Desain Kabinet Kreatif Sebagai Furniture di Dalam Rumah – Di zaman sekarang kabinet menjadi salah satu elemen penting di dalam rumah, apalagi dengan banyaknya desain rumah minimalis yang mengandung unsur elegan walaupun ukuran rumah tidak terlalu besar. Bagi rumah yang berukuran kecil, dengan adanya kabinet akan sangat membantu. Agar rumah tidak terlihat sempit dengan banyaknya barang di dalam rumah. Kabinet bisa disebut dengan tempat penyimpanan barang di rumah.

Dahulu, kabinet hanya berbentuk rak yang memiliki banyak fungsi saja. Namun kini, seiring dengan semakin berkembangnya desain furniture dan ide arsitektur, kabinet juga nilai estetikanya sendiri. Kita bisa memilih beragam desain kreatif untuk kabinet yang ada di rumah. Baik kabinet di area ruang keluarga atau pun kabinet di area dapur. Bukan hanya dilihat dari bentuknya yang semakin berkembang dan beragam, tapi bisa dilihat dari teknik produksinya yang relatif murah.

Inilah Desain Kabinet Kreatif


Salah satu ruangan yang memiliki banyak barang yang membutuhkan kabinet adalah area dapur. Tentunya dengan desain yang unik tapi juga tetap memiliki banyak kegunaan. Berikut desain kabinet atau lemari dapur yang bisa anda contoh :

1. Desain minimalis maksimal

Sesuai dengan namanya, desain ini sangat cocok untuk anda yang memiliki area dapur yang tidak terlalu luas. Minimalis tapi dengan bentuk yang maksimal. Kabinet ini mengusung konsep panel yang akan lebih memudahkan kita untuk membuka tutup kabinet tersebut karena kabinet jenis ini memiliki pegangan yang konvensional. Desainnya minimalis hingga bisa mencapai langit-langit. Dan memiliki dimensi yang tidak terlalu lebar.

2. Desain kabinet yang memenuhi ruang dapur

Untuk anda yang memiliki area dapur yang luas, bisa memilih desain kabinet yang memenuhi ruang dapur. Dengan ukurannya yang besar dan juga menampung banyak sekali barang. Desainnya hampir mirip dengan desain minimalis namun dengan ukuran yang lebih besar dan menghabiskan area dapur.

Baca Juga  Inspirasi Kolam Renang Indoor Dalam Rumah yang Minimalis

3. Kabinet dapur dengan finishing kayu

Kayu menjadi salah satu unsur yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk sebagian furniturenya di rumah. Anda bisa memilih kabinet yang terbuat dari kayu ini dengan cat yang berwarna natural. Kabinet kayu ini akan mengundang kesan alami di dapur anda. Dan suatu waktu jika terjadi kerusakan atau goresan, akan lebih mudah diperbaiki.

4. Desain kabinet yang memanjang dan ramping

Biasanya orang-orang akan memilih kabinet yang memiliki bentuk ramping dan memanjang untuk ukuran dapur yang kecil sekali. Bentuknya pun bisa disesuaikan dengan bentuk dari ruangan dapur itu sendiri. Kabinet jenis ini akan menghemat tempat dan tidak memberi kesan sempit. Tapi, anda harus memilih peralatan dapur yang kecil atau tidak terlalu besar agar mudah ditata.

5. Kabinet yang memiliki banyak laci

Nah, untuk yang 1 ini anda bisa memilih bentuknya karena memiliki banyak fungsi. Jumlah laci yang banyak dengan ukuran yang berbeda-beda pastinya memiliki banyak kegunaan. Untuk laci-laci yang berukuran besar bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang memiliki jangka waktu yang panjang dan sesuai dengan ukurannya bisa menyimpan peralatan dapur yang berukuran besar. Sedangkan laci kecil biasanya digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu atau botol dan wadah.

Tips Desain Kabinet Bagus dan Unik

Desain kabinet yang bagus, unik, dan memiliki kesan mewah bisa dipilih berdasarkan bahan yang dipakai. Bahan marmer bisa menjadi pilihan yang menarik untuk desain kabinet anda di rumah. Kabinet yang memiliki variasi marmer ini akan membuat ruangan di rumah anda terlihat lebih berkelas.

Berikut beberapa desain kabinet yang bisa dibuat dari marmer :

1. Penerapan variasi marmer pada kabinet kamar mandi

Kabinet marmer di kamar mandi bisa di variasikan dengan bahan kayu. Bahan marmernya hanya di aplikasikan di bagian atas saja, sedangkan untuk bagian bawah bisa menggunakan bahan kayu dengan motif banyak laci. Westafelnya bisa ditaruh di bagian atas atau di area berbahan marmer tadi. Hal ini akan memudahkan anda karena bahan marmer merupakan bahan yang mudah dibersihkan atau dilap jika terkena air. Pilihan warnanya bisa menggunakan warna hitam, putih atau keduanya.

Baca Juga  20 Contoh Desain Rumah Melayu Sederhana

2. Kabinet ruang keluarga berbahan marmer
Ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang juga memerlukan kabinet. Modelnya minimalis dan sederhana. Kabinet jenis ini bisa untuk menyimpan Televisi, namun tidak terlalu banyak laci. Ukurannya bisa disesuaikan dengan ruangan. Jika anda lebih menyukai model yang tidak terlalu ribet anda bisa menambahkan 3-4 laci di area bawah kabinet. Tentunya dengan ukuran laci yang tidak terlalu besar.

3. Kabinet area dapur dengan marmer berwarna hitam

Kabinet dengan bahan marmer yang berwarna hitam bisa menjadi pilihan anda yang menyukai kesan misterius, elegan, atau seperti konsep kontemporer. Kabinet ini akan lebih baik digunakan untuk area dapur yang luas. Fungsi lain dari kabinet marmer berwarna gelap ini yaitu tidak mudah kotor. Warnanya yang gelap akan menyamarkan warna noda apapun hingga tidak terlalu sering dibersihkan seperti warna-warna cerah atau putih.

4. Kabinet kamar mandi berbahan marmer dengan kombinasi pintu swing

Masih berbahan marmer, anda juga bisa memilih kabinet dengan desain berpintu swing. Kabinet ini juga di variasikan dengan bahan kayu. Tapi ukurannya lebih kecil lagi. Kita bisa menonjolkan desain bagian bawahnya. Unsur kayunya diperjelas lagi dengan beberapa ukiran yang unik. Pilihan warnanya bisa warna coklat pekat yang memberi kesan mewah atau bisa juga vintage.

5. Kabinet pintu swing variasi marmer

Ukuran kabinet berpintu swing dengan sebagian areanya yang sengaja dibuat tidak berpintu biasanya dibuat dengan lebih kecil lagi. Seperti biasa bahan Marmer di bagian atas dengan ukuran lebih tipis. Desain ini biasanya digunakan untuk dapur tradisional karena desainnya yang lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat. Di bagian paling bawah bisa ditambah roda agar bisa dipindah-pindah dan memberikan kesan jenis kabinet portable.

Baca Juga  Model Gambar Teralis Minimalis Terbaru Untuk Jendela dan Pintu Rumah

Namun, seperti bahan-bahan lainnya kabinet berbahan marmer juga memiliki plus minusnya. Kelebihannya, kabinet ini memiliki investasi jangka panjang karena bahannya yang kuat dan keras hingga tidak mudah rusak. Daya tahannya pun bagus karena tahan panas. Sehingga untuk kabinet di area dapur tidak akan bermasalah jika bersentuhan dengan uap atau benda panas. Dan jika dilihat dari desainnya sudah pasti akan memberi kesan classy. Dan dibandingkan dengan bahan granit, bahan marmer ini akan lebih mudah dipotong. Sehingga sangat memungkinkan untuk beragam desain yang anda inginkan.


Sedangkan untuk kelemahannya, yaitu harganya yang lebih mahal dibanding bahan lainnya. Dan mudah terkena noda karena sifatnya yang berpori-pori besar. Kecuali jika anda mempertimbangkan pilihan warna gelap. Selain itu, pembuatan kabinet berbahan marmer ini juga membutuhkan tenaga yang profesional. Karena pembuatannya yang terbilang lebih sulit. Sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk hasil yang maksimal dan memberi anda kepuasan.

Desain Kabinet Kreatif Sebagai Furniture di Dalam Rumah

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...