit modifikasi warna cat eksterior yang lebih cerah ini dikelilingi oleh tanaman-tanaman hijau. Selain cuaca yang sejuk, sejauh mata memandang pun akan sangat rindang. Hunian ini cocok sekali dibangun di daerah pedesaan yang lingkungannya belum tercemar.

13. Joglo tiga lantai
Desain Joglo ini cukup unik karena rumah seakan memiliki tiga kepala yang menghadap ke tiga arah mata angin berbeda.

14. Joglo tiga lantai
Joglo modern yang satu ini memiliki tiga lantai sehingga bangunan sangat tinggi, cocok dengan pengaplikasian Joglo yang memang bentuk aslinya sebuah rumah panggung. Dengan perpaduan cat eksterior berwarna kuning, abu-abu, dan putih, rumah memberikan kesan bersahabat kepada siapa pun yang ingin datang untuk berkunjung.

15. Joglo cat hitam
Joglo asli identik sekali dengan warna cokelat yang hangat, namun desain di masa kini memungkinkan juga Joglo dipadukan dengan cat hitam yang gelap dan memberi kesan misterius terhadap rumah tersebut.

16. Joglo mediterania
Menggabungkan konsep Joglo dengan tema mediterania yang elegan, klasik, dan mewah menghasilkan perpaduan yang sangat cantik dan megah.

Baca Juga  20 Kerajinan Funiture Pallet Bekas yang Unik

17. Joglo dua tangga
Joglo ini mengaplikasikan bentuk serta desain asli Joglo adat Jawa lengkap dengan berbagai unsurnya yang memberikan kesan rumah bangsawan kelas atas pada zaman tersebut. Namun, untuk rumah ini ditambahkan dua buah tangga dari dua arah berbeda untuk naik ke areal teras rumah yang menggambarkan undangan terbuka untuk mampir.

18. Joglo tradisional dengan gerbang masuk
Hunian ini juga mengaplikasikan penuh Joglo sesuai pakem adat Jawa dan menambahkan sebuah pagar khas Joglo pula sebagai gerbang masuk ke areal rumah yang dikelilingi halaman sangat luas. Kediaman seperti ini cocok dibangun bila pemilik memiliki lahan yang besar sehingga akan tampak mirip seperti bagian istana Kesultanan Jawa.

19. Joglo Belanda
Konsep rumah ini menggabungkan antara desain Joglo untuk bagian atap rumah, namun menggunakan desain khas rumah-rumah zaman Belanda yang luas, berlantai plester, serta menggunakan cat eksterior putih dan putih gading. Bahkan, kerangka pintu dan jendela pun diberi warna putih gading dengan tirai jaring-jaring kecil warna putih.

20. Joglo rumah pohon
Memiliki rumah pohon sendiri masih menjadi impian banyak orang. Agar lebih unik dan anti mainstream, rumah pohon yang dibangun bisa menggunakan konsep konstruksi Joglo asli namun dengan versi lebih kecil, sehingga layak disebut sebagai Joglo mini. Kayu jati selalu menjadi kayu terbaik untuk membangunnya, terutama mempertimbangkan ketahanan di ruang terbuka.

20 Model Rumah Joglo Tampak Depan Yang Cantik

Tag:

| reza shabrina | 4.5