Dekorasi Ruang Kerja – Bekerja adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga dan pikiran, namun sering kali seseorang merasa jenuh saat bekerja, apalagi di jam-jam sibuknya mereka hampir seolah tidak bisa menikmati kenyamanan saat bekerja. Sebenarnya kenyamanan saat bekerja memang didorong oleh banyak faktor, faktor kesehatan, faktor sosial, dan salah satu yang penting juga adalah faktor dekorasi ruang kerja.

Sudah banyak sekali kasus yang menyebutkan bahwa seseorang merasa jenuh saat bekerja karena ruangan kerja yang tidak nyaman dan itupun ternyata mempengaruhi kinerja para pegawai. Beberapa perusahaan masih saja membuat dekorasi ruangan kerja yang datar dan membosankan, namun ternyata ruang kerja ini tidak hanya berlaku dalam perusahaan saja, melainkan dirumah pun dapat diciptakan suasana ruangan kerja yang didambakan.


Walaupun di zaman yang serba digital ini ternyata masih saja ada yang belum paham teknologi sehingga mengalami kesulitan dalam mendapatkan ide-ide dekorasi ruangan kerja yang cocok, sebenarnya bisa saja berkonsultasi dengan seseorang yang ahli dalam bidang design namun memang harga yang ditawarkan tidak murah.

Baiklah karena banyaknya permintaan mengenai bagaimana dekorasi kerja yang nyaman dan produktif itu dapat diaplikasikan di kantor maupun di rumah, maka dari itu langsung saja disimak pembahasannya dibawah ini :

1. Fasilitas dan Alat yang mendukung

Jika ingin mewujudkan ruangan kerja yang nyaman dan dapat meningkatkan konsentrasi sebenarnya sangat mudah sekali, hal yang paling penting adalah adanya fasilitas kerja yang mendukung, ketika seseorang yang sedang bekerja pasti memerlukan alat-alat yang mereka butuhkan agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan mudah, seperti telepon, komputer atau laptop, printer, alat tulis kantor dan sejenisnya.


Fasilitas seperti ini memang sangat penting keberadaannya di dalam ruangan kerja, tak hanya dapat meningkatkan konsentrasi saja namun dapat mempermudah seseorang menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu, karena jika tidak didukung dengan fasilitas yang demikian maka seseorang akan sulit mengejar target deadlinenya dan akhirnya konsentrasinya hilang bahkan bisa saja mereka tidak mood lagi untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya.

2. Sediakan rak dinding

Rak dinding memang sering ditemukan di beberapa ruangan kerja, selain fungsinya sebagai hiasan dekorasi saja namun hal itu ternyata dapat dijadikan sebagai tempat pembukuan berkas-berkas. Berbeda halnya jika tumpukan berkas diletakkan diatas meja sebenarnya itu sangat tidak efektif dan akan membuat ruangan terasa berantakan.

Untuk itu dengan ketersediaan rak dinding di dalam ruang kerja dapat memudahkan seseorang untuk menaruh berkas dan dokumen kerjanya dengan mudah dan rapi, selain itu penyimpanan berkas dan dokumen di rak dinding lebih mudah terlihat dan tak sulit dicari jika dibutuhkan.

Fungsi rak dinding itu juga dapat berdampak pada mood seseorang yang bekerja pada ruangan tersebut, karena jika ruangan nampak rapi tersusun akan membuat konsentrasi seseorang yang bekerja dalam ruangan tersebut meningkat.

3. Penerangan yang mendukung

Penerangan yang mendukung ini hal yang sangat penting, selain dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dalam bekerja tentunya penerangan yang mendukung ini dapat menyehatkan mata juga, bayangkan saja jika dalam ruang kerja penerangannya minim dan redup tentunya akan membuat ruang kerja terasa mati dan seseorang yang bekerja di dalamnya pun merasa tidak nyaman, bahkan akan membuat pekerjanya merasa ngantuk karena didukung oleh cahaya yang redup.

Penerangan yang mendukung juga dapat memudahkan seseorang menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat, karena penglihatan yang jelas juga akan hadir karena penerangan yang mendukung. Apalagi jika cuaca di luar berawan atau hujan maka penerangan yang mendukung sangatlah harus diterapkan dalam ruangan kerja, karena jika seseorang yang bekerja merasa tidak nyaman dengan ruangannya maka hal itu sangat berpengaruh dengan konsentrasinya.

4. Furniture yang nyaman

Pemilihan furniture yang nyaman pula ternyata dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dalam bekerja, contohnya saja adalah furniture meja dan kursi, yang dimana kursi adalah tempat yang banyak sekali dihabiskan di kursi tersebut, terbayang jika pemilihan kursi tidak nyaman dan tidak sesuai, sebenarnya pemilihan furniture tidak harus yang mahal dan memakan budget yang luar biasa, namun banyak pula para pengrajin yang membuka kursi dan meja kantor yang empuk dan nyaman.

Dengan meja dan kursi yang dapat membuat nyaman dan sesuai dengan seseorang yang bekerja di ruangan tersebut tentunya membuat mereka lebih fokus, dan sebaiknya jika memilih kursi bekerja usahakan kursi yang dapat membuat seseorang yang bekerja di ruangan tersebut dapat melihat seluruh ruangan dengan hanya memutar kursi saja.

5. Ruangan kerja tema monokrom

Tema monokrom ini memang sedang populer-hitsnya dikalangan masyarakat, pasalnya tema yang mengandalkan hitam putih ini memang sangat cocok untuk di aplikasikan pada ruangan kerja, terlihat dari warnanya yang tenang dan tidak mencolok akan memberikan kesan hangat dan nyaman pada seseorang yang berada dalam ruangan tersebut, tak hanya itu tema monokrom juga dapat membuat kesan ruangan kerja nampak lebih rapi dan tersusun.

Biasanya orang-orang yang menginginkan dekorasi ruang kerja seperti ini adalah para designer dan seseorang yang simple dan imajinatif, maka dari itu tema ruangan kerja monokrom ini sangatlah membantu seseorang untuk meningkatkan konsentrasinya saat bekerja.

6. Kesan vintage

Sama halnya dengan tema monokrom, tema yang juga sedang hias saat ini salah satunya adalah vintage, memang kesan vintage ini lebih dominan dengan wanita, namun ternyata kesan vintage ini umum diterapkan oleh siapa saja. Jika ruangan kerja kalian ingin diterapkan kesan vintage kalian dapat memberikan furniture berwarna pastel, dengan gayanya yang kekinian.

Seseorang yang bekerja dalam ruangan yang berkesan vintage ini akan lebih mudah berkonsentrasi karena didukung oleh ruangan sekitar yang memberikan warna pastel yang segar dan adem. Kesan vintage ini juga sudah banyak diterapkan dalam beberapa kantor untuk ruangan kerjanya. Apalagi yang bekerja di dalamnya adalah seorang wanita, ini sangatlah cocok dan rekomended sekali.

7. Dekorasi alam

Maksud dari dekorasi alam ini adalah ruangan kerja di desain seperti hidup. Seperti pemilihan bahan dasar kayu untuk ruangan kerja, kayu ini dapat di desain sebagai perlengkapan yang dapat menghidupkan ruangan. Dengan menambahkan elemen kayu maka ruangan akan nampak lebih terkesan eksotis. Dan menurut riset yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli bahwa suasana alam dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dalam mengerjakan sesuatu, apalagi hal itu diterapkan dalam suatu ruangan kerja.

8. Ruangan kerja yang industrial

Tipe ruangan kerja industri-al sendiri memang sudah terkenal dikalangan para pekerja, karena tentunya sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menerapkan ruangan kerja yang industri-al. Pasalnya ruangan kerja industri-al ini lebih terlihat formal.

Serta biasanya ruangan kerja yang di desain secara industri al menambahkan furnitur berbahan dasar besi atau beton. Ruangan kerja seperti ini dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam berimajinasi dan lebih rilex, karena ruangan kerja industri-al akan lebih sedikit menghasilkan debu.

Dekorasi Ruang Kerja yang Meningkatkan Konsentrasi

rumah idaman:

    tema ruang kerja

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...