Desain Interior yang Cocok Untuk Rumah Tipe 21 dan 36 – Rumah minimalis menjadi rumah yang paling banyak peminatnya. Bukan hanya karena desainnya yang bagus dan kekinian, tapi juga karena cocok dengan tipe rumah yang tidak terlalu besar seperti rumah tipe 21 dan 36. Rumah tipe 21 sering juga disebut rumah seperti apartemen studio. Dengan dimensi ukuran 3 x 7 meter, rumah tipe ini memang memiliki keterbatasan dalam menyusun layout.

Jika anda sedang merencanakan membangun rumah tipe ini tentu harus memiliki perencanaan yang matang. Agar desainnya tetap bagus, tetap mengandung konsep minimalis, tapi dengan budget yang tidak terlalu besar. Sama halnya dengan rumah tipe 36.

Rumah berukuran 36 meter persegi ini juga harus memiliki jurus ampuh untuk membuat rumah tetap terlihat lega walaupun ukurannya kecil. Untuk membuat kesan luas pada rumah tipe 21 dan 36, maka kita harus cerdik dalam menentukan interior yang cocok untuk rumah tersebut. Ada banyak style pada rumah tipe kecil ini yang interiornya bukan hanya menarik tapi juga bisa menjadi aksesoris hidup.

Berbagai Desain Rumah Tipe 21


Terbukti dari banyaknya instagrammer yang sering memposting interior rumah mereka yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga tampak cantik tapi terkesan mewah. Dan bisa menjadi ide untuk rumah yang kini sedang anda bangun. Berikut ini akan kita bahas beberapa desain interior yang cocok untuk tipe 21, tapi dengan budget yang tidak terlalu melambung. Berikut penuturannya :

1. Desain ala pop art

Desain rumah ini sedang menjadi gaya desain yang sedang booming. Desainnya cocok sekali untuk kaum muda yang energik tapi juga simple. Anda bisa membuat tampilan ruang tamu anda menjadi warna warni. Pilihlah perabotan yang full colour. Misalnya sofa yang berwarna turqois. Tambahkan sarung bantal yang kekinian dengan motif tribal misalnya. Jika anda suka, anda bisa memasang lukisan bergaya pop art di sana.

Baca Juga  20 Contoh Desain Rumah Melayu Sederhana

2. Menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga

Karena ukurannya yang kecil, dan akan menjadi lebih sempit jika ditambah partisi maka anda bisa menggabungkan kedua ruangan ini. usahakan tetap membuat privasi pada setiap tamu yang datang ke rumah. Anda tetap menyiapkan kursi di ruang tamu, namun anda bisa menambahkan rak TV yang tidak terlalu memakan tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kursi tamu.

3. Pilih warna cerah untuk dinding

Jangan mengaplikasikan warna-warna gelap untuk rumah tipe 21. Karena warna itu malah akan membuat rumah sumpek atau terlihat lebih sempit. Dengan pilihan warna yang cerah, anda akan mendapatkan kesan luas. Pilihlah warna hijau, kuning, biru muda, atau merah muda. Warna-warna ini akan memantulkan cahaya dengan baik.

4. Memilih desain interior modern

Konsep modern juga akan memberikan sentuhan kesan mewah pada rumah minimalis anda. Dengan mengusung desain modern rumah tipe 21 anda akan terlihat wah namun tidak mencolok. Tentunya anda harus up to date mengenai beragam desain yang kekinian dan tidak ketinggalan zaman. Tampilan modern ini bisa dibuat dengan cara memilih perabotan yang terbuat dari kaca. Dan pilihlah corak natural tapi dengan banyak pola.

5. Interior minimalis

Minimalis merupakan konsep desain yang paling banyak digunakan dan dipilih oleh banyak orang. Karena desainnya sesuai dengan perkembangan arsitektur zaman sekarang. Desain ini tidak membutuhkan banyak dekorasi atau pola yang rumit, tetapi lebih menekankan kenyamanan dan kegunaan pada setiap ruangannya. Dan pilihlah perabotan minimalis namun tetap memiliki banyak fungsi.

Berbagai Desain yang Cocok Untuk Rumah Tipe 36

Selain tipe 21, rumah yang ukurannya kecil tapi banyak dipilih yaitu rumah dengan tipe 36. Rumah ini sedikit lebih besar dari tipe 21. Tapi desainnya bisa disesuaikan seperti tipe 21. Sebenarnya yang terpenting dari mendesain rumah tipe 36 ini adalah bagaimana membuat rumah terasa loveable, homey namun dengan kreatifitas dan ide dari kita sendiri. Di sini akan kita bahas mengenai desain interior yang sekiranya cocok untuk rumah bertipe 36. Diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga  Harga Lemari Pakaian Minimalis dari Plastik yang Murah

1. Jangan membawa terlalu banyak perabotan

Perabotan yang jumlahnya banyak tentu akan membuat rumah anda yang mungil terlihat sempit atau sumpek. Maka kurangilah perabotan yang tidak perlu atau yang ukurannya besar. Pilihlah perabotan yang ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran setiap ruang di dalam rumah. Jangan memperparah kondisi rumah dengan pernak pernik yang tidak fungsional.

2. Mengurangi banyak sekat

Sekat bisa membuat rumah menjadi semakin kecil. Berilah ruang yang bebas pada setiap ruangan di rumah. Sekat membuat penghuni rumah tidak bisa bergerak bebas. Apalagi jika kebetulan jumlah penghuni rumah atau anggota keluarganya banyak. Rumah tipe 36 ini akan terasa panas dengan banyaknya penghuni rumah. Hal ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan.

3. Kamar mandi bisa disatukan dengan ruang cuci

Buatlah kamar mandi yang agak besar agar cukup jika disatukan dengan ruang cuci pakaian. Pilihan ini bisa menjadi alternatif yang tepat dalam menghemat tempat tapi dengan desain yang tetap menarik. Dan space lainnya bisa dibuat untuk tambahan kamar atau ruang santai keluarga.

4. Gaya desain skandinavia

Desain ini mengedepankan dan memaksimalkan warna putih pada cat dinding atau juga furniture yang ada di rumah. Warna putih yang dominan akan memberikan ilusi rumah yang lebih lapang. Dan mampu membuat ruangan terlihat elegan. Gaya skandinavia ini bisa dikolaborasikan juga dengan desain modern minimalis unik.

5. Memanfaatkan area belakang rumah

Anda bisa memanfaatkan area dekat dapur yang biasanya ada di belakang rumah. Biasanya kebanyakan orang menjadikan area tersebut hanya untuk menjemur pakaian. Tapi anda bisa menambahkan dekorasinya di area tersebut. Buatlah spot yang nyaman selain untuk menjemur pakaian. Misalnya dibuat jadi tempat nongkrong bersama keluarga di rumah.

Baca Juga  20 Contoh Wallpaper Dinding Model Lingkaran

6. Memanfaatkan penempatan furniture

Pilihlah jenis meja makan yang minimalis. Lalu dekorasikan penempatannya dengan menempelkannya ke dinding. Selain fungsinya yang membuat ruangan menjadi agak luas, keindahan dari penempatan meja makan ini juga bisa jadi nilai plus untuk desain interior rumah kesayangan anda.

Memilih desain yang bisa diaplikasikan pada rumah anda yang bertipe 21 dan 36 memang susah-susah gampang. Karena banyak yang perlu diperhatikan. Dari mulai mencocokkan besar ruangan dengan furniture yang anda pilih. Belum lagi dengan biaya yang harus anda keluarkan. Tapi jika kita memiliki strategi yang jitu, biaya yang harus dikeluarkan pun bisa ditekan sebanyak mungkin.

Rumah anda indah, cantik, nyaman, tapi anda tak perlu menguras banyak jumlah tabungan. Anda juga bisa menambahkan variasi lainnya pada desain yang anda buat dengan menggunakan pernak pernik yang unik dan memiliki tema. Anda bisa memilih tema chic yang sekarang sedang kekinian. Atau vintage yang klasik. Demikian ulasan artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

Desain Interior yang Cocok Untuk Rumah Tipe 21 dan 36 Low Budget

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...