Jangankan orang awam atau yang tidak mengerti mengenai interior dan eksterior rumah, seorang ahli desainer interior atau arsitektur saja masih sering kali melakukan kesalahan yang fatal lho ketika mendesain interior dan eksterior.

Anehnya, hampir sering kesalahan-kesalahan tersebut dilakukan berulang kali. Kesalahan dalam mendesain interior dan eksterior dapat memberikan dampak buru lho! Nilai estetika akan berkurang dan keyamanan berada di rumah juga ikut berkurang.

Oleh karena itu, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, disini kami akan memberikan informasi mengenai kesalahan fatal dalam mendesain interior dan eksterior rumah. Ingat, jangan hanya memikirkan interior di dalam rumah, eksterior di luar rumah juga merupakan hal yang penting dan wajib anda perhatikan!

Kesalahan Fatal Dalam Mendesain Interior Rumah

Dengan adanya informasi ini diharapkan anda sudah tidak lagi kebingungan dalam mealakukan tata letak dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Yuk langsung saja!

1. Proporsi yang tidak sesuai
Proporsi dalam desain interior adalah suatu keseimbangan ruangan. Unsur-unsur keseimbangan ini adalah jumlah barang, ukuran, motif, dan ukuran. Jangan sampai anda menyimpan barang terlalu banyak pada sebuah ruangan, jangan sampai juga anda menyimpan barang yang ukurannya banyak memakan tempat sedangkan ruangannya kecil.

Hal tersebut akan memberikan kesan sesak atau sumpek bagi orang-orang yang berada di ruangannya. Gunakan motif atau warna yang tdak bertabrakan, jangan menggunakan sofa motif dipadukan dengan wallpaper motif lagi, hal tersebut akan memberikan kesan terlalu ramai.

2. Salah Meletakkan Barang

Jika yang akan didesain adalah ruang tamu, jangan sampai anda meletakkan televisi disana. Jika yang akan didesain adalah teras depan rumah, jangan sampai meletakkan meja dengan ukuran besar seperti di ruang makan. Contoh lainnya, jangan meletakkan lukisan atau foto terlalu rendah.

Baca Juga  Desain Harga Keramik Lantai Kayu Modern


Salah meletakkan barang akan membuat kesan yang aneh bagi penghuninya, anda bisa memulai pemilahan dalam meletakkan barang yang disesuaikan dengan fungsi ruangannya sendiri, misalnya ruangan untuk keluarga, kamar tidu, dan lain-lain.

3. Terlalu Banyak Barang

Terlalu banyak barang di suatu ruangan akan memberikan kesan yang sangat sumpek, ditambah lagi jika barangnya sudah tidak berguna. Apa salahnya untuk membuat ruangan kecil sehingga nantinya anda bisa menyimpan barang-barang tersebut disana? Malahan, terkadang rumah yang luas akan terlihat sangat sempit jika anda menyimpan barang-barang tak berguna pada suatu ruangan. Jika anda tidak mempunyai gudang, anda bisa mengakalinya dengan menyimpan pada suatu lemari barang.

4. Kesalahan Konsep

Konsep disini berarti konsep desain interior yang anda gunakan. Biasanya kesalahan ini banyak terjadi pada rumah yang memadukan dua konsep misalnya konsep minimalis modern, minimalis art deco, dan lain-lain. Tidak mudah untuk membuat rumah dengan konsep tersebut, sehingga tak heran jika banyak sekali rumah-rumah yang malah menjadi memberikan kesan tidak sinergis dan harmonis. Namun lebih parahnya lagi memberikan kesan ketidakteratuan karena terlihat sangat bertumpuk.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk menggunakan perpaduan dua desain interior, anda harus lebih mempersiapkannya dengan matang. Untuk menentukan konsep yang baik mungkin memang agak sulit karena harus dirundingkan dengan orang-orang seisi rumah.

5. Kesalahan Tema

Jika tadi yang dibahas adalah kesalahan konsep, sekarang adalah kesalahan tema. Tema disini harus dikorelasikan dengan konsep desain yang anda gunakan. Jika anda menggunakan konsep minimalis, tentu tema furniture yang harus anda pilih adalah konsep minimalis juga, jika bosan dengan konsep minimalisnya, anda bisa memadukan tema furniture minimalis dengan tema lainnya, namun ingat tetap harus korelasi dan jangan memberikan kesan ketidakteraturan! Anda juga harus selalu konsisten dalam memilih tema agar selalu terlihat serasi.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Jenis Desain Interior Untuk Rumah Anda

Kesalahan Fatal Dalam Mendesain Interior Rumah

1. Keamanan Rumah Minim

Rumah merupakan aset berharga tempat penghuninya menyimpan barang-barang yang berharga pula. Banyak orang yang hanya memfokusikan desain interior dibandingkan eksteriornya. Padahal, bagian luar bisa diibaratkan sebuah benteng bagi rumah itu sendiri.

Banyak orang yang tidak memperhatikan keamanan didepan rumah, ternyata pintu masuk rumah dengan cahaya yang terang akan mengundang kejahatan lho dibandingkan dengan menggunakan pintu masuk yang remang atau gelap. Anda bisa menggunakan pagar yang tinggi atau menggunakan CCTV untuk membuat keamanan lebih terjamin. Jangan lupa untuk mengunci pintu dan kendaraan setiap malam, jangan sampai anda kelupaan.

2. Informasi Rumah yang Kurang Jelas

Eksterior depan rumah harus memberi informasi yang informatif bagi orang-orang diluar. Karena hal tersebut jika diperhatikan dengan seksama, akan dapat merugikan anda dan juga orang lain. Misalnya rumah yang tidak dipasang nomor di depannya akan membuat kebingungan kurir yang akan mengantar kiriman.

Akan juga membuat kebingungan tamu yang penting ketika akan berkunjung ke rumah anda. Gunakan penerangan nomor rumah agar di malam hari orang-orang tetap bisa mengenali nomor rumah anda. Selain itu, anda juga harus bisa benar-benar meletakkan pintu masuk untuk tamu dengan baik, karena jika ada dua pintu yang bersamaan, tamu yang datang pasti akan kebingungan lho!

3. Terlalu Polos

Anda memang harus melakukan totalitas pada desain interior di dalam rumah, namun hal tersebut berlaku juga pada desain eksterior di luar rumah. Rumah dengan teras atau bagian depan yang sangat polos meskipun masih ada lahan kosong akan membuat nilai estetika menurun. Anda mungkin bisa membuat taman sederhana, menanam tumbuhan, bunga, dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosongnya untuk dibuat teras dan diberi kursi-kursi, dan lain-lain. Tapi ingat, jika anda akan mendekorasi eksterior luar rumah, serasikan dengan konsep dan tema yang anda pilih!

Baca Juga  Ide Dekorasi Pernikahan Gaya Rustic

4. Warna Mencolok

Biasanya kesalahan-kesalahan warna mencolok dalam suatu rumah itu sering dilakukan oleh rumah dengan desain mewah atau modern. Biasanya mereka menggunakan warna yang cerah namun terlihat norak atau mencolok. Percaya atau tidak bahwa warna eksterior rumah itu dapat mempengaruhi mood orang yang melihatnya lho. Jadi, pastikan untuk memilih warna yang tidak mencolok pada cat rumah sehingga akan terlihat nyaman dilihat oleh penghuni dan orang-orang yang lewat.

5. Mengisolasi Rumah

Maksud dalam kalimat mengisolasi rumah adalah anda membuat rumah tertutup dari tetangga misalnya dengan membuat pagar yang sangat tinggi sehingga secara tidak langsung akan memberikan kesan yang tidak ramah terhadap tamu. Mungkin banyak orang yang melakukan hal tersebut dengan mempertimbangkan segi keamanan dan kenyamanan, namun jangan sampai anda berbuat berlebihan sehingga seakan-akan mengisolasi rumah.

Beberapa kesalahan fatal tersebut tentunya harus menjadi perhatian dan tidak dispelekan oleh penghuni rumah. Dengan mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan, tentu harusnya anda sudah bisa memilah-milah atau melakukan antisipasi untuk tidak melakukan kesalahan desain baik dalam interior maupun eksterior. Jika anda kebingungan, anda bisa berkonsultasi dengan ahli desain interior untuk menentukan desain interior atau eksterior mana yang cocok dan pas untuk hunian anda.

Kesalahan Fatal dalam Mendesain Interior dan Exterior Rumah

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...