Desain Balkon Minimalis – Balkon merupakan ruangan terbuka menuju alam yang letaknya berada di rumah yang mempunyai lantai bertingkat. Biasanya orang-orang membuat balkon itu dengan tujuan estetika dan mereka ingin melihat pemandangan luar dari ketinggian tertentu.

Meskipun pada intinya balkon itu untuk melihat alam atau pemandangan sekitar rumah, banyak juga yang mengalihfungsikannya menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, tempat bersantai, tempat merenung, tempat muncul nya ide-ide cemerlang bagi beberapa orang, dan lain-lain.

Balkon juga bisa disebut mirip seperti teras hanya perbedaannya adalah lokasinya yang berada pada lantai dua, tiga, empat, dan seterusnya. Sangat penting lho untuk mendekorasi balkon itu! tidak perlu yang mewah-mewah, hanya desain balkon minimalis asalkan nyaman saja sudah cukup kok!

Biasanya banyak yang menjadi alasan kendala dalam mendesain balkon. Bingung untuk menentukan inspirasi balkon yang cocok? Tenang saja disini kami akan memberikan beberapa informasinya untuk anda semua!

Tips Inspirasi Desain Balkon Minimalis

1. Desain Perabotan Tempat Duduk

Siapa bilang tempat duduk hanya boleh ada di ruang tamu atau ruang keluarga saja? menempatkan tempat duduk seperti sofa dalam sebuah balkon juga merupakan hal yang penting dan kreatif lho! anda bisa menggunakan banyak desain tempat duduk dengan bantal nya.

Tips yang pertama ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjadikan balkon tidak hanya tempat untuk melihat pemandangan saja, namun anda juga bisa berkumpul dengan teman, keluarga, dan bersantai sambil meminum teh hangat di balkon ini.

Tidak perlu memilih tempat duduk dengan ukuran yang besar, cukup sesuaikan dengan ukuran dari balkon nya saja juga sudah cukup kok! Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna perabot tempat duduk nya dengan warna dinding balkon agar serasi.

Baca Juga  Desain Keramik Lantai Vinyl yang Lagi Trend

2. Desain Balkon dengan Wallpaper Dinding

Apa salahnya untuk menggunakan wallpaper dinding pada balkon? Anda bisa menggunakan wallpaper dinding bergaris horizontal dan vertikal, pilih yang simpel-simpel saja. Anda juga bisa memilih tema wallpaper nya sesuai dengan selera.

Namun, jika memang ingin menggunakan wallpaper, pastikan untuk memesan wallpaper dengan jenis tahan air mengingat balkon merupakan ruangan terbuka, takutnya jika ada hujan malah terjadi kerusakan dan membuat buruk interior balkon nya. Jangan berlebihan untuk memilih jenis wallpaper nya, disarankan jangan yang bergambar karena akan memberikan kesan tabrakan dengan pemandangan luar.

3. Desain Balkon dengan Meja Tengah dan Kursi

Ingin membuat balkon rumah mu terlihat lebih santai lagi? Tentu saja anda bisa menambahkan desain balkon dengan meja tengah dan kursi. Hanya dengan menambahkan dua kursi saja sudah cukup kok. Dengan begitu anda bisa melihat pemandangan di luar rumah sambil bersantai duduk-duduk dan mungkin sambil memakan cemilan.

Pilihlah kursi dan meja yang ramping agar untuk memindahkannya anda tidak akan kesusahan. Bahkan, anda juga bisa menggunakan kursi lipat dengan desain kayu yang artistik, toh harganya juga tidak terlalu mahal bukan?

4. Desain Balkon Taman Vertikal

Membuat taman tidak harus di depan rumah atau di dalam rumah saja, anda juga bisa membuat taman vertikal pada balkon minimalis rumah anda. Pasti dengan melakukan tips ini akan muncul kesan hijau dan sejuk yang terpancar dari balkon nya.

Hanya dengan menggunakan pot gantung atau menggunakan papan yang diberi siku pada dinding kemudian disimpan pot-pot kecil saja juga sudah menambah nilai estetika dari balkon nya lho! Jangan lupa untuk memilih bunga sesuai tema balkon minimalis yang ada. Anda bisa memilih jenis bunga yang berwarna-warni, jenis pohon kaktus, dan lain-lain. Jika anda sudah berkomitmen untuk membuat taman vertikal, sebaiknya selalu menyiramnya setiap hari dan jangan sampai bunga nya layu ya!

Baca Juga  Ini Nih Material Kayu yang Awet dan Cocok Untuk Furniture di Rumah anda

5. Desain Balkon dengan Kaca

Ternyata yang disebut balkon itu bukan hanya ruangan terbuka saja lho! Banyak yang membuat balkon dilengkapi dengan atap dan kaca sehingga jika anda ingin melihat pemandangan diluar, cukup mengintip dari kaca nya saja. Berbeda dengan jendela, kaca nya itu tidak diberi gorden dan ukurannya cukup besar.

Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika membuat balkon dengan jenis ini, salah satunya adalah ketika hujan anda tidak perlu repot-repot membereska atau mengepel balkon nya karena 100% aman dari hujan berkat ditutupi kaca dan atap.

6. Desain Balkon Material Kayu

Akan sangat cocok sekali jika mengaplikasikan material kayu untuk dibuat menjadi balkon. Namun, akan sangat tambah cocok jika pada dasarnya rumah yang anda buat juga lantai nya terbuat dari kayu sehingga nantinya memberikan korelasi yang cantik.

Gunakan kayu dengan kualitas terbaik agar tahan rayap dan kuat, dengan menggunakan desain balkon material kayu juga anda akan lebih menghemat budget lho karena tidak membutuhkan semen dan cat untuk membuat dinding. Desain menggunakan material kayu juga terlihat simpel namun berkelas, anda bisa menambahkan beberapa perabot tambahan seperti kayu, meja kayu, pot bunga, dan lain-lain.

7. Desain Balkon Pagar Kaca

Jika pada tips nomor 5 tadi adalah desain balkon dengan kaca, tips nomor tujuh juga tidak berbeda jauh namun kaca nya kali ini dibuat pagar, jadi desain balkon nya tetap dibuat terbuka seperti biasanya. Desain balkon pagar kaca ini biasanya diaplikasikan di apartemen atau hotel-hotel tertentu dan sangat cocok untuk jenis balkon minimalis.

Desain balkon pagar kaca ini juga banyak diaplikasikan pada rumah-rumah karena desainnya yang cantik. Pilihlah kaca yang sesuai, kuat, dan awet agar tahan akan adanya angin atau hujan besar.

Baca Juga  Desain Interior yang Cocok Untuk Rumah Tipe 21 dan 36 Low Budget

8. Desain Balkon Meja Bar

Membuat balkon dilengkapi dengan meja bar juga akan membuat balkon minimalis nya terlihat lebih modern lho! Anda bisa menambahkan kursi-kursi ramping di setiap meja nya. Biasanya desain balkon yang seperti ini sangat cocok digunakan pada balkon dengan ukuran persegi panjang.

Tidak perlu memilih balkon dengan meja bar yang terlalu besar dan mahal, hanya cukup dengan memilih meja satu warna saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat dekorasi balkon mu menjadi lebih cantik daripada biasanya!

9. Desain Balkon Pagar Logam

Desain balkon dengan pagar logam ini menurut survei sangat banyak diaplikasikan pada balkon rumahan. Alangkah baiknya jika menggunakan pagar logam yang tidak terlalu tinggi, carilah logam yang tidak mudah berkarat mengingat balkon selalu akan tersinari oleh matahari yang bersifat korosif dan dapat membuat karat pada logam-logam tertentu. Akan sangat bagus juga menggunakan logam berwarna stainless abu mengkilap untuk desain balkon nya lho!

Itulah beberapa sembilan tips desain interior mengenai inspirasi desain balkon yang mungkin bisa anda aplikasikan di rumah. Percaya atau tidak, interior desain balkon yang pas dan cocok akan membuat mood atau suasana para penghuni rumah juga menjadi bagus lho! Jadi, jangan sepelekan desain interior dalam rumah hunian mu ya!

Inspirasi Desain Balkon Minimalis Nyaman Untuk Penghuni Rumah

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...