Rumah selain menjadi tempat peristirahatan merupakan tempat untuk berkumpul antar anggota keluarga atau penghuni nya. Setiap ruangan di dalam rumah itu memiliki fungsinya, misalnya ruang keluarga yang memang difungsikan untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya ruang keluarga juga disatukan dengan ruangan TV atau ruang bersantai, biasanya disini tempat para anggota keluarga bercanda tawa, berkomunikasi dengan keluarganya, dan lain-lain.

Sama dengan ruangan-ruangan lainnya, ruang keluarga juga sebenarnya harus ditata sedemikian rupa agar menjadi suatu ruangan yang tidak hanya sesuai fungsinya sebagai tempat berkumpul keluarga saja, namun ruang keluarga juga harus ditata sedemikian rupa hingga mejadi suatu tempat yang nyaman. Tentu saja jika ruangannya nyaman, itu akan meningkatkan mood para penhuninya, sehingga kumpul keluarga pun menjadi sangat harmonis.

Salah satu desain ruang keluarga yang banyak digunakan dan banyak diminati orang adalah desain klasik. Desain interior klasik merupakan desain yang membutuhkan arsitektur atau ornamen interior yang sangat detail, biasanya desain interior klasik ini identik dengan rumah-rumah mewah. Biasanya, ketinggian langit-langit pada ruangannya berjarak 4 meter, memperlihatkan gaya kemegahan namun furniture nya klasik, dan lain-lain.

Salah satu hal yang paling penting dalam suatu ruangan keluarga bergaya klasik adalah aksesoris, misalnya adanya vas bunga yang besar, adanya lukisan dengan bingkai bergaya klasik berwarna emas, coklat, dan lain-lain. Biasanya orang-orang mencari aksesoris yang antik atau kuno untuk menambah nilai estetika klasik nya.

Tapi, bukan berarti alat-alat teknologi yang disimpan pada ruang tamu itu barang-barang yang antik lho! meskipun namanya klasik, tetap saja anda harus mengikuti perkembangan zaman apalagi dari segi furniture elektronik seperti televisi, dan lain-lain.

Ukuran ruang keluarga bergaya klasik tidak perlu luas kok, anda juga bisa menggunakan ruangan yang tidak terlalu luas, namun anda harus mampu melakukan penataan dari segi perabot, dan lain-lain. Tidak hanya itu, anda juga harus mampu menghidupkan suasana klasik dari barang-barang yang ada. Suasana klasik ini dipercaya dapat meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Ruang keluarga klasik ini juga bisa digunakan untuk berkumpul dengan keluarga lain di hari raya misalnya pada natal, idul fitri, dan hari raya lainnya.

Baca Juga  Penataan Ruang Keluarga Yang Simple Dan Minimalis

Tips Mendesain Ruang Keluarga Klasik

Lalu bagaimana tips dan trik yang benar untuk dapat mendesain ruang keluarga klasik? Mungkin anda bisa mengikuti rekomendasi kami dibawah ini,

1. Perabotan yang Sesuai
Karena namanya juga desain klasik, tentu saja anda harus menata dengan perabotan yang sesuai. Anda bisa memilih sofa dengan ukuran yang besar, carilah desain-desain yang memperlihatkan kesan klasik. Biasanya warna perabotan yang sesuai dengan tema klasik berwarna coklat muda, cream, merah, dan lain-lain.

Anda juga bisa meletakkan lampu yang berdesain klasik, TV yang besar, meletakkan karpet dibawah sofa atau kursi-kursinya, menyimpan vas bunga klasik yang cukup besar, dan mungkin meletakkan lukisan klasik.

2. Perhatikan Proporsi
Proporsi yang akan dibahas disini adalah dari segi warna dan motif. Tema klasik memang terkenal dengan beberap motif pada perabot atau wallpaper di dinding nya, namun meskipun begitu tetap saja anda harus bisa mengira-ngira apakah proporsinya sudah pas atau belum.


Jika anda kebanyakan menggunakan furniture dengan corak atau motif yang terlalu ramai, nantinya ruang keluarga akan malah terlihat ribet atau sumpek. Intinya, jangan berlebihan dalam memilih warna dan motif yang digunakan baik itu untuk dinding ataupun untuk furniture/perabot di ruang keluarga.

3. Sesuaikan Ukuran Furniture dengan Luas Ruangan

Tentu saja anda harus menyesuaikan ukuran furniture dengan luas ruang keluarga di rumah anda. Jangan sampai anda meletakkan furniture dengan ukuran yang terlalu besar sehingga penataannya tidak baik. Jangan sampai juga anda meletakkan furniture dengan ukuran terlalu mini sehingga akan memberikan kesan kopong atau kosong di ruangannya. Dimulai dari hal simpel saja, anda bisa menyesuaikan ukuran TV dengan ukuran ruangannya terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangannya.

Baca Juga  Barang-Barang Yang Wajib Ada Dalam Rumah Baru Kalian

4. Gunakan Cat Warna Terang

Terlebih lagi jika anda mempunyai ruang keluarga yang sempit, akan sangat baik jika menggunakan cat warna dinding yang terang, atau mungkin jika anda menggunakan wallpaper, pilihlah yang berwarna terang karena selain enak dipandang, ruangan sempit juga akan dapat terlihat lebih luas dari pada biasanya.

Warna yang terang juga dipercaya akan meningkatkan mood seseorang lho sehingga suasana hati bisa menjadi baik. Selain cat warna, alangkah lebih baik juga jika ruang keluarga ditempatkan dekat dengan jendela menuju luar agar matahari bisa secara alami menyorot ke ruangan ini.

5. Foto Keluarga

Karena namanya sendiri adalah ruang keluarga, merupakan hal yang wajib untuk anda meletakkan foto keluarga. Bisa dimulai dengan meletakkan foto ayah, ibu, kemudian anak-anaknya. Foto keluarga ini secara tidak langsung akan membuat kita semakin harmonis dan bersyukur telah diberi keluarga tersebut. Foto juga bisa digunakan untuk media bernostalgia lho! Cetak foto dengan ukuran besar dan bingkai dengan gaya yang klasik, dengan begitu suasana klasik akan lebih hidup.

6. Menyatu dengan Ruang Makan

Jika anda mempunyai ruang keluarga yang cukup luas, anda juga bisa menyatukannya dengan ruang makan. Suasana klasik dan suasana kekeluargaan akan lebi terjalin jika menggunakan konsep ini. Sambil makan, kita bisa berkumpul bersama keluarga yang mungkin sedang menonton TV, yang sedang bersantai, dan lain-lain. Namun, anda harus bisa menatanya dengan baik, anda juga harus rajin-rajin membersihkan ruang makannya secara berkala agar nantinya tidak ada kesan jorok.

7. Ukuran Sofa yang Besar dan Panjang

Agar lebih menjalin keharmonisan di ruang keluarga, salah satu hal furniture yang paling penting adalah sofa. Jika bisa, pilihlah sofa yang panjang dan besar sehingga nantinya anggota keluarga bisa berkumpul dan duduk-duduk di sofa itu, pastinya akan terasa kehangatan dan kedekatan antar anggota keluarganya kan? Anda juga bisa duduk bersama dengan anggota keluarga yang lain sambil menoton acara TV atau film favorit kesayangan.

Baca Juga  Interior Ruang Keluarga Gaya Kontemporer

Dalam mendesain ruang keluarga, alangkah baiknya kita melakukan perundingan terlebih dahulu pada semua anggota keluarga. Selain itu, sebaiknya ruang keluara diletakkan di tengah rumah agar dekat menjangkau ke ruangan manapun seperti ke ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang tidur, dan lain-lain. Akan lebih baik lagi ruang keluarga didesain dekat dengan jendela atau dekat dengan luar rumah agar tidak memberikan kesan terisolasi.

Beberapa tips diatas itu bisa anda aplikasikan untuk gaya desain ruang keluarga klasik. Jika masih kebingungan, tentu saja anda bisa berkonsultasi pada desainer interior. Jangan sampai salah menaruh furniture dalam ruang keluarga karena hal tersebut akan membuat suatu kesalahan yang fatal. Jadi, selalu hati-hati dalam mendesain interior ruang keluarga mengingat hampir aktiftas orang di rumah itu dilakukan di kamar masing-masing dan ruang keluarga.

Desain Ruang Keluarga dengan Suasana Klasik

rumah idaman:

    Rumah Eropa Klasik ruang tamu

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...