25 Ide Interior Gaya Retro Untuk Rumah Unik – Pada dasarnya, secara harfiah gaya retro mempengaruhi beberapa dekade gaya desain interior. Oleh karena itu, beberapa majalah desain interior menyebutnya dengan desain interior mixed style yang dipengaruhi oleh gaya dan tren masa lalu. Kata retro sendiri merupakan kependekan dari retrospektif yang dapat diartikan sebagai kembali ke masa yang lalu. Sementara beberapa era gaya desain interior bisa saja disebut dengen ‘retro’, maka sebenarnya istilah retro lebih umum digunakan untuk mendeskripsikan gaya interior tahun 1950-an, 1960-an dan 1970-an.

Gaya retro yang penuh warna dan unik bisa jadi dipengaruhi masa pasca perang dunia pada tahun 1960-an tatkala yang aktif dan berusia muda tengah gencar-gencarnya menyebarkan pesan damai, kasih dan kebebasan dengan berbagai cara yang mereka dapat lakukan.

Gaya vintage dan retro seringkali disatukan dalam satu gaya atau saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Dua gaya ini seringkali seringkali saling bersentuhan dan dapat diistilahkan saling menggilas. Dekorasi gaya retro sangat semarak, menyenangkan, dengan mengedepankan warna-warna cerah digabung menjadi satu, desain yang liar dan bebas namun memerlukan cita rasa seni. Tidak ada rasa easygoing atau rasa casual pada dekorasi dengan gaya retro. Sebaliknya, gaya ini terkesan ramai, sibuk dan yang paling pasti adalah funky !

Lalu bagaimana jika Anda ingin mengaplikasikan gaya semarak retro ini pada desain interior hunian Anda? Berikut ini adalah beberapa fitur khusus yang umumnya terdapat pada gaya ini untuk Anda jadikan acuan :

Penggunaan Warna-Warna Cerah

Salah satu cara paling mudah yang membuat ruangan di rumah Anda memiliki feel bergaya retro adalah dengan mengedepankan dan mengaplikasikan warna-warna cerah digabung menjadi satu di dalam satu ruangan. Warna hijau Alpukat merupakan warna pilihan paling populer pada gaya retro. Gabungkan warna tersebut dengan warna kuning Mustard misalnya, disertai kombinasi warna coklat, warna akromatik putih dan hitam, oranye dan merah. Sebagai tambahan, sentuhan warna ungu dan merah muda dapat Anda tambahkan untuk semakin memberikan kesan gaya retro.

Baca Juga  Eksterior dan Interior Desain Rumah Minimalis Berkonsep Sederhana

Furniture Gaya Bebas

Tidak ada istilah furniture complex bagi desain interior gaya retro. Anda dapat mengaplikasikan dan menggabungkan jenis furniture apa saja dalam satu ruangan asalkan tetap memikirkan estetika sehingga tetap terlihat cantik dan chic. Misalnya saja menggabungkan dua warna sofa atau sofa dengan kursi kayu dan sebagainya. Seolah furnitur yang ditampilkan kurang sesuai satu dengan yang lain namun tetap enak dipandang dan tentu saja harus tetap nyaman dipergunakan serta fungsional.

Bahan Dasar Furniture Yang Tidak Biasa

Furniture bagi ruangan bergaya retro cenderung menampilkan nuansa yang terasa abstrak, dan tiap ruang seolah ingin menonjol dan bersaing untuk mendapatkan perhatian sebagai focal point pada ruangan. Sofa panjang berkelok diletakkan pada salah satu bagian ruangan dihiasi cushion berwarna-warni. Tahun 1960-an merupakan era dimana terdapat perkembangan dan kemajuan dalam berbagai bidang. Pada tahun-tahun inilah mulai diperkenalkan aneka bahan-bahan material yang baru untuk furniture dan mebel dan berbagai elemen interior. Seperti misalnya bahan material dari plastic digunakan untuk kursi, meja, kap lampu dan sebagainya. Selain itu juga mulai dimunculkan bahan material seperti akrilik, fiberglass, vinil, juga ternologi baru dalam pengolahan kayu lapis yang dimanfaatkan pada pembuatan elemen interior, dimulai dari finishing pada bagian dinding, lantai, plafon hingga funitur.

Dekorasi Unik, Jantung Interior Gaya Retro

Tujuan utama dari gaya bangunan atau desain interior retro adalah menciptakan suasana yang nyaman dan ceria, karena itu orang yang memilih gaya ini akan berusaha mengisi hunian mereka dengan barang-barang unik yang menyala serta tentu saja buku-buku dalam jumlah yang sangat besar (kaum muda dalam era retro adalah kaum muda dengan intelektualitas yang tinggi). Untuk bagian lantai Anda dapat menambahkan karpet jenis fuzzy throw rugs, untuk area pintu dapat ditambahkan semacam manik-manik, bead curtain atau pembatas ruang berbentuk untaian manik-manik, lampu lava yang berwarna-warni, skate table sejenis meja dengan kaki dan kepala meja yang ramping, dan scoop tools semacam bangku dengan kaki panjang ramping.

Baca Juga  30 Desain Rumah Minimalis Type 36 2 Lantai Terbaru

Tertarik menerapkan gaya yang satu ini untuk desain interior hunian Anda? Berikut ini adalah 25 ide yang dapat Anda terapkan pada ruang dalam hunian Anda, atau membantu Anda dalam menciptakan ruang dengan gaya retro :

 

 

 

 

 

25 Ide Interior Gaya Retro Untuk Rumah Unik

Tag:

| jois pitaloka | 4.5

Leave a Reply