Kamar Tidur untuk Anak – Buah hati merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga dan dididik dengan baik agar menjadi pribadi yang dewasa dan berguna kelak. Mungkin bisa dibilang usia anak dari umur 1 – 10 tahun adalah usia dimana anak sedang lucu-lucunya, berkembang, mengeksplor segala hal yang ada, dan kaingintahuannya sangat besar. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harusnya memfasilitasi mereka, dimulai dari hal kecil saja misalnya mendesain kamar tidur.

Desain kamar tidur anak tidak perlu yang mewah atau dibuat seluas mungkin, cukup dengan desain yang sederhana namun sesuai fungsinya saja sudah cukup. Pada dasarnya memang kamar tidur merupakan ruangan yang digunakan untuk beristirahat, namun seharusnya anda sebagai orang tua juga mempertimbangkan fungsi lain seperti memanfaatkan kamar tidur menjadi ruangan belajarnya, ruangan dimana ia dapat bermain bersama mainan atau bonekanya, dan lain-lain.

Jangan heran dan jangan dimarahi jika anda mendapati kamar tidur anak yang berantakan, karena memang wajar saja di masa-masa tersebut anak-anak selalu mengeksplor apa yang ada dalam ruangan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menyisakan banyak ruang luas pada kamar anak, jangan dipenuhi dengan furniture-furniture terlalu banyak karena biasanya anak akan lebih suka mempunyai kamar dengan area bermain yang luas.

Sebagai saran saja, jangan mendesain kamar tidur anak dengan gambar action figure, kartun, atau yang sifatnya sangat anak-anak sekali. Mungkin memang anak anda akan lebih menyukai desain kamar yang seperti itu, namun jika anda berpikir panjang, tentu anak anda akan semakin dewasa dan tidak akan menyukai kartun seperti waktu kecil, malahan semakin dewasa umurnya, semakin malu ia jika masih mengunakan kamar yang didesain bergambar tokoh kartun.

Baca Juga  40 Model Furniture Kamar Tidur Minimalis

Hal tersebut juga akan menguntungkan anda sebagai orang tua, pasalnya anda tidak perlu mengubah kamar tidur ketika anaknya sudah semakin dewasa, anda bisa berhemat dan mengalokasikan dana yang tadinya mengganti konsep desain kamar anak pada kebutuhan yang lain. Lalu, inspirasi kamar mana yang cocok dan pas untuk anak anda? Masih bingung juga? Berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi yang menarik.

Inspirasi Kamar Tidur Anak Sederhana Membuat Anak Semakin Nyaman

1. Desain Minimalis dengan Meja Belajar

Desain minimalis untuk kamar tidur anak tidak membutuhkan tempat yang luas. Meja belajar merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan adanya meja belajar pembelajaran akan semakin terarah, anda bisa juga menyimpan berbagai buku bacaan, alat tulis, atau mungkin laptop agar anak-anak bisa menggunakannya sendiri.

Namun untuk laptop sendiri, sebaiknya anda membatasi pemakaian karena anak yang hanya melihat laptop di kamarnya bisa menjadi lebih pasif dalam mencari berbagai informasi didalam buku.

Usahakan untuk selalu belajar misalnya membaca buku di meja belajar atau di kamar anak anda sehingga lama kelamaan anak anda akan terbiasa untuk hidup disiplin. Tidak perlu menggunakan tempat tidur yang besar-besar untuk kamar anak, anda bisa meletakkan tempat tidur yang cukup untuk satu orang namun jangan yang terlalu tinggi, hal itu digunakan untuk mencegah jatuhnya anak ketika tidur.

2. Desain Kamar Anak Luas dengan Spot Bermain

Jika anda mempunyai ruangan yang luas dan memang akan digunakan untuk membuat kamar anak, alangkah baiknya jika menyisakan tempat yang dikhususkan untuk menjadi tempat bermainnya. Buat lah spot bermain sederhana di kamar tersebut, simpan semua mainan yang dimiliki oleh anak anda, biarkan anak anda bermain di kamarnya. Dengan begitu anak anda tidak hanya akan menjadi nyaman dan betah saja ketika diam didalam kamar, namun dijamin deh kecerdasan dan daya imajinasinya akan bertambah.

Baca Juga  Mendesain Kamar Anak Remaja 'Zaman Now'

Kebingungan memilih spot bermain seperti apa? anda bisa tanyakan apa hobi dia, berikanlah mainan yang edukatif pada mereka. Membuat spot bermain di kamar anak yang luas juga dapat meminimalisir tingkat keberantakan di ruang-ruang lainnya lho. Teman-teman anak anda yang berkunjung juga bisa diajak bermain di kamar ini sehingga aktivitas anak akan lebih terlihat dan terkontrol oleh orang tua.

3. Desain Kamar Anak Kreatif dengan Dinding Tulis

Pastinya anda selalu jengkel jika anak-anak anda menjadikan media dinding atau tembok untuk menggambar entah menggunakan kapur, spidol, dan lain-lain. Nah, untuk mengatasi hal seperti itu, mengapa tidak kita memberikan mereka media yang memang dibuat untuk menggambar?

Buatlah dinding yang memang dirancang untuk tulisan atau gambaran, misalnya di kamarnya. Eits! Anda bisa membuat dindingnya seperti papan tulis lho, dengan begitu anda tidak akan mendapati anak mencorat-coret dinding rumah lagi.

Memang wajar jika anak-anak sangat suka untuk menulis di dinding, entah menulis apa entah menggambar apa, namun hal tersebut adalah ternyata bermanfaat lho bagi otak si anak, kreativitas dan imajinasinya akan meningkat seiring berjalannya waktu. Jadi, buatlah dinding tulis yang memang bisa dihapus ketika sudah dipakai, dengan begitu anak akan senang dan beban orang tua untuk membersihkan dinding juga ringan.

4. Desain Kamar Serba Biru Untuk Si Ganteng

Mempunyai anak laki-laki? Mengapa tak membuat desain kamar yang serba biru saja, mungkin anda bisa memulai dengan warna dinding kamar nya. Biru menunjukkan sifat maskulin dari seseorang, bisa disebut warna yang cocok juga untuk semua kalangan namun menurut penelitian ternyata anak laki-laki lah yang dominan menyukai warna biru.

Baca Juga  Desain Kamar Tidur Sederhana Ala Anak Kost Yang Murah Meriah


Jika terlalu terlihat monoton, anda bisa mencampurkan warna biru dengan warna lainnya, misalnya saja dinding berwarna biru sedangkan furniture nya diberi warna putih, dan lain-lain.

5. Desain Kamar dengan Lemari Boneka Untuk Si Cantik

Jika anda mempunyai anak perempuan, tak heran jika ia sangat menyukai boneka. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita mempersiapkan lemari boneka untuk menyimpan boneka-boneka yang mereka punya. Dengan begitu secara tidak langsung anda telah mengajarkan kedisiplinan dan kerapihan karena nantinya anak-anak akan terbiasa menyimpan barang sesuai tempatnya. Dengan begitu, kamar anak tidak akan berantakan dan terlihat lebih tertata.

6. Desain Kamar dengan Mainan Lego

Lego adalah mainan yang tidak hanya disukai oleh kalangan anak laki-laki saja lho! tak sedikit anak perempuan yang menyukai jenis mainan ini. Bahkan, orang dewasa pun banyak yang masih menyukai mainan ini. Ternyata dengan bermain lego, anak anda akan lebih terlatih daya kreatifitas, strategi, dan kepintarannya. Mainan lego yang telah tersusun dan berhasil dirancang bisa anda simpan di lemari atau meja belajar, tentu akan menambah nilai estetika suatu desain kamar anak.

Itulah enam rekomendasi desain kamar anak yang sederhana namun sangat bermanfaat untuk diaplikasikan. Tentu akan sangat lebih baik juga jika anda merundingkan dengan anak terlebih dahulu desain seperti apa yang mereka inginkan untuk kamarnya, tapi anda juga tetap harus mempertimbangkan manfaat dan fungsinya. Selamat mencoba!

Inspirasi Kamar Tidur untuk Anak yang Sederhana

Keywrods:

    membuat kamar anak laki usia 10tahun secara sederhana

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...