Desain Rumah Low Budget – Rumahku istanaku, itulah istilah yang menunjukkan bahwa rumah merupakan suatu hal yang penting. Fungsi utama rumah sendiri adalah tempat perlindungan, tempat berteduh, dan tempat beristirahat. Percaya atau tidak, ternyata suatu mood atau perasaan hati seseorang juga dapat dipengaruhi oleh rumahnya. Jika anda mempunyai rumah dengan desain yang bagus, tertata, terawat dan rapi meskipun rumah nya kecil atau tidak terlalu mewah, suasana hati anda pasti akan sangat nyaman dan tenang ketika tiba di rumah.

Berbeda dengan rumah yang desain nya tidak menentu, acak-acakan, kotor, tidak terawat, dan buruk, meskipun rumahnya mewah, suasana hati anda pasti akan ikut acak-acakan, suasana hati menjadi buruk, stress, dan yang paling parah anda tidak akan nyaman tinggal di rumah. Oleh karenanya, desain rumah itu sangat lah penting, jangan khawatir dengan rumah yang harganya murah atau low budget, karena yang berapapun harganya, seberapa luas bangunannya, intinya yang terpenting adalah kenyamanan bagi para penghuninya.

Banyak orang yang kebingungan memilih jenis-jenis desain rumah low budget tapi nyaman. Setiap orang memang mempunyai selera yang berbeda-beda, oleh karena itu sebaiknya dalam memilih desain rumah, anda harus memilih dari hati, sesuai keinginan sendiri dan penghuni isi rumah lainnya. Jangan kebanyakan meminta saran orang lain apalagi orang yang tidak akan menempati rumah tersebut karena hal itu akan membuat masalah baru, kita bertambah pusing memilih desain rumah mana yang cocok.

Berbagai Jenis Desain Rumah Low Budget Tapi Nyaman Abis!

Jangan khawatir, sebagai referensi, disini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis desain rumah dengan harga terjangkau namun dijamin nyaman untuk anda dan penghuni rumah lainnya!

Baca Juga  20 Model Sofa Terbaru 2018 dan Harganya

1. Minimalis
Desain rumah minimalis berasal dari kata ‘minimal’, secara bahasa dapat diartikan sebagai sedikit atau sekurang-kurangnya. Jika dikaitkan dengan desain rumah, desain rumah minimalis merupakan desain sederhana dengan prinsip memaksimalkan apa yang ada, penataan interior nya sesedikit mungkin yang penting bermanfaat.

Sebagai contoh, pastinya anda selalu melihat jenis rumah minimalis dengan warna yang mungkin paling banyak terdiri dari tiga macam warna saja. Hal itu merupakan salah satu aplikasi dari kata ‘sesedikit mungkin’. Biasanya rumah minimalis disominasi oleh warna yang tua yang kalem seperti warna cream, coklat, putih, dan hitam.

Banyak orang yang memilih rumah minimalis sebagai hunian yang nyaman, selain harga desain dan arsitekturnya low budget/murah, jenis desain rumah minimalis ini juga favorit banyak orang sekarang ini, mungkin bisa juga disebut sebagai rumah ‘kekinian zaman now’.

Tentu saja jika anda memilih hunian rumah minimalis, jangan lupa korelasikan dengan furniture interior nya. Kebanyakan rumah minimalis bergaya garis-garis atau kotak, sehingga anda mungkin bisa memilih beberapa furniture dengan bentuk dan warna senada.

2. Kontemporer
Desain rumah bergaya kontemporer ini tidak jauh berbeda dengan rumah minimalis dan jenis rumah modern. Desain kontemporer mengacu pada gaya bangunan sekarang ini, dari segi bentuk, rumah bergaya kontemporer ini lebih banyak didukung dengan unsur garis lurus saja, tidak diberi kombinasi lain.

Ada juga yang menggunakan unsur garis lengkung saja (tidak ada unsur garis lainnya). Dari segi arsitektur komposisi ruang, desain rumah kontemporer biasanya terdiri dari ruangan yang tidak biasa atau unik misalnya ruangan berbentuk bulat, setengah bulat, dan lain-lain.

Rumah bergaya kontemporer dicirikan dengan jenis jendela yang besar dan cukup banyak, namun tentu saja anda bisa memodifikasinya menjadi sedikit jendela untuk mendapatkan privasi yang lebih jika hidup di perkotaan. Desain kontemporer ini sangat cocok untuk diaplikasikan baik menjadi rumah yang luas atau sebaliknya. Kebanyakan rumah bergaya kontemporer sangat memperhatikan lingkungan sehingga pastikan selalu ada ruang kosong yang nantinya dijadikan taman yang minimal ditumbuhi rumput.

Baca Juga  Cara Kreatif Membuat Hiasan Kamar Dengan Barang Bekas

3. Minimalis Modern
Desain rumah minimalis modern merupakan perpaduan antara desain minimalis dan modern. Rumah ini sangat cocok untuk anda yang ingin mempunyai rumah desain minimalis namun tetap terlihat modern dari luar tidak monoton seperti pada rumah-rumah dengan desain minimalis lainnya.

Anda bisa bisa mendesain dalam rumah dengan konsep minimalis namun diluar dengan konsep modern. Biasanya rumah dengan konsep modern selalu mengedepankan bentuk yang kreatif, banyak warna, kotak, menggunakan banyak jendela, hiasan diluar, dan lain-lain.

Harus diingat, konsep rumah modern minimalis tidak mengharuskan anda membeli furniture interior yang mewah! Justru karena perpaduan dengan minimal yang diartikan sedikit-sedikitnya, anda bisa menggunakan furniture yang sederhana mengikuti desain rumah minimalis pada biasanya maksudnya disini belilah furniture yang sesuai dengan fungsinya namun dengan desain yang minimalis juga. Desain rumah minimalis modern ini juga salah satu desain rumah favorit di kota besar karena dapat dibangun dengan modal yang rendah, rumahnya bagus jika dipandang dari depan, dan kreatif.

4. Tradisional
Meskipun namanya desain rumah tradisional, namun bukan berarti rumah ini selalu harus didirikan di pedesaan saja lho!. Jika anda hidup di perkotaan, anda juga bisa memilih desain rumah tradisional namun dipadukan dengan perkembangan zaman seperti diberi arsitektur yang sedikit kekinian, jadi anda tidak 100% mendesain rumah tradisional seperti di pedesaan. Anda juga bisa memadukannya dengan gaya rumah minimalis, kontemporer, dan lain-lain sehingga akan memberikan kesan tradisional namun tetap mengikuti era globalisasi sekarang ini.

Jenis rumah tradisional ini dapat banyak menarik perhatian orang yang lewat lho, apalagi jika rumah tradisional nya secara spesifik anda buat dengan gaya-gaya khas tertentu. Rumah tradisional di Indonesia mempunyai ciri mempunyai teras yang cukup luas dibagian depan, biasanya rumah tradisional juga dilengkapi dengan taman mini di depan, dan menggunakan pagar yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga  Desain Rumah Minimalis Disesuaikan Dengan Tipenya

5. Industrial
Desain rumah dengan gaya industrial mempunyai bangunan yang terkesan sangat kuat dan didominasi oleh warna yang gelap. Sesuai dengan namanya ‘industrial’, sudah sangat harus jika menggunakan unsur-unsur industri yang sangat kokoh seperti beton, baja, dan besi yang berkualitas. Rumah dengan jenis industrial ini sangat cocok untuk dimiliki para kaum adam karena sekilas terlihat gagah lho!

Namun, tidak ada salahnya juga jika rumah ini diperuntukkan bagi keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah. Bahkan jenis desain rumah bergaya industrial ini terlihat sangat anti mainstream dibandingkan jenis-jenis rumah lainnya. Di Indonesia sendiri, sangat jarang melihat adanya rumah berkonsep industrial. Mengenai budget? Jangan khawatir! Rumah ini sangat cocok dibuat pada lahan yang sempit sekalipun sehingga akan menekan budge anda.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mengenai jenis-jenis desain rumah low budget dan nyaman. Sebenarnya, untuk membuat kenyamanan yang tak terbatas dari suatu rumah, anda tidak hanya harus mempertimbangkan dari segi desain, namun harus diperhatikan juga interior dan kebersihannya. Sebaik-baiknya rancangan desain apabila tidak dikelola dengan baik tentu saja akan tidak nyaman ketika dihuni.

Jenis-jenis Desain Rumah Low Budget Tapi Nyaman

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...