10 Contoh Denah Rumah 3 Kamar – Denah atau tata rencana letak dalam proses pembangunan sebuah rumah sangat diperlukan. Betapa tidak kita tentunya tahu bahwa tata letak akan sangat menentukan apakah rumah tersebut nyaman atau akan mempunyai masalah dikemudian harinya. Sebab rumah akan terbangun secara permanent, maka dari itu sebuah perencanaan awal akan sengat diperlukan dan menetukan untuk kedepannya.

Salah satu ruang yang paling menentukan adalah ruang tidur. Ruang tidur adalah tempat kita beristirahat dan bahkan adalah salah satu tempat bagi kita untuk menghabiskan waktu lebih banyak berada di dalam rumah. Oleh karena itu kamar tidur haruslah mempunyai persayaratan tertentu agar nyaman bagi penghuninya.

Beberapa syarat kamar tidur yang sehat adalah, terdapatnya pencahayaan yang cukup dari sinar matahari, selain itu kamar tidur harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, harus terhindar dari suhu lembab. Bebrpa aspek tadi haruslah diperhatikan bila kita merancang sebuah denah untuk sebuah kamar tidur. Bila kamar tidur mempunyai suhu lembab dan tidak memiliki cahaya yang cukup dari luar maka kesehatan dari penghuninya juga akan terganggu bahkan juga dapat menjadi peneyebab beberapa penyakit.

Maka dari itu menentukan posisi dan letak yang baik untuk sebuah kamar tidur adalah syarat mutlak sebelum kita menentukan denah pada rumah. Beberapa contoh dibawah ini dapat menginspirasi Anda untuk membuat kamar yang baik dan meletakkan kamar pada posisi yang tepat. Dengan jumlah 3 kamar pada rumah tersebut.

  • Kamar Sejajar Kebelakang

Dengan meletakkan posisi kamar sejajar ke belakang, pada posisi ini ventilasi udara akan kita ambil dari ruang tengah untuk kamar yang berada di tengah dan pada halaman belakang untuk kamar yang berada di paling belakang. Sedangkan untuk pencahayaan kita bisa menggunakan glass blok atau kaca es pada genting dan memberikan ruang untuk cahaya masuk kedalam rumah.

  • Kamar Pada Posisi “L”

Untuk denah kali ini kita akan meletakkan kamar pada posisi “L” dengan kata lain posis kamar tidur utama pada posisi depan dibelakangnya kamar tidur anak 1 dan disampingnya kita letakkan kamr tidur anak 2. untuk ventilasi tetap sama kita akan mengambil udara dariruang tengah dan untuk sinar kita akan menggunakan cara memebrikan genting kaca agar cahaya dapat masuk kedalam kamar yang berada di dalam.

  • Kamar Pada Posisi Dua Di Kanan dan Satu di Kiri

Pada posisi ini kita akan menempatkan kamar tidur utama pada sisi kanan atau kiri dan dua kamr lainnya berhadapan dengan kamar utama. Kamar utama bisa diletakkan di depan atau ditengah anatara dua kamar. Sehingga fungsi kamar menjadi pembatas antara ruang tamu dan ruang dapur atau makan.

  • Kamar di Bagian Kanan dan Kiri dan Belakang

Selanjtunya dalah denah kamar di bagian depan dua dan belakang satu kamar. Kamar akan dipisahakan oleh ruang keluarga. Dengan satu di belakang dan dua di depan kamar.

  • Kamar Pada Denah Tanah Berbentuk Kotak

Untuk denah bidang tanah yang kotak kita bisa meletakkan kamar di depan dua buah mengapit ruang tamu dan dibagian belakang satu buah antara ruang kelaurga dan dapur.

  • Terletak di Bagian Depan Satu Dan Belakang Dua

Bisa juga kita meletakkan bagian depan dengan satu kamar dan bagian belakang dua kamar. Letak bergantung pada bentuk denah dari bidang tanah secara keseluruhan. Bila dapur diletakkan di sisi bagian kanan atau kiri, maka kamar tidur anak 1 dan 2 bisa diletakkan sejajar kearah samping kana n atau sejajar berlawanan. Apabila terletak ditengah maka kamr belakang bisa mengapit posisi dapur dan ruang keluarga. Untuk posisi ini ita akan mengambil udara melalui lubang ventilasi pada atap dengan bantuan alat kipas penyedot udara atau exhaust fan.

  • Kamar Tidur Utama di Lantai 1

Pada desain denah selanjutnya adalah rumah denah 3 kamar pada dua lantai. Kita bisa meletakkan kamar tidur utama pada lantai satu dan kamar tidur anak 1 dan 2 pada lantai kedua. Hal ini dilakukan untuk menyiasati agar kamar mempunyai luas bidang yang lebih lega. Selain itu mempunyai ventilasi dan sirkulasi yang cukup.

  • Kamar Tidur Utama di Lantai 2

Kebalikan dari denah sebelumnya, denah rumah 3 kamar selanjutnya adalah kamar utama dilantai atas dan kamar anak ada dilantai bawah. Selain untuk mengatur posisi besaran ruang, denah seperti ini bisa juga menjaga privasi dari orang tua.

  • Kamar Tidur Terletak pada Lantai Atas Semua

Pada posisi denha selanjtunya adalah meletakkan posisi lantai atas sebagai tempat kamar tidur. Posisi ini sangat efisien untuk ruangan bawah agar terlihat lebih lapang. Sehingga kesan ketika pertama masuk adalah kesan bahwa rumah kan cenderung lebih lebar daripada ketika ruang bawah diberi ruang untuk salah satu kamar.

  • Kamar Anak di Depan Kamar Utama di Belakang

Selanjutnya adalah meletakkan dua kama anak di bagian depan dan meletakkan kamar utama pada bagian belakang. Besaran kamar bergantung dari luas tanah dan bentuk tanah. Akan tetapi denagn tipe denah rumah 3 kamar seperti ini pada umumnya mempunyai besaran pada ruang utama lebh besar daripada dua kamar anak. Karena kamar tersebut telah dibagi menjadi dua bagian sedangkan kamar utama meskipun dibagian belakang akan mendapatkan ruang yang lebih besar.

Baca Juga  Contoh Dekorasi Rumah Minimalis Elegan dan Ringkas

10 contoh ini diharakan dapat memberikan inspirasi dan pandangan bagi kta untuk dapat menentukan denah dan desain pada rumah sebelum rumah itu berdiri. baca juga 30 Denah Rumah Type 45

Leave a Reply