25 Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang Yang Cantik & Istimewa – Menentukan desain ssebuah hunian memang gampang-gampang susah. Apalagi jika hunian yang kita miliki tidak terlalu besar atau minimalis. Seringkali kita terbentur dengan masalah ruang jika ingin menambahkan ornamen yang kita sukai, atau bingung mau meletakkan dimana jika kita membeli perabot yang sesuai dengan tema desain impian kita. Dari berbagai desain rumah idaman, desain gaya rumah khas Jepang merupakan salah satu desain idaman yang banyak diminati. Desain rumah khas Jepang memang mewakili keindahan, keasrian, keunikan dan juga kehangatan. Jika menurut Anda desain rumah gaya Jepang memerlukan area yang luas, maka Anda salah. Gaya Jepang justru sangat sesuai jika diaplikasikan pada hunian minimalis dimana semua unsur masih tetap bisa diterapkan.

Rumah bergaya arsitektur khas negara Jepang lebih banyak memperhatikan unsur interior dan eksterior agar tampilannya tampak alami, sederhana serta tentu saja memiliki bentuk yang khas. Apabila Anda berniat untuk merenovasi atau bahkan membangun rumah dengan menggunakan unsur khas Jepang, maka terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan diantara adalah :

Bagian pagar rumah

Bagi yang ingin merubah renovasi rumah, jika sebelumnya pagar rumah Anda menggunakan teralis besi maupun logam, maka ada baiknya Anda menggantinya dengan pagar dengan bahan dasar kayu. Hal ini dikarenakan hunian khas Jepang sangat dekat dengan unsur alam. Dana yang Anda perlukan memang melebihi hunian standar pada umumnya karena perawatan bahan kayu memerlukan perhatian yang lebih dari pada bahan dasar besi maupun logam agar tidak mudah menjadi lapuk karena paparan terik matahari juga guyuran air hujan dalam kuantitas yang besar.

Baca Juga  Desain Harga Keramik Lantai Kayu Modern

Memberbanyak unsur alam

Warga Jepang identik dengan kedekatan mereka dengan unsur alam, sehingga hunian gaya Jepang juga sebaiknya menyatu dengan alam. Anda perlu menempatkan lebih banyak tanaman hijau di sekitar hunian, bebatuan kerikil penghias taman di depan atau belakang rumah, jika perlu dilengkapi dengan fountain mungil yang terkesan alami. Unsur-unsur tersebut sesuai dengan kepercayaan warga Jepang yaitu adanya unsur air yang melambangkan kesucian dan kehidupan sedangkan batu melambangkan suasana alam, sedangkan tumbuhan melambangkan keabadian.

Unsur kayu dan bambu

Jepang khas dengan bentuk pintu pemisah ruangan geser yang terbuat dari kayu berpetak dengan lapisan kertas tipis khas negara Jepang. Anda dapat menambahkan unsur pintu geser khas Jepang ini jika Anda serius merubah tampilan rumah atau membuat rumah Anda kental dengan unsur Jepang. Lantai yang terbuat dari bahan kayu juga bisa menjadi pilihan. Mengingat bagian latai memerlukan unsur kaya yang lebih banyak sehingga membuat Anda berpikir mengenai biaya perawatannya, maka untuk penggantinya Anda dapat menggunakan bahan vinyl yang bermotif kayu sebagai alternatif. Untuk lebih menguatkan undur Jepang, Anda dapat menambahkan tatami atau tikar khas Jepang. Tikar jenis ini secara tradisional memiliki bahan dasar jerami yang ditenun, namun untuk mempermudah maka kini tersedia tatami yang terbuat dari bahan Styrofoam.

Memperbesar ukuran jendela

Jendela yang terbilang besar juga termasuk salah satu ciri khas rumah Jepang, bahkan terkadang menyatu dengan pintu. Jendela yang terbilang besar dimaksudkan agar mempermudah penghuni rumah untuk dapat melihat dengan leluasa pemandangan dari arah luar rumah terutama untuk dapat melihat taman dengan leluasa serta membiarkan agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah tanpa penghalang yang berarti. Jendela khas Jepang pada umumnya juga dilengkapi dengan tirai tipis khas rumah bergaya Jepang.

Baca Juga  30 Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36

Desain interior yang unik dan menarik

Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan seorang arsitek atau interior designer akan lebih membantu Anda untuk dapat memiliki interior yang tepat dan lebih mendekati dengan aslinya. Apalagi jika tipe rumah Anda adalah minimalis, dengan berkonsultasi bersama yang ahli, Anda dapat memaksimalkan fungsi hunian dengan sentuhan khas Jepang pada setiap sudutnya. Untuk lebih menguatkan undur Jepang, Anda dapat menambahkan tatami atau tikar khas Jepang. Tikar jenis ini secara tradisional memiliki bahan dasar jerami yang ditenun, namun untuk mempermudah maka kini tersedia tatami yang terbuat dari bahan Styrofoam. Tatami dapat Anda aplikasikan sebagi tikar maupun lantai ruangan.

Singkat kata, satu unsur yang mewakili segala hal yang berbau Jepang adalah : Zen. Kesederhanaan dalam kedamaian mempengaruhi desain khas Jepang. Budaya yang terbawa sejak ribuat tahun lalu yang hingga kini masih mempengaruhi gaya arsitektur Jepang, serta menghasilkan model desain interior yang menghasilkan atmosfer yang tentram dan sangat kental unsur tradisinya.

Buat Anda yang berminat merubah penampilan hunian atau ingin menjadikan hunian baru Anda memiliki arsitektur negara matahari terbit, berikut ini 25 desain rumah minimalis gaya Jepang yang spesial :

 

 

 

 

 

 

25 Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang Yang Cantik & Istimewa

Tag:

| jois pitaloka | 4.5

Leave a Reply