Jenis dan Bentuk Jendela Rumah – Rumah yang nyaman dan asri adalah idaman setiap orang. Kenyamanan rumah dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pencahayaan, kebersihan, nilai estetika, dan sirkulasi udara. Jendela rumah selain berfungsi sebagai pertukaran udara dan sinar matahari juga dapat memberi kesan estetik secara visual.

Pemilihan jenis dan bentuk jendela yang tepat akan memperindah desain interior rumah anda. Ada berbaga macam jenis jendela yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan mengaplikasikannya. Disini saya akan membahas 6 jenis dan bentuk jendela yang wajib anda ketahui. Yuk langsung saja kita ke pokok bahasannya!

Inilah Jenis-jenis dan Bentuk Jendela Rumah

Pertama, stationary window yaitu jendela yang tidak bisa dibuka dan biasanya terletak di sudut ruangan. Rumah dengan gaya kontemporer yang kaya dengan unsur kaca biasanya menghadirkan jendela seperti ini. Kesan dari jendela ini adalah modern minimalis yang merupakan identitas visual interior rumah. Jendela jenis ini cocok diaplikasikan di kamar mandi karena tidak terlalu membuthkan sirkulasi udara tetapi juga ruangan terkesan hidup.

Kedua, casement window yaitu jendela yang bisa dibuka dengan engsel di bagian samping, sehingga jendela bisa dibuka selebar mungkin. Tidak ada sekat maupun pembatas dalam pembukaan jendela ini. Pertukaran udarapun bisa lancar, tapi jika ada angin besar sebaiknya jendela ini ditutup karena dapat meimbulkan hentakan keras. Jendela dengan engsel diatas disebut awning window sedangkan jendela dengan engsel dibawah disebut hoppers.

Ketiga, picture window adalah jendela yang tidak bisa dibuka dengan ukuran yang relatif besar. Pada umumnya jendela ini digunakan untuk rumah kaca atau rumah dengan pemandangan yang menarik, bahkan ada beberapa yang mengusung konsep wall window sehingga seluruh kegiatan dirumah dapat terlihat dari luar. Beberapa orang mungkin kurang suka dengan jenis jendela ini karena kegiatan di dalam rumah yang bersifat pribadi dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga  Model Aksesoris Batu Alam Untuk Mempercantik Rumah

Pada umumnya jenis ini diaplikasikan pada vila-vila dipegunungan yang mempunyai nilai estetika tinggi yaitu pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dengan jelas, menikmati gemercik hujan dari dalam ruangan dan berbagai panorama lainnya. Ini merupaan suatu konsep dari para perancang arsitektur interior yang mempunyai unsur beautiful view.

Keempat, double-hung, ini adalah jenis jendela yang memiliki dua daun jendela dengan ukuran yang tidak selalu sama. Jendela ini dapat dibuka dengan cara digeser ke atas dan kebawah. Seperti picture window yang diusung karena pemandangan yang menarik jendela ini cukup besar untuk menikmati panorama yang indah diluar ruangan. Jendela jenis ini cocok diaplikasikan di kamar atau ruang santai keluarga. Anda bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga sambil menikmati pemandangan dari luar rumah. Atau sambil santai minum kopi anda bisa menikmati segarnya udara di pagi hari.

Kelima, single-hung, berbeda dari double hung, jendela ini hanya memiliki satu daun jendela yang bisa dibuka kebawah dan keatas. Jendela ini biasanya dibuat pada rumah dengan gaya modern minimalis, yang tidak terlalu luas eksterior dan interiornya.


Jendela ini cukup untuk mendapatkan sirkulasi udara yang nyaman dengan membukanya setiap hari. Modelnya yang simpel menjadi hal yang mudah untuk diterapkan pada setiap huniah. Desainya yang simpel memberi kesan yang rapi dan hudup. jendela jenis ini cocok diaplikasikan di ruang tamu karena cukup minimalis dan tidak crowded.

Keenam, sliding, jendela ini dibuka dengan cara menggeser ke kanan maupun kekiri. Terdapat dua atau tiga daun jendela yang bisa digeser satu dengan yang lainnya. Anda bisa mengaplikasikan jendela ini di kamar, dapur maupun ruang santai.

Baca Juga  Memilih Model Pintu Daun Kayu Minimalis

Anda bisa menikmati saat bersantai dengan sirkulasi dan pencahayaan yang cukup. Sembari memasak anda dapat melihat pemandangan dari luar rumah baik itu dari taman samping rumah maupun kebun belakang rumah sehingga kegiatan memasak menjadi tidak membosankan.

Ada berbagai faktor dari jendela yang mempengaruhi kenyamanan anda seperti jumlah daun jendela, cara membuka dan menutupnya dan ukuran jendela. Hal itu disesuakan dengan luas bangunan, eksterior tempat secara fungsional. Bangunan rumah yang luas dan mempunyai pemandangan menarik seperti vila di pegunungan sangat cocok jika diaplikasikan dengan jendela picture window dengan tujuan wisatawan yang menginap dapat puas menikmati panorama pegunungan yang hijau dan asri.

Selain faktor fungsional, faktor estetik atau keindahan juga berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni rumah. Seperti pemberian korden dengan warna yang selaras dengan interior juga akan memperindah tampilan jendela. Jika korden diikat rapi akan memperjelas suasana perpaduan interior dan eksterior ruangan secara kasat mata. Anda juga bisa menambahkan vas bunga disampng jendela yang akan menampah citra pada jendela.

Keberadaan jendela memberi peran penting pada desain interior ruangan karena elemen ini merupakan tempat bertukarnya energi baik dari dalam maupun dari luar ruangan.. Bayangkan jika rumah tidak memiliki jendela, rumah akan terasa panas dan pengap karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk.


Hal ini berpengaruh pada faktor kesehatan dan psikologi penghuni rumah. Dimana jika udara yang keluar masuk rumah cukup, sirkulasi oksigen yang masuk juga lancar dan sistem pernafasan tidak akan bermasalah, hal ini mendukung stimulasi hormon erdhorpin dalam tubuh yang membuat perasaan menjadi gembira.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam pembuatan jendela karena pembuatannya yang relatif rumit tidak seperti pintu. Bahan material dalam pembuatannya juga beraneka ragam tergantung tema dari rumah yang diusung sehingga dapat diaplikasikan bahannya. Untuk tema tradisional dan alami anda bisa mengaplikasikan jendela berbahan kayu.

Baca Juga  Inspirasi Kolam Renang Indoor Dalam Rumah yang Minimalis

Pada dasarnya bahan kayu lebih mudah dibentuk akan tetapi perlu proses oven terlebih dahulu. Kelemahan bahan kayu yaitu mudah diserang hama atau rayap sehingga nnampak keropos. untuk rumah bernuansa modern minimalis anda bisa menggunakan bahan alumunium yang terkenal ringan dan tidak akan diserang hama akan tetapi pemilihan bahan dengan kualitas rendah akan membuat alumunium mudah memuai.


Terlalu banyak jendela dirumah tidaklah baik karena akan membuat rumah menjadi berangin. Jika rumah anda menghadap ke utara alangkah baiknya jika terdapat jendela diselatan karena memudahkan pertukaran udara dan sinar matahari siang dan malam. Dalam pembuatan jendela memerlukan perhitungan lokasi dan ketepatan.

Misalnya di ruang tamu diaplikasikan jendela single hung, di dapur diaplikasikan jendela jenis casement window dan kamar mandi diaplikasikan dengan jenis stationari window. Selain tepat jenis juga tepat jumlah dalam arti tidak terlalu banyak jendela dirumah tapi juga tidak terlalu sedikit.


Ketika anda sudah memperhitungkan segala aspek dalam desain interior rumah khususnya pengaplikasian jendela. Seperti biaya, desain bahan atau material, lokasi, jumlah dan jenis jendela. Anda akan dapat dengan mudah membuatnya dengan memperoleh aspek fungsional dan estetik. Anda akan puas karena sudah paham tentang ilmu arsitektur dan dapat menikmati hasil pemikiran sendiri.

Jenis dan Bentuk Jendela Rumah yang Wajib Anda Ketahui

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...