30 Model Rumah Tradisional Sederhana & Elegan – Gaya tradisional modern pada umumnya kerap kita temui pada bangunan penginapan, cottage, rumah makan maupun villa. Konsepnya yang dekat dengan alam, tradisi dan budaya membuat kita seringkali membayangkan bagaimana jika konsep gaya tradisional ini diterapkan dalam sebuah rumah hunian. Yang terpenting harus tampak tentunya adalah bagian depan rumah yang kerap disebut dengan fasad. Fasad harus tampak sesuai dengan tema dan gaya hunian yang Anda inginkan. Untuk itu sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu gaya tradisional daerah mana yang modelnya ingin Anda terapkan pada hunian, seberapa banyak unsur tradisional yang ingin Anda hadirkan pada hunian. Dan yang juga tak kalah penting adalah sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, karena rumah tradisional bisa saja jauh lebih murah biayanya daripada rumah konvensional namun bisa saja justru jauh lebih mahal. Hal ini mengingat furniture dan desain interor yang menyesuaikan dengan gaya tradisional,  maupun material rumah tradisional yang banyak menggunakan bahan kayu harus diperlakukan sedemikian rupa sehingga tidak mudah lapuk maupun dihuni serangga, maupun jamur.

Namun tentu saja, meskipun Anda memimpikan hunian dengan gaya tradional, Anda juga menginginkan hunian Anda selarah dengan gaya hidup modern agar lebih kekinian dan tentu saja lebih nyaman untuk ditinggali. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar penampilan hunian impian Anda sesuai dengan tema tradisional yang diinginkan, namun juga sangguh bersanding dengan gaya modern

Implementasi dari pola atau motif tradisional

Setelah menentukan tema tradisional apa yang ingin Anda terapkan, maka agar tema ini terlihat pada area fasad. Misalnya saja Anda menginginkan rumah dengan gaya etnik Betawi, maka yang Anda perlukan adalah material yang biasa digunakan dalam pembuatan rumah dengan gaya tradisional Betawi. Selanjutnya tentu mengaplikasikan berbagai motif yang pada umumnya terdapat pada rumah adat Betawi seperti misalnya motif-motif geometris yang disesuaikan dengan gaya modern yaitu lebih minimalis dan praktis. Bahan yang digunakan juga tidak harus melulu kayu atau atap rumbai misalnya. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai pelapis saja agar tampak pada bagian fasad hunian.

Baca Juga  70 Contoh Desain Rumah Idaman Cantik Sederhana

Bagian Teras dan Fasad

Hunian dengan nuansa etnik yang kental memerlukan biaya yang tidak sedikit misalnya saja diperlukan bentuk pintu atau jendela berukir agar menguatkan unsur etnik. Ada baiknya Anda tidak memaksakan diri untuk memenuhinya, karena sentuhan pada beberapa tempat saja sudah mampu menggambarkan tema yang Anda inginkan. Misalnya saja dengan mengaplikasikan tegel rumah vintage, pintu dari bahan kayu maupun batu alam yang dilekatkan pada beberapa bagian dinding sudah memberikan sentuhan etnik. Jika budget Anda mencukupi, boleh Anda coba memberikan sentuhan pintu depan berukir. Meski demikian tentu Anda harus menyesuaikan dengan hunian Anda. Ada baiknya jika Anda diskusikan dengan desainer interior hunian.

Ruang Tamu

Karena ruangan ini merupakan ruangan yang pertama kali dilihat orang begitu memasuki area dalam rumah, maka sentuhan etnik yang lebih banyak dapat Anda aplikasikan pada ruangan ini. Nuansa etnik minimalis dapat Anda hadirkan dengan misalnya menempatkan sofa maupun meja kopi berukir dengan beberapa aksesoris misalnya lampu etnik, lukisan maupun cushion dengan desin etnik.

Area Kamar Tidur

Untuk ruangan yang sifatnya lebih pribadi seperti kamar tidur, Anda dapat lebih bebas menerapkan tema etnik yang diinginkan. Misalnya saja dengan penempatan laci vintage atau tradisional, model tempat tidur maupun hiasan dinding. Penempatan kayu pada langit-langit maupun tegel batu alam juga menambah kesan etnik dan membumi. Bagi Anda yang menginginkan yang jauh lebih simple, maka Anda dapat memilih warna yang membantu kesan etnik pada rumah. Misalnya gunakan lebih banyak warna hijau atau coklat serta penggunaan motif etnik pada cushion, sheet untuk tempat tidur maupun selimut dan bed cover.

Ruang Keluarga

Pada ruangan ini, Anda dapat menempatkan segala yang berbau etnik dari mulai sofa, cushion, kain tradisional yang dibentangkan sedemikian rupa, karpet, lukisan maupun aksesoris lain seperti vas bunga, guci etnik maupun patung-patung tradisional. Segala aksesoris ini juga dapat Anda tempatkan di kamar tamu, namun pikirkan dengan baik penempatannya agar tidak terkesan penuh dan nampak seperti ruang pameran.

Baca Juga  40 Desain Kitchen Set Minimalis Terbaru

Dapur dan Ruang Makan

Di tempat ini kitchen set dengan bahan dasar kayu atau bermotif kayu dapat Anda pilih dengan desain yang tentu lebih dekat dengan tema yang Anda inginkan. Penempatan lampu gantung khas Jawa juga dapat Anda tempatkan disini selain untuk menimbulkan kesan etnik juga memberikan suasana hangat pada saat Anda menikmati hidangan bersama keluarga dan orang terdekat. Penggunaan alat makan vintage atau etnik dari logam maupun kayu dapat juga Anda terapkan.

Taman Belakang atau Tengah

Penempatan kolam atau kolam ikan mungil dengan bebatuan di sekelilingnya diimbangi dengan tanamam-tanaman tropis mungil akan membangkitkan suasana tradisional yang dekat dengan alam.

Kamar Mandi

Anda dapat menempatkan material serba batu untuk kamar mandi Anda, seperti misalnya wastafel atau bathup dari batu. Aksesoris dari keramik juga dapat Anda tempatkan disini seperti misalnya tempat tissue atau tempat menyimpan sabun cair. Jika perlu Anda dapat menghadirkan vas berisi sejenis tumbuhan ilalang sebagai hiasan untuk menguatkan unsur alam.

Berikut ini adalah 30 model rumah tradisional sederhana yang elegan untuk pertimbangan bagi pemilihan tema rumah tradisional Anda :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply