40+ Model Tempat Sampah Cantik Di Rumah –¬† Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Sebuah kalimat yang kerap kita dengar dan berusaha kita sarankan kepada anak, adik atau orang lain. Namun ironisnya, seringkali hal ini yang justru sulit untuk diterapkan, terutama di rumah. Abu rokok, bekas makanan, aneka macam bungkus bekas atau tissue bekas kerap kita temukan berserakan di meja, di lantai atau di sofa. Menjaga lingkungan agar tetap bersih memang harus dibiasakan dan harus dimulai dari diri kita sendiri.

Salah satu permasalahan yang membuat orang rumah cenderung membuang sampah sembarangan atau membiarkan sampah tergeletak begitu saja adalah karena tidak disediakannya tempat sampah yang dekat dengan mereka duduk. Seringkali tempat sampah di rumah hanya diposisikan pada beberapa area di rumahh yang memungkinkan banyak memproduksi sampai, misalnya saja area dapur atau depan kamar mandi saja. Padahal setiap ruangan memerlukan tempat untuk membuang sampah. Alasan yang kerap kita dengar adalah bahwa keberadaan tempat sampah terasa sangat mengganggu pandangan sehingga sering orang merasa rishi jika harus meneguk minuman atau menyantap makanan dengan tempat sampah berada tidak jauh dari tempat mereka duduk.

Hal ini sangat dimungkinkan karena tempat sampah identik dengan sesuatu yang kotor sehingga dari bentuk kotak sampahnya saja sudah membuat orang kurang berselera. Padahal pada umumnya selain di area dapur dan kamar mandi, tempat sampah di ruang lain umumnya hanya menampung sampah kering saja. Belum lagi bentuk tempat sampah yang umum kerap dianggap membuat merusak gaya interior hunian yang telah diatur sedemikian rupa. Lalu bagaimana jika bentuk tempat yang telah umum diubah bentuknya menjadi lebih menarik dan unik, bahkan dapat disesuaikan dengan gaya desain interior rumah Anda?

Baca Juga  Desain Rumah Minimalis Type 36 Paling Stylish

Sebelum kita mengarah pada kotak atau tempat sampah yang Anda tempatkan di dalam atau di sekitar area hunian Anda, perlu Anda tahu juga mengenai tempat sampah umum yang kerap kita temua di pinggir jalan. Tempat sampah umum ini memiliki beberapa warna yang seringkali jika tidak mencantumkan keterangan pada bagian depannya maka kita tidak tahu apakah tempat sampah ini khusus untuk sampah organik, sampah plastic atau sampah daur ulang. Berikut ini adalah warna tempat sampah umum dan digunakan untuk membuang jenis barang atau sampah apa :

Hijau

Apabila Anda menemukan tempat sampah berwarna hijau pada ruang publik apakah menggunakan keterangan maupun tidak, maka tempat sampah berwarna hijau ini di khususkan hanya untuk membuang sampah organik saja. Sampah yang dibuang di dalam tempat sampah berwarna hijau diharapkan dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos. Karena itu, mohon hanya membuang sampah organik saja seperti makanan bekas (tanpa bungkus), sayur mayur atau daun daunan saja pada tempat sampah berwarna hijau. Tempat sampah ini diharapkan dapat mempercepat proses pembuatan kompos karena sampah bahan organik tidak bersatu dengan sampah anorganik ataupun B3

Kuning

Tempat sampah berwarna kuning adalah tempat bagi sampah plastik yang merupakan salah satu barang non organik. Apapun bentuknya dari mulai segala ukuran dan bentuk plastik kemasan, botol plastik, mainan plastik atau ember plastik. Dengan adanya pemisahan ini, maka bahan plastik dapat lebih mudah dikumpulkan dan disiapkan untuk menjadi bahan daur ulang khusus plastik atau dikirim ke pabrik pengolahan plastik.

Merah

Tempat sampah berwarna merah adalah tempat sampah khusus untuk bahan atau barang berbahaya atau berpontensi berbahaya yang disebut dengan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).  Misalnya saja bekas obat nyamuk bakar maupun kaleng obat nyamuk semprot. Kaleng bekas pewangi ruangan, kotak atau tempat bekas detergen, bekas pembersih kaca atau pembersih yang lain, kapur barus dan lain sebagainya. Atau juga barang membahayakan lain seperti sampah beling atau paku.

Baca Juga  Interior Ruang Tamu Minimalis Modern Terfavorit

Biru

Tempat sampah yang dikhususkan untuk bahan kertas ditandai dengan kotak sampahnya yang berwarna biru. Bahan kertas kerap diproses kembali menjadi bahan daur ulang khususnya untuk berbagai alat tulis dan kerajinan. Jadi bagi Anda yang ingin membuang sampah koran bekas, kardus bekas, buku bekas maupun karton penyimpan makanan (yang tidak tergabung dengan plastik) silahkan membuang di tempat sampah berwarna biru ini.

Abu-Abu

Jika Anda menemukan tempat sampah berwarna abu-abu maka tempat sampah ini dimaksudkan untuk membuang sampah yang mengandung residu atau sampah yang memungkinkan meninggalkan sesuatu yang membekas dan berakibat buruk atau kemungkinan meninggalkan sesuatu yang bersifat kontaminan dalam suatu proses kimia tertentu. Contoh sampah residu adalah kotak bekas obat-obatan atau jamu, obat2an bekas, pembalut atau popok bekas, punting rokok, permen karet.

Dewasa ini telah banyak yang telah menyediakan tempat sampah dengan lima warna tersebut diatas demi menjaga kesehatan, keamanan kita, juga lebih ramah lingkungan. Selanjutnya yang diperlukan adalah kedisiplinan kita dan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. Serta menghindari sifat iseng dengan menempatkan sampah di tempat yang salah. Karena nantinya kerugian akan berada di tangan kita sendiri.

Kembali lagi masuk ke dalam topik bahasan terkait tempat atau kotak sampah di dalam hunian kita. Tempat yang manis, unik dan elegan tentunya akan membuat ruangan Anda semakin gaya dan mempertegas tema yang Anda inginkan dalam sebuah ruangan, sehingga Anda tidak perlu merasa risih menempatkan tempat sampah di ruangan manapun di dalam hunian Anda. Mau tahu apa saja bentuk tempat sampah unik dan menarik yang kami rekomendasikan? Berikut ini adalah beberapa modelnya untuk Anda, semoga dapat menjadi inspirasi dan membuat suasana rumah lebih bersih dan sehat :

Baca Juga  Cara Memilih Gorden Minimalis yang Tepat

 

 

40+ Model Tempat Sampah Cantik Di Rumah

rumah idaman:

    desain tempat sampah daur ulang, kebersihan pangkal kesehatan loc:ID, model tempat sampah praktis

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...