Desain Kamar Mandi Modern dan Minimalis – Dalam memilih desain interior, pastinya kita sealu menitikberatkan desain pada interior ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar. Tak jarang kamar mandi selalu dipandang sebelah mata. Padahal, kamar mandi itu merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu rumah.

Coba bayangkan jika ada seseorang yang bertamu ke rumah kemudian ingin ikut ke kamar mandi? Jika kamar mandi nya acak-acakan, tidak terawat, bahkan kumuh, pastinya tamu tersebut akan berpikiran buruk pada anda selaku pemilik rumah.

Kamar mandi merupakan suatu tempat yang mempunyai fungsi utama untuk membersihkan tubuh. Bahkan, tak sedikit loh orang-orang yang menjadikan kamar mandi sebagai ruangan yang menghasilkan pemikiran dan ide-ide kreatif, tempat untuk merenung, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sudah sangat penting dan wajib untuk mendesain kamar mandi baik dengan kamar mandi bergaya modern atau bergaya minimalis.

Sebelum membahas desainnya, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis-jenis kamar mandi secara umum. Kamar mandi dapat dibagi dua menjadi kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Kamar mandi basah merupakan suatu ruangan yang terdiri dari bak/shower, kloset, dan mungkin wastafel tanpa sekat, jadinya ruangan tersebut akan selalu basah dan menyatu setiap perabotnya.

Berbeda dengan jenis kamar mandi kering dimana tempat mandi (shower, bak, kloset) dibuat terpisah dengan wastafel sehingga ada bagian ruangan yang selalu basah dan selalu kering.

Jenis kamar mandi basah cocok untuk ruangan yang kecil sedangkan jenis kamar mandi kering cocok untuk ruangan yang cukup luas karena membutuhkan dua ruangan (anda bisa memberi dua ruangan tersebut sekat dengan kaca, dan material penyekat lainnya). Jangan sampai berpikiran kamar mandi kering tidak cocok untuk ditempatkan pada model minimalis ya! Justru jenis kamar mandi ini dapat diaplikasikan pada dua desain kamar mandi baik modern maupun minimalis.

Baca Juga  Tips Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Jenis Kamar Mandi Modern
Desain interior modern merupakan desain yang identik dengan segala hal yang simpel, bersih, dan yang paling penting adalah mengikuti perkembangan zaman. Jadi, gaya modern itu selalu berubah-rubah, modern yang kita katakana bisa jadi berbeda dengan apa yang orang katakan beberapa tahun lalau atau beberapa tahun ke depan. Desain interior kamar mandi yang modern juga seolah-olah menuntut teknologi yang baru karena dalam penerapan konsep perabotnya harus efektif dan efisien.


Misalnya saja, dalam desain kamar basah ataupun kering, anda mendesain keran tempat keluarnya air namun disambungkan juga dengan tempat menggantung handuk. Selain itu kamar mandi berdesain modern juga sangat identik dengan dinding kaca atau menggunakan bahan dasar dari kaca. Menggunakan kaca akan sangat cocok ketika anda mengaplikasikannya untuk jenis kamar mandi kering yang cukup luas, kaca juga kerap dijadikan sebagai pembatas ruangan antara shower dengan wastafel.

Kamar mandi modern seperti yang telah disebutkan diatas, merupakan desain yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan membutuhkan teknologi. Oleh karena itu, pilihlah shower, closet, wastafel, atau bathub merupakan komponen yang wajib ada. Jika anda menggunakan bak penyimpanan air, malahan kesan nya jauh dari kata modern, mungkin bisa terlihat sederhana ataupun tradisional.

Konsep kamar mandi modern lainnya, biasanya dindingnya tidak banyak warna. Hanya cukup gunakan warna putih saja, kesan modern akan hadir. Jangan letakkan banyak perabot di kamar mandi nya karena hal tersebut akan memberikan kesan sempit. Anda juga memberi aksesoris yang bermotif dengan aksen modern, dan yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan ya!

Jenis Kamar Mandi Minimalis
Berbeda dengan desain interior bergaya modern, desain minimalis ini tidak terpaku oleh zaman. Minimalis secara bahasa berasal dari kata minimal yang artinya sedikit-dikitnya. Oleh karena itu desain kamar mandi minimalis ini lebih mengacu pada ruangan yang sederhana namun bukan berarti sempit, mempunyai suasana tenang, dan santai. Desain kamar mandi minimalis tidak boleh dirancang secara berlebihan, biasanya dicirikan dengan tidak adanya sekat dalam ruangan tak terkecuali pada kamar mandi.

Baca Juga  60 Desain Kamar Mandi Dengan Bathub Modern

Jenis kamar mandi yang cocok untuk desain gaya minimalis memang kamar mandi basah, namun tak sedikit juga rumah dengan konsep minimalis mengaplikasikan jenis kamar mandi kering, dan hasilnya? Not bad! Malah patut ditiru lho!

Karena minimalis intinya adalah memanfaatkan apa yang ada dalam suatu ruangan, jadi jika kamar mandi yang anda siapkan untuk didesain adalah ruangan yang kecil, tidak usah memaksakan untuk membuat kamar mandi yang besar dengan merombaknya ulang. Tapi, jangan khawatir! Banyak kok tips-tips akal yang membuat kamar mandi sempit menjadi terlihat lebih luas.

Perabot yang digunakan pada kamar mandi minimalis juga tidak menuntut inovasi, efektifitas, dan efisiensi. Anda tidak perlu menggunakan barang yang mewah atau yang kekinian, yang paling penting adalah fungsi dari perabot nya sendiri. Dengan begitu, pengeluaran budget untuk membuat kamar mandi tidak akan terlalu besar dibandingkan dengan kamar mandi modern. Itulah salah satu kelebihan kamar mandi berkonsep minimalis yang banyak diminati oleh orang-orang.

Kamar mandi minimalis tidak identik dengan kaca pembatas, biasanya desain ruangannya banyak dibuat unsur garis dan kotak-kotak. Tidak hanya itu, warna cat dindingnya juga biasanya terdiri dari dua warna maksimal, misalnya warna putih dan coklat, warna krem dan coklat, dan lainnya (cenderung memilih warna netral dan kalem).

Meskipun tadi disebutkan tidak mengikuti perkembangan zaman, namun perabot nya bukan berarti masih tradisional ya! Anda bisa menggunakan bathub, shower, closet, wastafel, dan lain-lain seperti kamar mandi modern.

Sama seperti konsep kamar mandi berdesain modern, anda juga harus tetap menjaga kebersihan dan estetika di kamar mandi. Pastikan kamar mandi anda terbebas dari kuman dan bersihkan secara berkala agar penghuni rumah yang menggunakannya merasa nyaman. Tidak hanya itu, agar orang yang bertamu ke rumah anda juga akan merasa nyaman ketika menggunakan kamar mandi nya.

Baca Juga  Panduan Memilih Motif Keramik Kamar Mandi

Piliha Mana ya? Konsep Minimalis atau Konsep Modern?
Sekarang, setelah diberi penjelasan singkat mengenai perbedaan konsep kamar mandi berdesain modern dan berdesain minimalis, seharusnya anda sudah bisa memilih mana desain da konsep yang cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi di rumah anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkannya juga dengan budget yang anda miliki.

Jika anda mempunyai budget yang rendah, akan lebih baik jika menggunakan konsep desain kamar mandi minimalis. Sebaliknya jika anda memiliki budget yang tinggi, memilih konsep desain modern juga tidak masalah. Namun, tentu saja semua itu kembali lagi pada selera dan pribadi masing-masing.

Itulah beberapa informasi mengenai desain kamar mandi modern dan minimalis. Jika anda masih kebingungan untuk memilihnya, alangkah lebih baik jika anda menggunakan jasa desainer interior untuk berkonsultasi. Jangan sepelekan nilai-nilai estetika yang terkandung dalam sebuah ruangan meskipun ruangannya adalah kamar mandi sekalipun. Selamat mencoba dan memilih!

Desain Kamar Mandi Modern dan Minimalis, Pilih yang Mana?

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...