Material Kayu yang Awet dan Cocok Untuk Furniture – Pencinta properti pasti sudah paham mengenai material kayu yang sangat penting sekali kedudukannya dalam membangun suatu bangunan yang kokoh, tentunya tak hanya itu saja ternyata material kayu dapat dijadikan sebagai berbagai macam furnitur. Apalagi jika seseorang dapat membuatnya sendiri, namun sekarang ini banyak sekali pembalakan liar di hutan, ini juga dijadikan sebagai catatan oleh pemerintah bahwa harus adanya pengawasan yang khusus.

Apalagi di zaman sekarang ini sudah sangat jarang sekali ditemukan hutan-hutan di kota, bahkan hampir punah keberadaannya di dalam kota. Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai kayu yang cocok untuk dijadikam furnitur, tapi dengan catatan jangan sampai hal ini dijadikan alasan sebagai pembalakan lisr di hutan, karena yang paling penting adalah menjaga ekosistem bumi.

1. Material Kayu Nyatoh

Dari namanya saja pasti sangat asing bagi sebagian orang, kayu jenis ini ternyata sangat cocok untuk dijadikan funitur rumah tangga, tidak hanya dalam rumah namun beberapa restauran pun sering menjadikan jenis kayu ini untuk dijadikan furniturnya. Kayu jenis nyatoh ini dapat ditemukan di hutan daerah Riau, Sumatra Utara. Harga jenis kayu nyatoh ini tidak terlalu menguras kantong.

Jika anda bermain ke daerah Riau, Sumatra Barat jangan lupa untuk mampir terlebih dahulu ke toko-toko mebel kayu untuk melihat jenis kayu nyatoh ini, jenis kayu nyatoh ini berwarna merah kecokelatan dan teksturnya sangat halus, oleh karena itu banyak restauran yang pengguna jenis kayu nyatoh sebagai furnitur di restaurannya. Kayu jenis ini juga sangat cocok dijadikan sebagai furnitur rumah tangga, karena teksturnya yang halus dapat menjadikan seseorang nyaman.

2. Material Kayu Sungkai

Jenis kayu sungkai ini pastinya sudah sangat populer bagi para pencinta mebel, pasalnya kayu sungkai ini hampir sama dengan jenis kayu jati. Dan kayu jenis sungkai ini tergolong ke dalam kayu premium. Para pegiat mebel hampir menyukai jenis kayu sungkai ini, walaupun tergolong kayu premium tapi tetap saja tidak menurunkan para pencinta mebel untuk membelinya.

Pasalnya kayu sungkai ini memiliki warna yang cukup terang dan ini sangat bagus sekali untuk dijadikan sebagai furnitur di dalam rumah, selain menampakkan kesan mewah kayu sungkai ini sangat kokoh dan kuat, dan tidak mudah dimakan rayap. Karena hampir setara dengan kayu jati harganya pun memang cukup menguras kantong, tapi hal ini tidak dijadikan masalah yang besar karena kualitas yang ditawarkan pun sesuai. Dan dominan orang yang membeli kayu jenis sungkai ini adalah golongan atas.

Baca Juga  Model Meja Rak TV Simple Sederhana Terbuat Dari Kayu

3. Material Kayu Jati

Jenis kayu jati memang sudah merajai jagat mebel di tanah air ini, pasalnya kayu yang tumbuh di hutan tropis kawasan Asia Tenggara ini tergolong kayu premium kelas atas. Tak ayal karena kualitas yang ditawarkan oleh kayu jati ini memang sangat bagus. Oleh karena itu banyak sekali pegiat bisnis yang bergerak di bidang mebel dan properti yang memesan jenis kayu jati.

Kayu jati memiliki warna merah kecokelatan dan apabila terkena paparan sinar matahari maka akan nampak seperti warna coklat muda, hal ini dikarenakan oleh lapisan minyak yang terdapat dalam kayu jati yang sifatnya tahan air. Jika anda menggunakan kayu jati sebagai furnitur rumah itu adalah pilihan yang sangat bagus, karena walaupun kayu ini tergolong ke dalam golongan premium tapi perawatannya sangatlah mudah dan sangat awet, jadi anda tidak perlu mengganti furnitur setiap bulan bahkan tahunnya. Hal itu dikarenakan kayu jati memiliki serat yang tebal dan anti bakteri.

4. Material Kayu Mahoni

Jenis kayu mahoni memang hampir setara kedudukan popularitasnya dengan jenis kayu jati. Pasalnya kayu berjenis ini walaupun sering diborong dalam gelondongan akan tetapi jika sudah diolah oleh para pengrajin kayu untuk dijadikan mebel maka hasilnya sangatlah bagus dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai furnitur di rumah tangga ataupun diluar itu.

Jenis kayu mahoni ini hampir serupa warnanya dengan kayu jati, walaupun kayu mahoni bukan tergolong ke dalam jenis kayu premium namun siapa sangka setelah diolah oleh para pengrajin kayu mebel, kayu ini harganya dapat mengalahkan kayu jati, karena setelah diolah menjadi furnitur jenis kayu mahoni sangatlah bagus dan berkelas, dengan warna kayu yang berwarna merah kecokelatan, dan serat kayunya pun halus.

Baca Juga  20 Contoh Wallpaper Dinding Model Lingkaran

5. Material Kayu Ramin

Jenis kayu ramin memang jarang diketahui oleh banyak orang, pasalnya jenis kayu ini tumbuh di Pulau Sumatra dan Kalimantan yang biasanya para pengrajin kayu tidak hanya mengolah jenis kayu ramin ini menjadi furnitur saja, namun sering kali ditemukan jenis kayu ramin ini sebagai veneer, bingkai dan sejenisnya. Kayu ramin ini memang tidak terlalu kokoh dan kuat.

Jenis kayu ramin ini warnanya seperti kekuningan dan ada warna putih dalam kayu tersebut. Karena jenis kayu ramin ini tidak terlalu tebal dan kokoh maka saat pengerjaan pengolahan furnitur kayu ramin ini sangat mudah pengerjaannya dan tidak memakan waktu yang lama, walaupun demikian kayu ini menawarkan tekstur yang rata dan sangat halus, oleh karena itu banyak juga pengrajin yang mengolahnya sebagai bingkai dan sebagainya.

6. Material Kayu Pinus

Jenis kayu pinus memang kayu sejuta umat, pasalnya jenis kayu ini sangat mudah ditemukan di toko-toko mebel dan bahkan di pasaran kayu ini sangat banyak ditawarkan. Banyak sekali pengrajin kayu yang menggunakan jenis kayu pinus sebagai bahan untuk dijadikan furnitur. Walaupun demikian kayu pinus tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika dibandingkan dengan kualitas kayu jati memang sangat jauh berbeda, karena dilihat dari harganya saja sudah jauh berbeda dan dilihat dari jumlahnya juga sudah jelas berbeda.

Jenis kayu pinus ini banyak diminati oleh banyak orang dan beberapa restoran makanan, karena dengan harga yg terjangkau ini anda dapat memesan kayu pinus dalam jumlah banyak untuk diolah menjadi furnitur, warna kayu pinus terkesan sedikit cerah, seratnya pun cukup halus, namun kekurangannya pun kayu ini cepat rapuh karena mudah terserang oleh jamur dan rayap. Dan selain harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan, kayu ini pun berkarakter lunak sehingga mudah saat diolah menjadi furnitur.

Baca Juga  20 Desain Lampu Hias dari Barang Bekas yang Unik

7. Material Kayu Lapis

Siapa yang pernah mendengar kayu lapis? Nama dari jenis kayu ini memang jarang terdengar dan diketahui banyak orang, namun secara tidak sadar bahwa banyak orang yang menggunakan jenis kayu ini, kayu olahan jenis kayu lapis adalah tripleks. Kayu yang diolah menjadi lembaran beberapa kayu dengan diberikan tekanan tinggi sehingga dapat menjadi sebuah tripleks yang ukurannya bervariasi.

Jenis kayu lapis ini sering digunakan sebagai furnitur yang sifatnya berada di dalam ruangan tertutup, seperti peralatan dapur, tempat tidur dan sejenisnya. Jenis kayu lapis ini cenderung datar dan tidak memiliki serat maka ketika diolah untuk dijadikan furnitur tentunya harus diberikan lapisan kayu di atasnya agar lebih kuat dan tidak terlihat sangat polos. Harga yang ditawarkan oleh jenis kayu lapis ini sangatlah murah dan cocok untuk dijadikan beberapa furnitur rumah tangga.

Ini Nih Material Kayu yang Awet dan Cocok Untuk Furniture di Rumah anda

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...