Ruang keluarga merupakan ruangan yang mempunyai fungsi utama untuk berkumpul dengan keluarga. Tidak hanya keluarga inti yang mendiami suatu rumah saja, namun keluarga besar yang mungkin sewaktu-waktu ikut berkumpul ketika ada perayaan tertentu misalnya pada hari natal, hari raya idul fitri, imlek, dan perayaan lainnya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika ruang keluarga diberi perhatian secara khusus dari segi desain, interior, peletakan perabot, luas nya, dan lain-lain.

Ternyata, suatu desain interior ruang keluarga itu akan mempengaruhi penghuninya. Desain interior keluarga yang ditata secara salah dan asal-asalan dapat membuat keluarga menjadi tidak harmonis, suasana hati buruk, bahkan yang paling parah lagi bisa-bisa untuk berkumpul di ruang keluarga saja rasanya bisa malas sekali. Sebaliknya, jika anda menata ruang keluarga semaksimal mungkin dengan memperhatikan nilai estetika, malah anggota keluarga tersebut bisa semakin erat, semakin harmonis, dan semakin kompak.

Interior ruang keluarga yang favorit salah satunya adalah interior ruang gaya kontemporer. Apa itu desain interior kontemporer? Yuk kita bahasa secara singkat terlebih dahulu. Desain interior kontemporer adalah interior yang fleksibel, dapat memadukan berbagai gaya dan variasi yang ada. Kontemporer sering disebut-sebut merupakan gaya yang sama dengan modern, padahal desain modern itu merupakan desain yang mengikuti pola yang ketat dan seolah-olah telah ditentukan.

Salah satu unsur yang harus ada dalam suatu ruangan yang didesain kontemporer adalah lantai terbuka, menyatukan cita rasa interior menjadi dalam satu ruangan. Desain ini juga sering disebut dengan istilah mid century modern. Biasanya, ruangan kontemporer didominasi oleh banyak garis yang kontras dan juga ramping, penggunaan unsur beludru, linen juga sangat direkomendasikan misalnya pada bantal sofa di ruang keluarga. Warna yang digunakan dalam membuat ruang keluarga berjenis kontemporer biasanya menggunakan warna yang cerah.

Baca Juga  Desain Ruang Keluarga dengan Suasana Klasik


Nah, unik dan bagus nya lagi, ternyata ruang keluarga yang didesain dengan gaya kontemporer itu dipercaya dapat membuat keluarga anda menjadi lebih dekat dan kompak lho. Namun tentu saja jika anda akan membuat ruang keluarga kontemporer, tetap harus menyesuaikan dengan konsep rumah anda, dengan kata lain rumah anda juga harus menggunakan desain interior kontemporer untuk ruangan-ruangan lainnya. Bagaimana saja ya inspirasi atau tips untuk membuat ruang keluarga dengan gaya kontemporer? Yuk kita simak pembahasannya dibawah ini!

Inspirasi Ruang Keluarga Kontemporer: Tips Memilih Warna

Warna merupakan hal yang sangat penting bagi semua desain interior, tak terkecuali pada desain interior bergaya kontemporer. Seperti yang telah dijelaskan diatas, gunakanlah warna yang cerah. Jika anda akan memadukan warna gelap, lebih baik anda memadukannya dengan warna yang cerah sehingga memberikan kesan yang juga cerah. Tidak perlu menggunakan warna putih, hitam atau coklat saja.


Anda juga sebenarnya bisa memadukan banyak warna seperti biru, hijau, hingga warna pink. Tapi ingat, jangan sampai memilih warna-warna tersebut dengan tipe yang mencolok, tetap pilih warna yang soft seperti warna pink pastel, biru pastel, hijau pastel, dan lain-lain.

Akan sangat bagus lho jika anda memadukan warna yang gelap dengan warna yang cerah. Misalnya dinding yang anda gunakan adalah warna hitam keabuan, namun perabotan yang anda gunakan banyak didominasi oleh warna putih, biru, hijau, dan warna-warna cerah lainnya. Dengan begitu ruang keluarga yang dihuni akan memberikan kesan yang tetap cerah meskipun menggunakan warna dinding yang gelap (hitam abu-abu).

Sesekali pada beberapa perabot mungkin anda juga bisa menambahkan warna merah karena akan memberikan kesan ceria, menarik perhatian, dan kuat tapi jangan terlalu banyak menggunakan warna merah ya, hanya beberapa perabot saja.

Baca Juga  30+ Model Lampu Baca Berdiri Dengan Bentuk Menarik

Inspirasi Ruang Keluarga Kontemporer: Tips Memilih Perabot

Tentu saja dalam sebuah ruang keluarga, harus ada beberapa perabot yang mendukung. Begitu juga jika anda memilih desain kontemporer, sudah sepatutnya menggunakan perabot dengan desain mendukung kontemporer. Misalnya dalam pemilihan sofa, pilihlah sofa dengan desain mid century agar terlihat lebih kuat kesan kontemporernya.

Tidak hanya itu, dari segi aksesoris seperti lampu hias, etalase, dan lainnya juga harus disesuaikan. Anda juga bisa menggunakan karpet bermotif garis-garis, atau motif lainnya untuk memberikan suasana hangat dalam ruangan tersebut.

Tidak hanya bicara bentuk saja, namun anda juga harus memilih sesuai dengan ukuran ruangan yang tersedia. Jangan sampai anda memilih perabot dengan ukuran yang besar tapi ruangan keluarga nya kecil, nantinya hal tersebut akan memberikan kesan yang tidak baik, kesan yang sumpek atau malah ruangan keluarga bisa terlihat lebih sempit daripada biasanya.

Warna perabot juga merupakan hal yang sangat penting, anda bisa menyesuaikan komposisi warna dengan dinding ruang keluarga nya. Tidak harus memilih warna senada dengan dinding, namun pilih lah warna yang memberikan kesan cerah pada ruangan tersebut.

Inspirasi Ruang Keluarga Kontemporer: Open Plan, Why Not?

Maksudnya open plan disini adalah anda bisa menghubungkan ruang keluarga nya dengan tanah terbuka diluar rumah bergaya kontemporer. Tentu saja tidak hanya suasana kekeluargaan atau kebersamaan saja yang nantinya akan hidup dalam ruangan tersebut, namun suasana hijau, dekat dengan alam, sejuk pun akan merangsang pikiran dan tubuh anda lho!


Konsep ruangan open plan ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai lahan taman luas di belakang rumah, di pinggir rumah, atau di depan rumah. Jika anda hanya mempunyai lahan kecil, sebaiknya tidak menggunakan konsep open plan ini karena takutnya malah terlihat aneh. Konsep open plan ini juga berarti membuat ruang keluarga yang lebih tersorot pencahayaan alami dari matahari, anda bisa menggunakan jendela besar dengan gorden sehingga di malam hari anda tetap bisa menutupnya.

Baca Juga  20 Ruang Keluarga Bergaya Bohemian Yang Edgy

Inspirasi Ruang Keluarga Kontemporer: Tips Material Ruangan

Anda bisa menggunakan dinding tembok seperti biasa atau bisa juga menggunakan wallpaper, namun harus diingat penggunaan wallpaper jangan lah berlebihan, gunakan motif atau corak yang cocok, tidak berlebihan apalagi jangan sampai anda menggunakan wallpaper dengan gambar orang atau gambar suatu tempat karena hal itu akan memberikan kesan norak bagi ruangannya.

Tidak hanya wallpaper, anda juga bisa menambahkan aksesoris pada plafon atau langit-langit, menggunakan lampu gantung yang megah, dan lain-lain. Bagian lantai akan lebih baik jika dibuat polos dengan finishing yang cantik sehingga akan memberikan kesan minimalis dan unik, mungkin anda bisa menggunakan lantai ubin porselen, marmer, kayu, dan lain-lain. Finishing yang cantik pada lantai akan memberikan kesan mewah meskipun menggunakan materia polos.

Buatlah ruang keluarga senyaman mungkin dan sesuai dengan fungsinya, anda juga bisa menyatukan ruang keluarga dengan meja makan atau ruang makan lho agar ketika makan anda bisa menonton TV di ruang keluarga, dan tetap bisa berinteraksi dengan penghuni rumah anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan dekorasi terbaikmu untuk ruang keluarga bergaya kontemporer!

Interior Ruang Keluarga Gaya Kontemporer

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...