Contoh Desain Rumah Melayu Sederhana – Ada banyak sekali desain rumah sederhana yang bisa anda pakai untuk membangun sebuah hunian impian. Dan salah satunya yang bisa menjadi alternatif bagi anda adalah desain rumah melayu sederhana. Meskipun terkesan simple namun model rumah melayu sederhana mampu menonjolkan kesan eksotis sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman pada penghuninya.

Selain itu rumah dengan desain melayu sederhana juga mampu menonjolkan sisi back to nature pada setiap sudut rumah yang akan anda buat. Berikut beberapa desain dari rumah melayu sederhana yang terkenal memiliki filosofi dan estetika yang tinggi.

1. Desain rumah adat Riau

Pada umumnya, desain rumah melayu khas Riau memang berupa rumah panggung dengan beberapa tiang penyangga serta berbentuk persegi. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, selain untuk menghindari bahaya serangan hewan buas, juga sebagai antisipasi terjadinya banjir. Adanya kolong di bawah rumah juga bisa anda manfaatkan untuk menyimpan hewan ternak.

2. Buat detail ukiran khas Riau pada sudut-sudut balok penumpu
Balok yang digunakan sebagai tumpuan dinding bagian luar biasanya dibuat melengkung ke atas. Selain itu, untuk menambah kesan artistik anda juga bisa menambahkan detail berupa ukir-ukiran khas Riau pada sudut-sudut balok penumpunya.

3. Desain rumah melayu atap lontin

Salah satu yang khas dari desain rumah ini adalah adanya hiasan kaki dinding yang bentuknya menyerupai perahu. Sedangkan untuk namanya diberi ‘lontin’ karena pada bagian atap terdapat perabung yang dibuat meletik ke arah atas. Tidak bisa dipungkiri desain rumah melayu atap lontin sedikit banyak memang terpengaruh oleh kebudayaan Minangkabau.

4. Rumah model panggung tradisional

Desain rumah ini merupakan desain rumah melayu bernuansa kampung. Selain sederhana, rumah ini juga menggambarkan kesan tradisional. Anda juga bisa menambahkan ornamen berupa pagar yang diukir dan juga tangga bagian depan yang terbuat dari susunan beberapa papan kayu. Jangan lupa buat halaman yang luasnya lebih besar dibandingkan area rumah anda.

Baca Juga  Desain Interior yang Cocok Untuk Rumah Tipe 21 dan 36 Low Budget

5. Desain rumah melayu semi modern

Desain rumah melayu yang semi modern adalah salah satu model yang sering kita jumpai. Proses pembangunannya sendiri terbilang cukup singkat dan tidak memerlukan area yang luas. Biasanya pada desain rumah melayu ini cenderung mengadopsi banyak desain yang sering dipakai pada hunian kelas menengah yang berada di daerah kota.

6. Desain rumah melayu 2 lantai

Anda juga bisa membuat hunian 2 lantai yang sederhana dengan mengusung tema melayu seperti pada gambar dibawah ini. Selain memiliki tangga yang ditaruh di luar rumah, jendelanya pun bisa anda bentuk dengan ukuran yang cukup besar. Dan agar lebih terlihat menyatu dengan alam pasangi jendela anda dengan penbatas kaca jernih.

7. Hiasi pagar rumah anda dengan bunga-bunga cantik

Bunga memang selalu bisa membuat sekelilingnya terlihat lebih segar dan menyenangkan. Selain itu keberadaan bunga juga akan membuat mood anda lebih bersemangat. Jika demikian, tarus saja hiasan bunga hidup pada pagar di sekeliling rumah anda.

8. Gunakan lantai diagonal

Lantai kayu yang berbentuk diagonal seperti pada gambar berikut dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Selain itu juga bisa membuat rumah anda terasa lebih hangat. Anda juga tak perlu mengecatnya dengan warna apa pun. Makin mentah kayu yang anda pakai justru akan membuat lantai rumah terlihat unik dan artistik.

9. Desain rumah melayu dengan atap berbentuk limas

Salah satu daerah yang membuat bentuk atapnya menyerupai limas adalah rumah tradisional masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau. Desain rumah ini sendiri memiliki tinggi 1,5 meter dengan dinding rumah yang berasal dari susunan papan yang biasanya dicat dengan warna coklat. Sedangkan untuk atap bagian atas menggunakan seng berwarna merah marun.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Jenis Desain Interior Untuk Rumah Anda

10. Desain rumah melayu limas potong
Rumah ini secara umum mempunyai 5 ruang utama yang berupa teras depan, ruang bagian depan, tengah, belakang yang biasanya dipakai untuk tempat tidur, serta tak ketinggalan dapur. Ruang bagian depan biasanya dipakai untuk memajang berbagai macam foto-foto.

11. Ingin merasakan suasana zaman dahulu, taruh saja tempayan di samping anak tangga bagian luar
Orang-orang pada zaman dahulu memang sengaja menaruh sebuah tempayan berukuran besar di samping anak tangga. Hal ini bertujuan agar orang bisa mencuci kakinya sebelum hendak mereka masuk ke dalam rumah.

12. Tambahkan hiasan pot-pot berukuran sedang di sekitar area rumah

Untuk menambahkan kesan asri, anda bisa menempatkan beberapa pot sedang berisi tanaman hidup di sekeliling rumah anda. Selain itu, membangun rumah di tengah-tengah pepohonan yang rimbun juga merupakan salah satu ciri khas dari rumah melayu sederhana yang patut anda coba.

13. Perhatikan jenis kayu yang akan anda pakai

Pemilihan material juga sangat penting dalam membuat sebuah rumah melayu sederhana. Salah salah satunya yang paling pokok adalah material finishing kayu. Kayu yang akan anda pilih akan mempengaruhi tahan lama atau tidaknya rumah kayu anda.

14. Desain rumah melayu sederhana dengan papan kayu untuk melapisi dinding
Anda juga bisa menggunakan variasi lain di rumah melayu sederhana yang akan anda bangun. Yakni dengan pemakaian kayu untuk melapisi bagian dinding.

15. Melapisi dinding rumah dengan kayu olahan
Tidak bisa dipungkiri harga kayu sekarang memang melambung tinggi akibat sulitnya memperoleh material alam yang satu ini. oleh karena itu untuk menyiasati agar anggaran tidak membengkah, anda bisa menggunakan kayu olahan untuk melapisi dinding rumah anda.

Baca Juga  Warna Keramik Ruang Tamu Modern Minimalis

16. Pikirkan masak-masak tentang lokasi dimana anda akan membangun rumah
Karena sebagian besar material rumah melayu sederhana adalah berupa kayu maka lokasi pembangunannya sangat berbeda bila dibandingkan dengan model yang lain. Anda harus memastikan lokasi yang anda pilih terbebas dari segala hal yang bisa merusak ketahanan rumah melayu anda.

17. Taruh amben di bagian depan rumah
Agar suasana melayu semakin terasa, taruh saja amben atau dipan di bagain depan rumah anda. Selain bisa digunakan untuk acara kumpul keluarga, anda juga bisa mengawasi anak-anak yang sedang bermain di pekarangan rumah dari amben sambil menyedu segelas teh manis. Menyenangkan, bukan?

18. Ukiran bermotif floral
Pada rumah melayu biasanya sekeliling teras depannya terdapat pagar yang disebut tenggalung. Pada pagar kecil tersebut anda bisa menambahkan unsur ukiran bermotif floral yang tentunya akan menambah nilai estetika dari rumah melayu sederhana anda.

19. 32 tiang penyangga

Pada rumah-rumah khas Palembang biasanya terdapat 32 buah penyangga atau kelipatannya. Anda juga bisa memakai kayu Ulen sebagai bahan untuk membuat penyangga, karena kayu ini memang terkenal awet dan tahan lapuk.

20. Tangga yang berjumlah ganjil

Kebanyakan rumah melayu memang sengaja memilih anak tangga yang berjumlah ganjil. Hal ini merupakan penggambaran nilai religius dari masyarakat melayu. Unik, ya?

Loading...