Dalam menawarkan produk-produk yang dijual, sebuah toko akan memerlukan rak display. Baik toko konvensional, minimarket, hingga supermarket, semuanya memerlukan rak display untuk memajang produk-produk yang dijual dengan tujuan memudahkan konsumen untuk memilih item-item yang ingin dibeli tanpa perlu menanyakan ketersediaannya pada pegawai toko karena semua barang telah terdisplay.

Rak display sangat membantu pihak toko maupun konsumen. Dengan menggunakan rak display, tampilan toko pun tampak lebih rapi dan bersih karena semua produk tertata dengan baik. Konsumen pun juga dapat memperkirakan total barang yang dibelinya mengingat item-item yang dipajang di rak sudah dilengkapi dengan label harga.

Harga Rak Display

Soal harga, rak display memiliki rentang harga yang berbeda-beda, tergantung pada bahan yang digunakan serta ukurannya. Semakin besar ukuran rak display, tentu harga yang dipatok akan semakin tinggi. Harga rak termurah pada tahun 2018 ini berada di kisaran Rp. 200.000,- dengan ukuran kecil.

Macam Rak Display Berdasar Fungsinya

Rak display yang digunakan memiliki macam yang berbeda-beda. Biasanya, pemilihan dan penggunaan rak difungsikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing toko. Berikut ini adalah macam-macam rak display yang tersedia :

1. Rak Snack

Aatau rak makanan ringan jenis ini sangat familiar ditemui di berbagai toko, mengingat fungsinya sebagai rak khusus memajang makanan-makanan ringan. Rak ini dilengkapi dengan semacam keranjang sebagai wadah dari makanan tersebut. Untuk toko kelontong biasanya rak seperti ini digunakan untuk mendisplay krupuk dan roti.

2. Wall Rak

Rak jenis ini menyatu dengan dinding toko dan membuatnya memiliki ketahanan display lebih dan biasanya digunakan untuk memajang produk-produk yang cukup perat. Contohnya, produk deterjen, pewangi pakaian, pampers bayi.
Wall Rak juga mudah ditemui di rumah-rumah dengan fungsi sebagai rak display untuk keperluan mempercantik interior ruangan, karena desain dari wall rak untuk rumah berkonsep minimalis tetapi elegan. Dapat digunakan meletakkan boneka, koleksi buku favorit, koleksi vas dan semacamnya.

Baca Juga  Tips Cara Membuat Lemari Sederhana

3. Corner Rak

Rak ini atau rak sudut, karena penempatannya memang berada di pojok dan umumnya menyatu dengan wall rak. Rak jenis ini dapat digunakan baik untuk toko maupun rumah.

4. Island Rak

Biasanya diletakkan di tengah-tengah toko untuk mendisplay berbagai macam produk dan peletakannya disesuaikan dengan jenis barang tersebut dan umumnya dibuat berderet. Contohnya, untuk deretan kebutuhan hygiene diri, maka barang yang terdisplay adalah sabun, pasta gigi, shampoo dan semacamnya.

5. Cross Bar Rak

Lebih familiar menyebutnya sebagai rak gantung. Rak yang satu ini memiliki fungsi untuk menggantunggan berbagai produk yang memang didesain dari pabrik untuk dapat digantung. Contohnya seperti sikat gigi, sapu, dan alat pel.

6. Rak Promo

Biasanya diletakkan di teras toko atau minimarket untuk memajang produk-produk yang sedang obral agar lebih mudah dilihat oleh konsumen. Selain di teras, rak promo juga selalu ditempatkan di dekat pintu masuk atau seberang kasir. Pada prinsipnya, tempat-tempat yang mudah dijangkau pelanggan.

7. COC Rak

Jika berbelanja ke toko, pasti sering melihat rak yang menyatu dengan meja kasir. Rak tersebut disebut dengan COC Rak. Biasanya digunakan untuk meletakkan produk-produk yang berukuran agak kecil dan mayoritas dapat terlewat bila mendisplaynya di island rak, seperti permen dan cokelat.

8. Duty Rak

Rak ini digunakan untuk menata stok barang digudang dan hanya terjangkau oleh pemilik dan pegawai toko.

9. Rak Koran

Rak ini biasa digunakan untuk mendisplay surat kabar, tabloid, kertas kado atau barang-barang sejenis yang sangat ringan.

Macam Rak Display Berdasar Bahan Pembuatnya

Selain berdasarkan fungsinya, rak display juga dapat dibedakan melalui bahan pembuatnya, di mana ada dua jenis, yaitu kayu dan baja ringan.

Baca Juga  Model Meja Rak TV Simple Sederhana Terbuat Dari Kayu

1. Rak display kayu
Rak jenis ini lebih banyak digunakan di rumah tinggal karena memang memiliki fungsi lebih dari segi estetika. Kayu yang digunakan bervariasi, mulai dari jati dan lainnya. Namun, masih banyak toko kelontong atau konvensional yang sudah tua karena rak kayu muncul lebih dulu dibandingkan rak baja ringan.

2. Rak display baja ringan
Sebagaimana baja ringan menggantikan fungsi atap rumah dari kayu, begitu pula dengan rak display kayu. Dengan kekuatan lebih dan anti rayap, rak dari baja ringan menjadi pilihan untuk toko-toko retail modern seperti minimarket dan supermarket untuk mendisplay produk jualan mereka.

Manfaat Menggunakan Rak Display

Banyak sekali manfaat menggunakan rak display untuk keperluan tempat usaha seperti toko selain membuat toko tampak lebih sistematis dan rapi. Manfaat-manfaat tersebut antara lain :
– Memudahkan mencari barang yang diperlukan karena barang-barang yang dijual ditata sesuai kategori produk. Baik bagi kunsumen maupun pegawai toko, hal ini sama-sama memudahkan.

– Meminimalisir kerugian konsumen. Sebagaimana permasalahan yang sempat marak beberapa waktu lalu bahwa beberapa minimarket menerapkan harga berbeda antara rak display dengan data di komputer, keputusan pun diambil yang mana harga di rak display itulah harga yang benar yang tentu menguntungkan konsumen karena harga di rak tersebutlah yang dilihatnya.

– Produk cepat laku. Secara otomatis, barang-barang yang terdisplay dengan baik akan meningkatkan minat belanja konsumen, sehingga mereka akan membeli item sebanyak mungkin, bahkan meski tidak terlalu membutuhkannya. Dengan demikian, pemilik toko pun sangat diuntungkan.

Tips Memilih Rak Display

Kebutuhan akan rak display sangat tinggi di masyarakat, baik perseorangan maupun badan usaha komersil. Bagi pemilik sebuah usaha, tentu tidak boleh sembarangan memilih rak display karena akan berpengaruh langsung terhadap kelangsungan usaha yang dimiliki. Untuk para pemilik atau pengelola, toko, berikut ini adalah tips dalam memilih rak display.

Baca Juga  Cara Kreatif Membuat Hiasan Kamar Dengan Barang Bekas

Jangan tergiur harga murah dan utamakan kualitas rak. Meskipun secara prinsip ekonomi pebisnis sebaiknya mengeluarkan dana seminimal mungkin, bukan berarti dapat membeli rak murahan. Rak yang murah dan berkualitas buruk akan mudah rusak atau bahkan roboh. Jika sampai terjadi, akan sangat merugikan konsumen maupun pegawai.

Untuk digunakan di toko, lebih baik memilih rak baja ringan saja karena memiliki kekuatan lebih dibandingkan rak kayu. Terlebih di lokasi bencana, karena baja ringan telah terbukti tahan terhadap gempa.

Gunakan jasa distributor agar bisa mendapatkan harga lebih murah karena untuk toko memerlukan cukup banyak rak display dan terlalu mahal jika harus membelinya di toko perabot konvensional. Terlebih, distributor memiliki pilihan rak yang lebih lengkap dari berbagai merk.

Pilih kombinasi rak yang prioritas. Bagi pemilik toko, tidak perlu membeli semua jenis rak yang ada, cukup pilih rak yang memiliki fungsi paling vital untuk dijadikan sebagai rak display. Terutama bagi yang memiliki luas toko terbatas. Rak display yang wajib ada adalah : wall rak, insland rak, dan rak promo.

Harga Rak Display Terbaru 2018

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...