Tips Perawatan Rumah Kayu

Renovasi-rumah.net Menarik memang, bila kita memiliki rumah dengan desain dan material yang tidak biasa. Misalnya saja pada rumah kayu. Jenis rumah yang satu ini umumnya dipakaioleh masyarakat pedesaan di jaman dahulu dan sebagiannya juga masih bertahan hingga sekarang. Rupanya bentuk dan kesan sejuk dari rumah kayu ini menarik untuk diadaptasi menjadi salah satu desain rumah di perkotaan. Pada dasarnya, anda tidak perlu menggunakan kayu murni sebagai pondasi atau bahan inti dari pembuatan rumah. Karena rumah yang seperti itu tentu memiliki banyak kelemahan, diantaranya mudah lapuk terpapar panas dan hujan, gangguan serangga, bencana alam, kebakaran dan lain sebagainya.

renovasi-rumah.net - Tips Perawatan Rumah Kayu

renovasi-rumah.net – Tips Perawatan Rumah Kayu

Walaupun kini anda bisa menggunakan material kayu yang siap pakai yang sudah diproses sedemikian rupa agar lebih tahan lama.  Anda cukup mengadopsi desainnya, misalnya gunakan material kayu pada lantai yang atau dinding yang telah dipelester sebelumnnya. Namun apa pun itu, memiliki rumah kayu tentu memerlukan perawatan khusus agar selalu tampak indah dan yang terpenting adalah awet. Bagi anda yang tertarik umtuk membuat rumah kayu minimalis atau memang anda sudah memiliki rumah dengan gaya ini, ada baiknya anda ketahui betul cara-cara merawatnya. Oleh karena itu berikut ini kami berikan informasinya untuk anda mengenai beberapa cara merawat rumah kayu.

  • Bersihkan material kayu setiap hari dengan kemoceng atau lap dengan kain halus sedikit basah lalu segera keringkan. Hal ini termasuk ke dalam perawatan harian yang jangan ditinggalkan agar debu atau kotoran tidak semakin menumpuk dan membuat rumah kayu anda semakin sulit untuk dibersihkan
  • Bila anda berniat mengepel, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Ada beberapa hal harus anda perhatikan, bahwa lantai kayu tidak boleh dipel sembarangan atau menggunakan kain yang basah sekali atau juga dengan cairan pembersih lantai sekalipun. Penggunaan bahan kimia dikhawatirkan akan membuat kayu menjadi rusak. Sebaliknya, anda disarankan untuk menggunakan ramuan atau obat pel tradisional, misalnya dari air rendaman cengkeh yang terbukti membuat kayu tahan lama dan bebas dari serangan rayap yang umumnya senang memakan kayu-kayuan.
  • Kegiatan sehari-hari dalam rumah kayu pun harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya saja bila anda ingin memindahkan suatu benda seperti meja atau kursi dan lainnya, sebaiknya harus hati-hati dan lebih baik diangkat bukan digeser. Gesekan dengan benda semacam itu akan meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan.
  • Bila ada tanaman di sekitar rumah kayu anda, usahakan jangan sampai menutupi kayu yang menjadikannya lembab sehingga mudah berjamur. Bila perlu, pangkaslah tanaman tersebut secara rutin agar tidak mengganggu rumah kayu anda.
  • Begitu juga cahaya matahari yang mengenai rumah kayu anda, sebaiknya batasi dengan gorden atau tiai lainnya agar tidak langsung terpapar secara terus menerus yang membuat kayu cepat kusam dan pecah-pecah. Demikian juga pada ruangan memasak atau dapur, buatlah agar asap tidak masuk ke area yang menggunakan material kayu agar warnanya tidak menghitam atau juga kusam.
  • Hindari menempatkan benda yang terlalu berat dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan lantai kayu rumah anda rusak atau sedikit ambles sehingga merusak penampilan dan sulit untuk diperbaiki
  • Selain perawatan secara harian, anda juga harus menyiapkan jadwal perawatan lebih intensif secara berkala. Misalnya satu atau dua bulan sekali. Perawatan yang lebih intensif ini bisa berupa pemusnahan dan pencegahan munculnya serangga atau rayap, tikus, dan pencucian dinding bagian luar rumah. Bila kayu tidak bisa lagi dihindarkan dari goresan dan warnanya pun sudah memudar, sebaiknya lakukan coating atau pengecatan ulang agar tampilannya kembali menarik dan terlihat mengkilap.
Baca Juga  Tips Merawat Dinding Rumah Kayu

Demikian tadi  informasi singkat yang dapat kami berikan tentang beberapa cara merawat rumah kayu. Bila anda merasa kesulitan melakukan perawatan ini sendirian, kini telah banyak dibuka jasa perawatan terhadap rumah dengan material kayu dann tentunya anda harus menyiapkan budget lebih untuk melakukan hal tersebut. Terimakasih, semoga informasi tadi bermanfaat dan menginspirasi anda.

Loading...