Kamar Tidur Anak – Setiap pasangan yang sudah menikah pasti sudah sepatutnya sangat senang apabila diberi buah hati oleh sang pencipta. Buah hati merupakan titipan yang sangat berharga bagi orang tua nya. Tak heran jika ketika anak itu masih kecil, orang tua nya selalu membanggakan dia dan memanjakannya.

Namun, memanjakan nya saja bukanlah hal yang cukup dan bisa sifat manja nya terbawa hingga dewasa. Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mendidik, terlebih lagi untuk mengembangkan perkembangan otaknya seperti dalam bidang kecerdasan dan imajinasi.

Anak-anak khususnya di umur 3 – 10 tahun, merupakan masa yang baik untuk berimajinasi dan mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya, oleh karena itu anda sebagai orang tua harus selalu mendukungnya dengan memberikan fasilitas sehingga mereka bisa mengembangkan daya khayal dan kepintarannya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk memfasilitasi bisa dimulai dari desain kamar tidur. Dalam mendesain kamar tidur itu anda tidak boleh asal-asalan, kamar tidur sebagai ruang pribadi untuk anak harus didesain sedemikian rupa.

Kamar tidur itu tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat saja lho!. Sebagai ruang pribadi bagi anak anda, kamar tidur juga dapat digunakan sebagai ruang bermain anak, ruang belajar anak, ruang dimana anak bisa mengembangkan kreativitas dan kecerdasan selama tumbuh berkembang. Memang mendekor kamar itu tdak mudah dan membutuhkan budget yang cukup besar, namun jika itu demi pertumbuhan dan perkembangan anak, apa salahnya?

Tips Menata Kamar Tidur Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Imajinasi Anak

1. Luangkan Kamar untuk Rak Buku

Untuk mencerdaskan anak, tentunya sedari kecil ia harus diberi banyak buku. Entah itu buku cerita, buku komik, buku pembelajaran, dan lain-lain. Anda harus bisa memberikan fasilitas rak buku yang disimpan di kamarnya agar ia lebih leluasa untuk membaca dan memilih buku nya sendiri.

Baca Juga  Rekomendasi Seni Lukis Dinding Kamar Yang Unik Dan Modern

Sebagai orang tua anda juga harus sekali-kali membacakannya ia dongeng, mengajarinya membaca, dan lain-lain. Dengan membaca buku, anak anda juga akan terlatih daya ingat dan imajinasinya, anda bisa meminta ia untuk menjelaskan kembali mengenai apa yang telah ia baca.

2. Spot Bermain di Kamar

Kamar tidak hanya tempat untuk beristirahat saja, anda juga bisa menjadikan kamar sebagai area spot bermain bagi anak-anak. Bermain akan meningkatkan daya imajinasi anak, tapi ingat tetap harus diawasi oleh orang tua.

Dengan membuat spot bermain di kamar anak juga desain kamar nya akan lebih tertata dan ia bisa menjadi lebih disiplin dan rapi. Tips yang satu ini sangat cocok diaplikasikan bagi anda yang mempunyai kamar dengan ukuran cukup luas.


3. Wallpaper Dinding
Untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas anak, tidak ada salahnya untuk menggunakan wallpaper dinding. Anda bisa memilih wallpaper dengan gambar kartun kesukaan, kartun yang mendidik, wallpaper bertemakan alam, bertemakan ruang angkasa, dan lain-lain.

Pemasangan wallpaper juga akan mengantisipasi coretan anak pada dinding lho. Dengan adanya wallpaper pada kamar anak, anda juga bisa sekalian mengajak untuk bermain roleplay/drama dengan latar wallpaper nya. Wallpaper yang banyak disukai oleh anak-anak biasanya gambar binatang-binatang dengan tema di hutan atau tema ikan yang berenang dibawah laut.

4. Gunakan Banyak Warna
Ketika anak masih dalam usia yang dini, mereka harus dikenalkan dengan berbagai warna. Dengan mengetahui warna, mereka akan lebih kreatif dan daya pikir nya meningkat. Gunakan banyak warna untuk mendesain kamar anak anda, tidak harus warna dindingnya yang banyak, anda bisa mulai menentukan banyak warna dari perabot didalam kamar misalnya tempat tidurnya, ruang belajarnya, dan lain-lain.

Baca Juga  Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Dan Murah

Akan tetapi hal yang sangat penting harus diingat, meskipun anda menggunakan banyak warna, anda juga harus bisa memadukan warnanya, jangan malah ruangannya menjadi acak-acakan karena warnanya tidak berkorelasi satu sama lain.

5. Letakkan Alat Musik/Alat Penunjang Seni
Akan sangat menguntungkan sekali jika anak anda sudah diberi pengetahuan mengenai seni. Tidak usah yang mahal-mahal, dengan menyimpan kanvas dan, kuas lukis, dan cat air saja sudah cukup. Dengan begitu, anak akan terlatih kreativitasnya, mereka akan membuat kanvas tersebut sebagai media curahan pikirannya.

Jika tidak ingin kamar berantakan dengan media seni lukis, anda juga bisa menyimpan gitar mini atau piano, dengan begitu dijamin deh imajinasi dan kecerdasan anak akan meningkat seiring berjalannya waktu.

6. Sediakan Meja Belajar

Tips menata kamar anak untuk meningkatkan kecerdasan selanjutnya adalah menyiapkan meja belajar. Pertama, anda harus memperkenalkan fungsi meja belajar nya terlebih dahulu pada anak. Setelah itu, anda harus membiasakan ia melakukan kegiatan belajar seperti menulis, menggambar di tempat tersebut. Dengan begitu, lambat laun anak anda akan mempunyai kebiasaan belajar di meja belajar, hidupnya lebih rapi, tertata, dan yang paling penting adalah disiplin.

Itulah beberapa tips menata kamar tidur untuk meningkatkan imajinasi dan tingkat kecerdasan anak. Mulailah dari hal kecil untuk mendidik anak, tidak perlu memberikannya les kursus atau mendatangkan guru private. Mulailah dengan kebiasaan dan interaksinya di ruangan dengan keluarga di rumahnya.


Untuk pemilihan desainnya sendiri, tips-tips tersebut dapat diaplikasikan pada desain apapun, entah itu kamar anak berdesain minimalis, mewah, klasik, modern, art deco, dan lain-lain. Agar anak anda senang, sebaiknya dalam mendesain kamar anak, anda melakukan perundingan terlebih dahulu.

Baca Juga  Ide Hiasan Kamar Buatan Sendiri Yang Patut Anda Coba

Sebagai saran saja, lebih baik anda tidak memilih jenis desain kamar anak yang sangat spesifik dan identik dengan anak kecil saja, misalnya dengan menggunakan karakter kartun berlebihan dari mulai wallpaper, tempat tidur, meja belajar, dan perabot lainnya.

Anda juga harus ingat bahwa dikemudian hari anak anda akan menjadi dewasa, dimana ketika ia menjadi dewasa, dijamin pasti sudah tidak mau menggunakan desain tersebut, yang ada mungkin dia ditertawakan oleh teman-temannya.


Jika sudah begitu, tidak hanya anak anda yang rugi, anda juga harus merelakan uang keluar untuk mengganti desain kamar ketika si anak sudah tumbuh dewasa. Lebih baik uang nya di alokasikan ke dana yang lain bukan? Jadi, disini anda sebagai orang tua harus pintar-pintar dalam memilih desain.

Meskipun anak anda telah diberi ruangan pribadi berupa kamar tidur dengan desain yang baik dan bagus, tentu saja anda juga tidak boleh membiarkan anak terus bermain di kamar nya. Sesekali ia harus diajak bermain di ruang keluarga, teras, dan berani bermain di luar bersama teman-teman yang lain.

Hampir semua komponen didalam rumah itu sama pentingnya dengan kamar tidur, setiap ruangan/komponen ruangan pasti memiliki suatu fungsi tertentu. Jadi, jangan hanya mendesain kamar tidur untuk anak saja, anda juga harus dapat mendesain ruang keluarga, ruang tamu, dapur, ruang makan, teras, halaman belakang, gerasi mobil, dan lain-lain agar nilai estetikanya seimbang satu sama lain antar ruangan.

Kamar Tidur Anak Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Imajinasi

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...