Besi beton digunakan sebagai tulangan atau penyangga dari konstruksi beton atau yang lazim disebut dengan beton bertulang. Pemakaiannya dimaksudkan untuk memperkuat konstruksi bangunan sehingga memiliki daya tahan lebih terhadap goncangan seperti gempa, air bah ketika debit hujan tidak terkontrol oleh bendungan atau sungai sekitar, maupun tanah longsor akibat gundulnya hutan.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan, kekuatan besi beton yang sudah teruji menjadikannya konstruksi untuk jalan, jembatan, bendungan, dan semacamnya. Besi beton sendiri merupakan bahan konstruksi yang mudah didapatkan, terutama di Indonesia, sebab itulah tingkat penggunaannya sangat tinggi dan menjadi penyangga konstruksi paling populer saat ini.

Harga Besi Beton 2018
Pada dasarnya, harga besi beton sangat ekonomis sebagai penyangga konstruksi dengan ketahanan yang telah teruji. Biasanya besi beton dijual perkilo dan bisa didapatkan di toko-toko bangunan. Namun untuk harga pastinya bergantung pada masing-masing daerah, karena harga setiap komoditas bergantung pada banyak hal dan salah satunya pendapatan perkapita daerah tersebut.

Harga besi beton juga tentu didasarkan pada kualitas dari produk tersebut sendiri. Misalkan besi beton berstandar SNI dan dibuat dengan bahan-bahan yang bagus tentu menerapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan besi beton non-SNI serta komponen bahan kualitas menengah atau bahkan buruk. Jenis besi beton kedua perlu dihindari sebagai rangka konstruksi.

Macam Besi Beton

Besi beton terdiri dari dua macam, yakni besi beton polos dan ulir. Secara teknis, tulangan ulir lebih kuat dibandingkan dengan beton polos. Di mana pabrikan besi beton membuat bentuk ulir untuk menguatkan ikatan antara besi dengan beton pada proses konstruksinya. Untuk harga, besi beton polos lebih murah dibandingkan tulangan ulir.

Ketebalan besi beton sendiri berbeda-beda, tergantung penerapan fungsinya dan pabrikan yang membuatnya. Pada setiap besi beton yang diproduksi, wajib mencantumkan ketebalannya, nomor seri produksi, kode SNI, dan juga pabrikan yang mencetak sebagai standar wajib besi beton yang beredar di pasaran. Sekaligus pula memudahkan kontraktor dalam memilih besi beton dalam proyeknya.

Baca Juga  Daftar Harga Batu Granit Per Meter dengan Lengkap

Besi Beton Berstandar SNI
Standar Nasional Indonesia atau SNI merupakan standar yang diterapkan untuk semua item yang diproduksi, disebarkan, dan digunakan di wilayah Indonesia. Dengan memenuhi standar SNI, maka produk tersebut dinyatakan aman untuk digunakan. Termasuk pula pada produksi besi beton yang sebaiknya sesuai standar SNI sebagai jaminan untuk digunakan sebagai bahan konstruksi.

Sifat Besi Beton
Besi beton sebagai rangka konstruksi memiliki daya tekan sekaligus daya tarik pada saat bersamaan, hal ini yang kemudian membuatnya lebih tahan terhadap goncangan maupun terpaaan. Dengan demikian, keamanan penghuni rumah pun lebih terjamin karena hunian yang ditinggali memiliki kemungkinan minimal untuk roboh akibat gempa ataupun bencana alam lainnya.

Diameter Besi Beton

Besi beton memiliki diameter minimal dan maksimal yang berbeda untuk jenis besi beton polos dengan tulangan ulir. Untuk yang polos, diameter minimalnya adalah 6mm, sedangkan maksimal 36mm. lalu, untuk tulangan uliar minimal 10mm dan maksimal 36mm. Harga setiap diameter juga berbeda satu sama lain, semakin tebal semakin mahal.

Kontraktor atau tukang yang mengerjakan konstruksi bangunan bertugas untuk memilih diameter yang tepat untuk setiap inci dari proyek yang dikerjakan, karena pengaplikasian setiap besi beton pun berbeda sesuai ketebalan diameternya. Formasi yang tepat akan semakin menambah kokoh konstruksi dari bangunan yang dikerjakan, tetapi jika salah akan membuat ketahanan bangunan rentan.

Manfaat Penggunaan Besi Beton
Banyak sekali manfaat penggunaan besi beton yang telah teruji sehingga semakin mengukuhkan posisinya sebagai bahan konstruksi yang unggul. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang didapat dengan menggunakan besi beton pada konstruksi bangunan :

1. Daya tempa lebih besar, sehingga ketahanan akan goncangan pun lebih kuat
Dengan apabila menggunakan besi beton tentunya kekuatan akan sangat maksimal dan sangat kuat.

Baca Juga  Daftar Harga Batu Granit Per Meter dengan Lengkap

2. Resistensi tinggi terhadap api dan air
Dibandingkan dengan penyangga kayu, yang akan keropos bila terkena air serta mudah terbakar jika tersulut api yang mana memiliki resiko lebih besar rumah ambruk atau terbakar habis bila terjadi insiden banjir dan kebakaran, besi beton memiliki resistensi yang sangat tinggi terhadap kedua unsur tersebut.

Telah terbukti bahwa ketika insiden banjir terjadi, bangunan dari besi beton tetap kokoh berdiri, sedangkan saat kebakaran pun kerusakan hanya mencapai pelapisnya, yaitu dinding, sedangkan konstruksi bangunan tetap utuh di mana lebih memudahkan proses renovasi bangunan karena tidak perlu membangun konstruksi dari awal.

3. Irit
Berbeda dengan pondasi dari kayu yang membutuhkan biaya pemeliharaan tinggi karena kayu memiliki kerentanan terhadap kelembaban udara dan ancaman rayap serta lumut, konstruksi dari besi beton tidak perlu terlalu sering dikontrol apalagi mendapatkan perawatan atau peremajaan pondasi. Hal ini tentu saja akan menghemat pengeluaran dari pemilik rumah.

4. Awet
Konstruksi besi beton dapat bertahan sangat lama, bahkan semakin kuat dengan berlalunya waktu berkat semen yang kian memadat. Resiko terdampak oleh bencana alam juga sangat minim, sehingga tidak akan menimbulkan banyak kekhawatiran berkat kekuatannya yang telah teruji sebagai bahan konstruksi gedung maupun prasarana umum seperti jembatan layang.

5. Fleksibel
Besi beton mudah diaplikasikan dan dibentuk sesuai kebutuhan proyek yang tengah dikerjakan. Mulai dari dipasang secara horizontal maupun dilengkungkan pun besi beton dapat mengatasinya tanpa mengurangi kekuatan secara keseluruhan. Fleksibilitasnya ini semakin menjadikan besi beton populer untuk diterapkan pada berbagai desain bangunan.

6. Tidak memerlukan tukang khusus
Menerapkan besi beton sebagai konstruksi bangunan lebih mudah dibandingkan dengan bahan konstruksi lain, misalnya baja. Sebab itu pula, tidak memerlukan tukang ahli untuk mengaplikasikannya. Tukang biasa sudah dapat melakukannya dengan cukup baik. Perbedaan biaya jasa tukang ahli dengan tukang biasa tentunya juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca Juga  Daftar Harga Batu Granit Per Meter dengan Lengkap

Tips Memilih Besi Beton
Meskipun besi beton menawarkan banyak keunggulan, namun tetap saja keunggulan tersebut bergantung pada kualitas yang dimiliki. Sedangkan kualitasnya berbeda-beda bergantung pada produsen yang membuatnya. Untuk itu, berikut ini adalah tips memilih besi beton yang baik untuk keperluan konstruksi bangunan :

1. Biarkan kontraktor atau tukang yang berbelanja
Dalam proyek pembangunan perseorangan, tidak jarang pemilik membeli sendiri kebutuhan konstruksi karena kurangnya kepercayaan dengan tukang yang mengerjakan. Padahal, membiarkan tukang lebih paham mana bahan-bahan yang layak dibeli dan tidak. Sedangkan untuk sebuah proyek besar, belanja bahan sudah menjadi bagian tugas dari kontraktor proyek.

2. Pilih yang berstandar SNI

Sebagaimana telah dibahas di atas bahwa SNI merupakan standar nasional yang menjamin kualitas dan keamanan produk untuk digunakan atau dikonsumsi. Besi beton pun menjadi salah satu produk yang memiliki kewajiban ber-SNI. Masih banyak produsen nakal yang membuat besi beton tanpa SNI di mana berarti produk tersebut tidak lulus uji kelayakan.
Harga besi beton non-SNI memang lebih murah, tapi memberikan resiko keamanan yang riskan pula jika digunakan sebagai konstruksi bangunan.

Daftar Harga Besi Beton Per kg Terbaru 2018

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...