Contoh Kandang Kambing dari Bambu – Jika anda berniat untuk menernakan kambing, tidak hanya teknik perkembangbiakan, kesehatan, dan memberi makan saja yang harus anda ketahui. Anda juga harus mengetahui jenis kendang yang dapat menunjang itu semua. Salah satu jenis kandang kambing yang sangat berpengaruh dalam penggemukan ternak kambing adalah dengan menggunakan bambu. Bagaimanapun desain dan model kendang nya, akan lebih efektif jika menggunakan bambu dibandingkan jenis material lainnya.

Contoh Kandang Kambing dari Bambu dengan Model Panggung
Salah satu kandang kambing yang banyak digunakan oleh para peternak adalah dengan berkonsep bambu dan panggung. Model panggung tentu mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dari ternak nya sendiri.

Penggunaan contoh kandang kambing dari bambu dengan model panggung membuat anda lebih mudah mengontrol pengendalian penyakit sehingga bisa dipastikan kambing yang sedang diternakkan semuanya dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, sudah jarang sekali peternak kambing yang menggunakan model lantai langsung diatas tanah atau alas.

Karena jenis kandang kambingnya berbentuk panggung, maka bagian bawahnya tidak bersentuhan dengan tanah, hal ini akan sangat menguntungkan ketika kambing membuang kotoran baik feses maupun urin sehingga tidak akan langsung ke tanah atau lantai kandang.

Ini juga berarti lantai kandang akan tetap kering dan lebih terjaga kebersihannya, berbeda dengan lantai kandang yang basah dan penuh akan kotoran dari kambing, tentu saja kambing akan lebih mudah dan sering terserang penyakit. Kotoran yang sudah jatuh ke lantai kandang juga relatif lebih sulit bahkan sangat sulit untuk dibersihkan, sehingga sang pembersih kandang harus mempunyai tenaga ekstra untuk membersihkannya.


Apa saja material yang bisa digunakan untuk pembuatan kandang kambing dari bambu dengan model panggung? Mudah dan murah sekali lho! Tentunya bambu merupakan material utamanya, anda juga harus menyiapkan kayu, semen, atap dari bahan plastik, baut, paku, dan anyaman bambu untuk dinding. Tentu saja material-material tersebut sangat mudah untuk dicari dan harga nya pun terjangkau, sangat cocok bagi anda yang pastinya ingin mengeluarkan modal seminim mungkin untuk nantinya keuntungan yang tiada henti.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

Material-material yang telah disebutkan diatas tentunya tidak bernilai mutlak, anda bisa membuat beberapa variasi yang mungkin disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Sesuaikan juga material-material tersebut dengan ukuran kandang kambing yang akan anda buat. Biasanya ukuran kandang kambing model panggung berukuran panjang x lebar 150 cm x 120 cm untuk 5 ekor kambing. Anda mungkin bisa menggunakan patokan ukuran tersebut, disesuaikan dengan jumlah ternak kambing yang anda miliki.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kandang panggung mempunyai bagian bawah yang tidak menempel dengan tanah dibagian bawah, oleh karena itu anda harus membuat tumpuan dengan ketinggian kira-kira 70 cm. Anda bisa menggunakan tumpuan kayu dan sejenisnya.

Untuk tinggi lantai ke bagian atas, anda bisa mengira-ngira kurang lebih 160 hingga 180 cm. Buatlah atap yang miring agar air hujan dengan mudah mengalir, buatlah atap yang berbahan plastic dan pastikan untuk tidak bocor ya! Karena jika kandang kambingnya lembab, dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan kambing yang sedang diternakkan.


Jangan lupa untuk membuat tempat makan kambing dengan nyaman, anda bisa mengunakan material kayu, bambu, dan banner yang sudah tidak dipakai untuk alas tempat makannya. Tidak usah membuat tempat makan yang besar, hanya dengan ukuran 30 x 25 tinggi dan lebarnya saja, anda sudah bisa membuat tempat makan kambing yang sangat cocok dan membuat nyaman kambing jika ingin makan. Berilah selalu kambing tersebut dengan makanan yang sehat dan masih fresh seperti rumput liar yang hijau dan dedaunan yang juga masih fresh.

Akan sangat lebih baik jika kandang panggung nya terbuat dari material kayu atau bambu yang sudah diratakan. Mengapa demikian? Sudah dapat dibuktikan bahwa lantai dari bambu akan lebih awet dibandingkan dengan lantai dari kayu, harganya juga murah dan mudah dicari dimana-mana.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Kambing Sederhana dari Bambu

Namun, meskipun kandang nya sudah didesain sedemikian rupa dengan biaya yang mahal dan konstruksi yang awet, jika anda sendiri tidak bisa mengurusi ternak kambing dan tidak menjaga kesehatannya, sama saja bohong! Jadi untuk kesuksesan ternak kambing, selain memperhatikan kandangnya, anda juga harus selalu membersihkan dan memperhatikan kesehatannya ya!

Tapi ingat! Jangan hanya mementingkan kesehatan kambingnya saja. Namun menurut standar peternakan yang ada. Jika anda ingin membuat kandang kambing, diharuskan jauh dari pemukiman karena terkadang bakteri yang berasal dari kotoran kambing akan tercampur dengan pemukiman warga sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan penduduk setempat.

Tentunya apalagi jika sang peternak asal-asalan dalam mengelola kotoran kambing. Kandang kambing yang dekat dengan pemukiman warga juga akan mengganggu warga sekitar mengingat pastinya kotoran kambing memberikan bau yang menyengat di pemukiman meskipun sudah dibersihkan.

Pentingnya Pembuatan Kandang Kambing dari Bambu

Mengapa kandang kambing sangat penting sekali untuk peternkan? Ternyata banyak fungsi dan manfaat yang mungkin tidak para peternak tahu. Kandang kambing akan melindungi kambing dari suatu yang membahayakan kesehatan baik yang disebabkan oleh cuaca, serangga, hewan pemangsa, jamur, dan lain-lain.

Tentu saja kambing yang telah diberi kandang akan lebih merasa nyaman dibandingkan ia harus tidur di alam liar yang bisa saja mereka kehujanan. Kandang kambing juga membuat aktivitas ternak menjadi lebih tertata, misalnya aktivitas makan, minum, tidur, diberi vaksin, dan lain-lain. Kandang kambing juga memudahkan para peternak dalam mengawasi kondisi kambing sehingga jika ada satu kambing yang sakit, pertolongan akan lebih tertata dan dilakukan secara mudah.

Meskipun penggunaan kandang kambing sangat bermanfaat, alangkah lebih baiknya anda tidak hanya mengurung kambing di kandang nya saja. Beberapa kali kambing harus dibebaskan di alam liar agar secara pikiran kambing tersebut senang dan mudah diatur.

Baca Juga  20 Contoh Desain Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

Oleh karena itu, pilihlah tempat yang luas yang rimbun akan pepohonan. Pepohonan juga akan menangkal angin kencang yang bisa masuk ke dalam kandang. Jangan di spelekan lho, terkadang adanya angin kencang akan menyebabkan kembung pada perut kambing. Jika sudah sakit, tentu saja peternak yang juga repot bukan?


Contoh kandang kambing bambu model panggung yang disebutkan diatas juga sangat cocok untuk melakukan penggemukan pada kambing lho! Selalu pastikan kambing yang anda pelihara sudah diberi vaksin oleh dokter hewan, karena bisa saja jika satu kambing sakit, hal tersebut akan berdampak pada kambing lainnya.

Ternak kambing pada awalnya mungkin merupakan hal yang sulit, namun jika sudah sukses, anda akan mendapatkan untung yang berlimpah. Anda bisa menjual kambing nya untuk acara hari raya, acara keagamaan, atau dijual pada rumah makan yang menyediakan menu kambing. Untungnya bisa berlipat ganda meskipun pada awalnya sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Susu kambing juga bisa dijual secara langsung di pasaran.

Contoh Kandang Kambing dari Bambu yang Wajib di Perhatikan

Keywrods:

    contoh kandang kambing, contoh kandang kambing dari bambu, model kandang kambing panggung

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...