20 Rumah Gaya American Farmhouse Yang Khas dan Membumi – Rumah idaman bisa bermacam gayanya. Bisa jadi home style yang demikian disukai orang atau menjadi sebuah trend malah bukan menjadi yang Anda impikan. Jika saat ini Anda tengah mencari-cari gaya arsitektur rumah yang bagaimana yang membuat Anda jatuh hati, kali ini kami menawarkan gaya ala rumah pertanian di wilayah pedesaan Amerika Serikat atau lebih dikenal dengan American Farmhouse Style.

Pada awalnya rumah gaya pertanian di Amerika ini dikembangkan karena adanya kebutuhan yang sifatnya geografis. Para petani di Amerika tentu saja memerlukan lahan dan rumah untuk ditinggalinya bersama keluarga yang sejiwa dengan lahan, bahan bagunan dan bahan yang tersedia di daerah pedesaan Amerika. Rumah pertanian di Amerika pada umumnya memiliki ruang transisi yang khas dimana ruang ini menjadi penghubung bagian luar rumah dan bagian dalam rumah. Ruang transisi yang bentuknya khas ini merupakan ruang teras.

Bagian depan rumah merupakan bagian formal dimana di area inilah pada umumnya tamu diterima. Meskipun biasanya sangat sederhana, namun demikianlah yang norma sosial yang berlaku pada saat itu. Bagian dapur dan kamar tidur biasanya berada pada bagian belakang rumah, atau apabila rumah tersebut memiliki dua lantai, maka pada umumnya semua kamar tidur berada di lantai atas.

Pada masa kini, rumah dengan gaya farmhouse mencerminkan kecintaan pada alam dan hasil bumi yang diberikannya serta menjalin keeratan hubungan antar keduanya. Rumah dengan style ini juga mencerminkan kesederhaan dan kemandirian. Farmhouse style sangat dekat dengan sifat ramah lingkungan, segala yang di daur ulang, serta sifat memperbaiki dan bukan merusak. Meski terasa sangat bersahaja dan hangat, demikianlah gaya yang agung dari sifat kehidupan rumah pertanian. Siapun yang melihat akan mampu merasakan semangat yang dihadirkan dari rumah gaya ini. Bagi Anda yang menginginkan memiliki rumah gaya ini namun juga ingin memasukkan unsur style yang lain, maka Anda tidak perlu merasa khawatir, karena farmhouse style dapat Anda gabungkan dengan gaya dekorasi yang beragam, seperti misalnya gaya tradisional daerah, gaya modern, gaya cottage, maupun gaya industrial. Hanya dengan sedikit sentuhan eleman farmhouse style di dalam rumah, maka gaya rumah jenis ini telah terpancar.

Baca Juga  Tips Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Cantik

Berikut ini adalah beberapa elemen yang dapat Anda tambahkan di rumah Anda untuk memperkuat kesan terhadap American farmhouse style :

Wastafel Tempat Cuci Piring Yang Besar

Pada umumnya, wastafel yang merupakan bagian dari kitchen set dari rumah gaya ini memiliki bentuk yang khas. Biasanya tangki wastafel dibuat besar yang dapat memuat banyak produk pertanian untuk dibersihkan, bayi yang dimandikan disana maupun daging ayam yang perlu dikuliti. Anda mungkin tidak akan memandikan anak bayi Anda di tempat ini atau tidak perlu menguliti ayam sendiri, namun tidak ada salahnya memiliki wasteful tempat cuci piring yang besar, karena dapat memuat banyak piring dan gelas hingga tidak terlihat jorok dan berantakan pada saat kebetulan banyak piring dan gelas kotor.

Lemari Dapur Berwarna Putih

Kitchen set terutama di dalamnya adalah kitchen cabinets atau tempat penyimpanan di dapur yang berwarna putih atau dicat warna putih merupakan ciri dari farmhouse style. Terlebih lagi jika bahan yang digunakan adalah beadboard atau dari bahan kayu mengingat rumah ini sangat dekat dengan unsur alam

Dinding Kayu / Berlapis Kayu

Pada masa lalu, rumah bergaya farmhouse di Amerika memang menggunakan bahan kayu sebagai dinding di rumah mereka, dan dewasa ini dinding kayu maupun dinding yang dilapis dengan bahan kayu kembali menjadi tren. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda juga menerapkannya bagi rumah gaya farmhouse milik Anda

Mason Jars

Rumah gaya farmhouse juga identik dengan Mason Jars, atau tempat penyimpanan dari kaca/ toples kaca dengan tutup dari kaleng yang biasanya untuk menyimpan selai, manisan, biskuit atau makanan lain. Anda dapat menyimpan makanan kecil di toples-toples ini dan diletakkan di area yang dapat dilihat orang sehingga mempertegas gaya farmhouse di rumah Anda. Atau Anda juga dapat menjadikan toples-toples ini sebagai hiasan di rumah.

Baca Juga  25 Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang Yang Cantik & Istimewa

Sentuhan Gaya Industrial dan Tradisonal

Gaya industrial sangat mampu berdampingan dengan gaya farmhouse. Dengan menempatkan elemen-elemen yang tampak lawas atau berkarat serta sentuhan bagian rumah yang ter-ekspos maka gaya farmhouse makin terasa pada hunian Anda. Gabungkan ini dengan beberapa barang antik milik Anda.

Kain Burlap

Kain yang terbuat dari semacam bahan karung goni ini saat ini banyak dipergunakan bagi bermacam gaya hunian. Dari mulai taplak hingga tempat penyimpanan menggunakan bahan ini. Gaya shabby chic dan industrial juga erat dengan burlap. Anda dapat memberikan sentuhan kain ini bagi hunian gaya American Farmhouse.

Beranda / Teras Yang Khas

Bagian beranda atau teras merupakan bagian penting pada gaya rumah ini. Bagian ini biasanya dipercantik dengan meja dan kursi kayu dilengkapi dengan tempat duduk bentuk ayunan atau kursi goyang. Jangan lupa berikan sentuhan pot bunga beserta tanaman bunga pada bagian teras Anda.

Gerabah / Keramik

Lengkapi peralatab rumah Anda dengan tea set, vas bunga atau aksesoris lain yang terbuat dari gerabah/keramik berwarna putih. Ini akan memperkuat nuansa farmhouse

Taman Hidup

Lengkapi halaman atau taman di rumah Anda dengan taman hidup, atau memelihara tanaman yang dapat dijadikan bahan makanan atau jamu, seperti tanaman rempah atau sayuran.

Berikut ini adalah 20 contoh rumah dengan gaya American Farmhouse sebagai bahan acuan bagi Anda :

 

 

 

 

 

 

 

20 Rumah Gaya American Farmhouse Yang Khas dan Membumi

Tag:

| jois pitaloka | 4.5

Leave a Reply