Desain Ruang Makan Dan Ruang Keluarga Jadi Satu – Untuk anda yang memiliki rumah yang kecil atau sempit pasti harus memiliki banyak strategi untuk mengubah ruangan agar terlihat lapang. Salah satu trik agar rumah terkesan luas adalah dengan menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga. Biasanya ruang keluarga memerlukan banyak tempat, tapi dengan menyatukan keduanya tentu akan lebih menghemat tempat.

Dan dengan meniadakan dinding pembatas maka ruang makan pun terintegrasi dengan ruang keluarga. Kelebihan dari menyatukan 2 ruang tersebut di rumah bisa menambah kehangatan antar keluarga. Namun Pastikan anda meletakkan furnitur yang tepat agar desainnya masih tetap indah dipandang. Dan membuat area tersebut tetap hidup.

Ketahuilah Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga yang Disatukan

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyatukan ruang makan dan ruang keluarga. Anda juga bisa menambahkan desain yang mungkin cocok dengan selera anda pada kedua ruangan tersebut. Diantaranya sebagai berikut :

1. Desain dengan banyak ruang untuk makan bersama

Jika meja makan anda berukuran kecil dan tidak cukup untuk semua penghuni keluarga, maka beberapa anggota keluarga lain bisa makan di sofa tambahan atau di ruang keluarga. Kedua ruangan ini letaknya jangan terlalu jauh dengan dapur. Dapur juga bisa menjadi alternatif lain untuk menaruh meja makan.

2. Memilih ruangan yang sangat luas

Pilihlah ruangan yang terbilang sangat luas di rumah anda. Area itu bisa dijadikan ruang makan dan keluarga sekaligus. Pilih juga akses yang memudahkan penghuninya saat melewati ruangan tersebut. Dan mudah dijangkau oleh anda dan keluarga baik saat anda sedang berada di dalam rumah maupun saat anda dari luar rumah.

3. Memilih warna yang senada

Jangan menggunakan banyak warna pada cat dinding atau furniture. Lebih baik gunakan satu warna saja yang dominan. Warna putih bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan memaksimalkan warna putih, maka ruangan dengan dua fungsi itu akan memberi kesan lapang dan luas.

Baca Juga  20 Contoh Desain Rumah Melayu Sederhana

4. Beri space atau jarak pada setiap furniture

Walaupun kedua ruangan itu disatukan, tapi bukan berarti anda bisa menyimpan meja makan dengan sofa ruang keluarga secara berdekatan. Beri jarak yang agak jauh agar aktifitas anda tidak terganggu. Misalnya anda sedang makan di meja makan sedangkan anggota keluarga yang lain sedang menonton TV. Dengan adanya jarak antara kedua ruang maka masing-masing anggota keluarga tetap nyaman dengan aktifitasnya masing-masing.

5. Minimalisirkan jumlah furniture

Karena 1 ruangan dibagi menjadi 2, maka jangan terlalu banyak menyimpan furniture. Pilih meja makan yang tidak terlalu banyak kursi. Sedangkan untuk bagian ruang keluarga, anda bisa menyiasatinya dengan menempel Televisi pada dinding. Atau memakai rak yang menempel pada dinding. Hal ini dilakukan agar lebih praktis dan efisien.

6. Menata ruangan agar lebih rapi

Jangan lupa untuk menata kembali ruang makan dan ruang keluarga anda. Tata dengan apik agar terlihat rapi dan nyaman. Kenyamanan harus menjadi hal yang wajib dalam penataan rumah anda. Satu lagi trik yang bisa anda pakai. Anda bisa memilih furniture yang multifungsi. Misalnya gunakan meja makan yang bisa dijadikan meja untuk makan dan untuk bersantai sekaligus.

7. Mempersempit area lainnya

Saat anda memilih ruangan yang besar untuk menggabungkan kedua ruangan, maka anda harus mengorbankan ruang lainnya agar dipersempit. Anda bisa memilih ruang tamu atau dapur. Ruang tamu yang ukurannya kecil tetap harus didesain sedemikian rupa agar tetap terjaga estetikanya. Menambahkan karpet di bawah sofa ruang tamu akan memberi kesan nyaman walaupun ruangannya kecil.

8. Menjaga atmosfer kedua ruangan

Walaupun ruangannya disatukan, tetapi anda tetap harus menjaga fungsi kedua ruangan tersebut. Ruang makan dan ruang keluarga harus tetap memiliki atmosfer yang berbeda. Jangan sampai merubah atmosfer atau bahkan fungsi dari ruangan-ruangan tersebut. Privasi para penghuni rumah yang menempati ruang makan dan ruang santai keluarga di saat bersamaan harus tetap terjaga.

Baca Juga  Aneka Model Gambar Pintu Dan Jendela Minimalis Terbaru

9. Membuat partisi portable

Jika anda tetap ingin memberi partisi di kedua ruangan meski sudah digabungkan, lebih baik gunakan partisi portable. Agar partisi tersebut lebih mudah dipindahkan jika suatu saat sudah tidak dipakai. Pilih juga jenis partisi yang tidak besar dan berbahan tipis. Anda juga bisa menggunakan room divider minimalis.

10. Fokuskan pada desain lampu

Banyak cara untuk membuat ruangan di rumah terlihat lega. Kita bisa membuat desain yang berbeda tapi tetap nyaman. Hadirkan cahaya lampu di setiap ruangan baik ruang makan maupun ruang keluarga. Gunakan lampu sorot yang tampak terang di tengah ruangan. Hal ini akan menambah hiasan yang mampu mempercantik ruangan.

11. Siapkan catatan spesifikasi panjang dan lebar ruangan

Mengukur ruangan juga tidak boleh luput dari langkah anda dalam menggabungkan ruang santai keluarga dengan ruang makan. Dengan mengetahui ukuran pasti ruangan yang sudah anda pilih untuk penempatannya, maka anda bisa sekaligus menentukan mana yang akan dijadikan ruang utama. Walaupun kebanyakan orang akan memilih ruang keluarga sebagai ruang utama, tapi tidak ada salahnya jika anda memilih ruang makan namun dengan sentuhan desain yang unik.

12. Gaya klasik di kedua ruangan

Klasik menjadi gaya yang paling banyak dipilih oleh masyarakat perkotaan dewasa ini. anda pun bisa memilih gaya klasik. Gaya ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada rumah yang besar saja. Bagi rumah yang kecil, anda bisa mengakalinya dengan memilih aksesoris yang sangat identik dengan gaya klasik. Misalnya lampu gantung berbentuk bola yang selain bergaya klasik tapi juga sangat elegan.

13. Mendesain ruangan sekaligus dengan ruang bermain untuk anak

Bagi ibu-ibu muda yang masih memiliki anak kecil, memasak atau menyiapkan makanan menjadi hal yang agak sulit dilakukan jika jarak ruang keluarga dan ruang makan berjauhan. Nah, agar lebih mudah anda bisa mendesain ulang ruang makan dan ruang keluarga anda dengan menyediakan tempat bermain anak yang letaknya tak jauh dari kedua ruangan tersebut. Agar anda bisa sekaligus mengawasi anak-anak yang sedang bermain tanpa harus meninggalkan mereka.

Baca Juga  20 Desain Home Theater Sederhana yang Mempesona

Mendesain ruang makan yang letaknya berdekatan atau dalam satu ruangan dengan ruang keluarga ternyata tidak terlalu sulit. Apalagi banyak sekali inspirasi desain yang bisa anda implementasikan pada rumah anda. Yang terpenting adalah menyesuaikan desain-desain tersebut dengan selera anda dan keluarga. Agar kehangatan keluarga yang harmonis di rumah tetap terjaga. Sehingga kita bisa menciptakan ruangan yang nyaman dan membuat setiap orang yang berada di dalamnya betah.

Tata ruang yang benar juga akan membuat tamu yang datang senang berada di rumah anda. Demikian ulasan kami tentang desain interior ruangan yang dijadikan satu yaitu ruang keluarga dan ruang makan. Dan semoga langkah-langkah yang kami jabarkan di sini akan memberikan solusi yang bermanfaat bagi anda.

Keluarga Harmonis Dengan Desain Ruang Makan Dan Ruang Keluarga Jadi Satu

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...