Desain Garasi dan Teras di Depan Rumah – Dalam mendesain suatu rumah, tidak hanya melulu tentang interior dalam rumah saja seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar, ataupun kamar mandi. Namun, kita juga harus memperhatikan desain luar dari rumah tersebut diantaranya desain garasi dan teras di depan rumah apalagi jika anda mempunyai kendaraan yang harus diparkirkan depan rumah. Tentunya akan lebih aman jika memarkirkan mobil di garasi dibandingkan dengan tanpa garasi.

Teras juga merupakan suatu hal yang penting karena merupakan unsur dalam rumah yang pertama kali akan terlihat oleh orang-orang di luar. Oleh karena itu sudah sepatut nya kita memperlihatkan inspirasi desain teras depan rumah yang baik dan juga enak di pandang.

Kembali lagi ke garasi, lalu jika tidak mempunyai kendaraan apakah wajib mendesain garasi? Ya tentu saja jika anda mempunyai lahan lebih! Akan sangat lebih baik jika dibuat garasi, nantinya mungkin bisa dijadikan tempat menyimpan barang, dan bisa juga digunakan sebagai motivator supaya anda membeli kendaraan lho!

Nah, banyak orang-orang yang kebingungan dalam bagaimana seharusnya untuk mendesain suat garasi dan teras rumah. Yaa… bisa dibilang wajar saja sih karena dalam menentukan desain mana yang cocok itu cukup membingungkan. Tapi, jangan khawatir karena kami disini akan memberikan beberapa ulasan mengenai hal apa yang terpenting dalam mendesain garasi dan teras depan rumah. Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

Inspirasi Tips Desain Garasi

1. Perhatikan Tata Letak dan Ukuran Garasi

Tata letak garasi sangat penting untuk diperhatikan. Apakah garasinya akan diletakkan di depan rumah atau disamping rumah. Letak garasi idealnya terletak di depan rumah tepatnya di samping teras. Sebaiknya dalam memilih ukuran luas lahan garasi mobil, anda jangan membuat garasinya pas untuk satu mobil.

Baca Juga  20 Rumah Gaya American Farmhouse Yang Khas dan Membumi


Jika punya lebih lahan, alangkah baiknya jika melebihkan ukurannya. Biasanya ukuran garasi untuk mobil besar mempunyai ukuran kurang lebih 3 x 6 m sedangkan untuk mobil yang kecil ukurannya 2,4 x 4,8 m. Biasanya, garasi dibuat dengan ketinggian lebih rendah dibandingkan teras dan sejajar dengan ketinggian lantai rumah.

2. Perhatikan Warna Garasi

Alangkah baiknya jika menyelaraskan warna garasi dengan warna cat rumah. Atau jika anda bosan dengan warna cat rumah, bisa juga menggunakan kombinasi atau kreasi warna lainnya tapi harus tetap dipastikan bahwa warnanya masih berkorelasi dengan warna rumah tersebut. Sebagai saran saja, jangan gunakan warna yang gelap agar memudahkan anda jika akan memasukkan atau mengeluarkan mobil.

3. Perhatikan Lantai Garasi

Lantai garasi tersusun dari material-material tertentu, anda bisa memilih kramik dengan pori-pori sangat kecil misalnya material granit. Mengapa demikian? Harus diperhatikan dan diingat bahwa garasi adalah tempat menyimpan kendaraan (mobil/motor) dimana pastinya suatu saat akan terjadi tumpahan oli, dan lain-lain.

Jika anda memilih material yang cocok, tentu dalam membersihkan atau mengantisipasi hal-hal tersebut juga akan sangat mudah. Jangan lupa untuk memilih aterial yang bertekstur sehingga terhindar dari permukaan yang licin ya!

4. Jenis Garasi

Setidaknya ada dua jenis garasi yang bisa anda pilih, yaitu garasi dengan jenis terbuka dan garasi dengan jenis tertutup. Alangkah lebih baik untuk memilih garasi jenis tertutup karena dari segi keamanan lebih aman baik dari debu, maling, goresan, dan lain-lain. Namun garasi terbuka juga biasanya memperlihatkan interior yang menarik juga. Untuk garasi terbuka, anda bisa menggunakan kanopi agar kendaraannya tidak kepanasan.

Inspirasi Tips Desain Teras

1. Ukuran Teras dan Tata Letak
Sebelum memilih desain teras yang tepat dan sebelum membangun teras, lebih baik untuk menentukan ukuran dan tata letak teras nya terlebih dahulu. Apakah akan dibuat full sampai ke pagar rumah, atau diberi lahan kosong untuk nantinya dibuat taman dari pagar teras tersebut.

Baca Juga  Model Teras Rumah Minimalis Sederhana Modern

Anda juga harus menyesuaikan lokasi teras dengan garasi, idealny lokasi teras itu berada di sebelah garasi rumah agar tidak mengganggu keluar masuk kendaraan. Biasanya teras juga dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan garasi rumah.

2. Pemilihan Furniture yang Tepat

Furniture dalam teras tidak perlu banyak-banyak, hanya dengan tempat duduk, sofa, dan meja saja sudah cukup kok. Namun, biasanya yang menjadi kesulitan adalah memilih desain furniture seperti warna, bentuk, dan lain-lain. Anda bisa mencocokkan desainnya dengan warna rumah, material lantai teras, disesuaikan dengan konsep rumah (misalnya minimalis, rusic, kontemporer, dan lain-lain). Anda juga bisa menambahkan dekorasi dinding agar terlihat berbeda dari teras rumah lainnya, menggunakan barang-barang bekas, dan lain-lain.


3. Lebih Hijau dengan Pot Bunga

Ingin mempunyai taman di depan rumah tapi tidak ada lahan? Anda juga bisa kok membuat desain teras yang seolah-olah menjadi taman dengan meletakkan beberapa pot bunga di teras depan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekor nya, anda bisa membuat taman vertikal, taman dengan pot gantung, dan lain-lain.

Pilihlah bunga yang cocok untuk dipajang didepan, dengan begitu suasana rumah akan terasa lebih sejuk dan segar lho! Namun, jika anda berencana untuk menanam tanaman dalam pot, pastikan diletakkan pada bagian teras dengan penyinaran matahari yang pas ya!

4. Perhatikan Warna

Tidak hanya dalam tips mendesai garasi saja, namun warna dinding dalam suatu teras itu juga sangat penting. Anda bisa memilih warna yang disesuaikan dengan dinding rumah. Sebaiknya memberikan warna yang cerah agar terkesan ceria, lebih lapan, dan enak di pandang. Warna cat dengan warna cerah juga akan memantulkan cahaya sehingga dari kejauhan rumah akan terlihat bagus dan bersinar.

Baca Juga  Desain Teras Rumah Cozy Abis untuk Menghidupkan Rumah

Setelah memperhatikan tips-tips inspirasi desain garasi dan teras depan rumah diatas, kini saatnya untuk memilih desain mana yang pas dan cocok. Di Indonesia sendiri, banyak yang menggunakan desain teras dan garasi minimalis. Kelebihannya, budget yang dikeluarkan tidak besar, lebih simpel untuk mendesainnya, dan tidak membutuhkan ruangan yang cukup luas.


Selain dengan desain teras dan garasi minimalis, untuk rumah di kawasan elit biasanya menggunakan desain modern atau kontemporer dengan warna yang cerah. Konsep desain ini didukung dengan bangunan rumah yang megah dan ukuran lahan yang besar.


Selain desain, konsep pagar juga sangat penting lho dalam membuat garasi dan teras, apalagi jika garasi nya jenis terbuka. Akan sangat cocok jika rumah anda menggunakan pagar untuk segi keamanan dan estetika, entah pagar nya langsung menyatu pada teras, diberi jarak beberapa meter, dan lain-lain.

Jika masih kebingungan dalam mendesain teras dan garasi di depan rumah, alangkah baiknya anda mengkonsultasikn pada desainer interior. Jangan sepelekan desain dua unsur didepan rumah yang satu ini karena letaknya yang ada di depan rumah akan menjadikan kesan pertama atau first impression seseorang memandang rumah anda. Jadi, tunggu apalagi! segera desain teras dan garasi rumah sebaik mungkin!

Inspirasi Desain Garasi dan Teras di Depan Rumah

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...