Tips-tips ini agar Rumah Minimalis Terlihat Luas – Anda mempunyai rumah dengan tipe minimalis? Namun menyesal karena seisi rumah terlihat sumpek atau sangat sempit? Wajar! Desain rumah minimalis memang sengaja dirancang dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dengan ukuran tersebut lah kreatifitas seseorang di uji, seseorang harus memanfaatkan ruangan tersebut sesuai fungsinya seminimal mungkin.

Untuk membuat rumah minimalis juga tidak membutuhkan modal yang besar seperti rumah mewah atau modern lainnya, bisa dibilang rumah minimalis merupakan desain rumah yang low budget.

Meskipun low budget, rumah minimalis sekarang ini sangat trend lho di Indonesia karena desain nya yang eye catching. Penataan interior yang benar dengan trik-trik tertentu akan membuat rumah tipe minimalis menjadi lebih baik lagi. Misalnya saja, jika anda ingin rumah dengan tipe minimalis terlihat lebih luas, tentu saja bisa diakali! Anda bisa bermain interior dari segi warna dinding, proporsi, furniture, pencahayaan, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana ya caranya untuk membuat rumah minimalis terlihat luas? Tidak usah bingung-bingung hingga mikir terlalu keras! Penasaran? Yuk langsung aja simak penjelasannya dibawah ini daripada stress memikirkan rumah yang terasa sangat sumpek ketika memasukinya!

Tips Mengakali Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas

1. Pilih Warna yang Cocok

Untuk melihat ruangan minimalis menjadi terlihat luas, tips yang paling penting adalah pengaturan warna pada dinding. Pemilihan warna yang salah justru akan membuat suatu ruangan terlihat sangat sempit. Anda bisa memilih warna biru laut atau navy agar terlihat luas, tidak hanya satu warna saja, namun anda juga bisa memadukannya dengan warna lain seperti warna putih dan warna kuning.

Selain warna navy, anda juga bisa menggunakan warna putih dipadukan dengan tekstur kayu berwarna krem (jika ingin menggunakan wallpaper di dinding nya. Anda juga bisa mengkobinasikan warna putih dengan hiasan-hiasan sederhana di dinding, memadukannya dengan warna abu, dan lain-lain. Akan sangat bagus juga untuk memadukan warna furniture dengan warna dinding rumah anda. Akan sangat direkomendasikan juga pada anda untuk memilih warna yang cerah.

Baca Juga  Model Pintu Utama Terbaru 2018 yang Patut di Tiru

2. Atur Pencahayaan yang Masuk

Lighting atau pencahayaan ternyata tidak hanya penting di dunia film saja lho! Pencahayaan dalam seni desain interior juga sangat lah penting. Intensitas pencahayaan yang besar akan membuat ruangan terasa lebih luas. Untuk mendapatkan lighting yang pas, jika ruangannya berada di sisi rumah, pastikan untuk menata jendela yang besar, tinggi, terbuka, dan lebih terang jangan lupa untuk menambahkan gorden yang serasi dengan jendela nya


Jika ruangannya berada jauh dari sisi rumah atau katakanlah ruangan tengah, anda mau tak mau harus dapat mengatur pencahayaan dari lampu yang ada di dalam ruangan tersebut. Jangan menggunakan lampu berwarna warni karena hal tersebut akan memberikan kesan remang-remang. Gunakan lampu yang terang berwarna putih dalam ruangan tersebut.


3. Meletakkan Furniture dengan Baik

Agar rumah minimalis anda terlihat lebih luas, meletakkan furniture pada tempat yang tepat merupakan hal yang wajib. Sebagai tips nya, sebisa mungkin jangan sampai meletakkan furniture mepet pada dinding karena hal itu bisa memberikan kesan menjadi sempit. Misalnya, jika anda akan mendekor ruang tamu, pastinya disana banyak sofa bukan? coba lah bandingkan keadaan ketika sofa nya menempel pada dinding dan sofa yang diberi jarak tertentu sehingga tidak menempel pada dinding.


Dengan memberi jarak suatu furniture dari dinding, maka cahaya akan lebih mudah masuk dan memberikan kesan ‘bernafas’ bagi furniture nya hingga akhirnya timbul lah bayangan dari furniture tersebut. Bayangan itu akan berperan sebagai ilusi menjadikan ruangan terlihat lebih besar dibandingkan sebelumnya.

4. Gunakan Furniture Serbaguna

Maksudnya disini, karena sudah tahu ruangannya kecil, alangkah sebaiknya anda menempatkan furniture yang serbaguna dan jangan pilih furniture yang lebar, tapi pilihlah jenis furniture yang tinggi ke atas agar tidak banyak memakan tempat sehingga ruangan tidak akan terlihat sesak. Anda bisa menggunakan kabinet multifungsi, tempat tidur yang dibawahnya terdapat laci untuk menyimpan barang, meja belajar yang sudah menyatu dengan rak buku, dan lain-lain.

Baca Juga  Tips Menyembunyikan Dan Menata Kabel Listrik Di Rumah


Penggunaan furniture serbaguna juga akan menghemat pengeluaran dana anda dan keluarga dibandingkan membeli furniture yang bersifat hanya satu fungsi. Selain menggunakan furniture serbaguna, pastikan juga untuk tidak berlebihan menyimpan furniture didalam ruangan. Misalnya dalam ruangan yang sempit, anda malah menyimpan banyak barang, nantinya malah ruangan akan terasa lebih sempit lagi lho!

5. Sesuaikan Furniture dengan Luas Tempat

Jika mempunyai ruangan yang minimalis dan kecil, janganlah membeli furniture atau alat elektronik yang berlebihan. Misalnya dalam ruang tamu, anda memasang televisi yang sangat besar hampir setengah dari dindingnya, tentu saja hal tersebut akan memberikan kesan buruk dan kesan sempit bagi para penghuninya.


Selalu sesuaikan barang yang akan anda beli dengan luas ruangannya, pastinya setiap orang pun punya insting atau feeling untuk mengira-ngira ukurannya bukan? tidak perlu melakukan pengukuran secara detail! Kemudian, akan lebih cocok lagi jika anda menggunakan furniture yang menempel di dinding, misalnya rak buku dan TV yang menempel di dinding.

6. Hias Plafon

Jika biasanya hiasan dalam ruangan rumah selalu ditujukan pada dinding atau lantai. Apa salahnya untuk melakukan hiasan pada plafon? Ternyata tips ini bisa lho membuat rumah minimalis menjadi lebih terlihat luas daripada biasanya. Biaya untuk menghias plafon juga tidak dibanderol dengan harga yang mahal, bahkan anda juga bisa menghiasnya dengan imajinasi kreatifitas anda sendiri.

Mungkin anda bisa menghias plafon dengan stiker dinding sehingga jika melihat keatas, trik ini akan membuat ruangan lebih terlihat luas karena mata akan terdistraksi sehingga menciptakan ilusi vertikal yanglebih tinggi. Percaya atau tidak, ternyata jarak atap dan lantai yang cukup tinggi ini dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih lega dibandingkan sebelumnya lho.

Baca Juga  10 tips Menghemat Pengeluaran Biaya Dapur Anda

7. Karpet Motif dan Lantai Strip

Ternyata lantai dengan pola strip akan membuat ruangan terasa lebih luas. Jika pada manusia, menggunakan pola strip vertikal akan membuat seseorang menjadi lebih tinggi, maka pada suatu ruangan pola strip akan membuat ruangan menjadi lebar. Akan lebih baik lagi jika menggunakan cat dengan warna coklat muda atau tua, seolah-olah lantai kayu.

Karpet motif selain akan membuat nilai estetika suatu ruangan meningkat, ternyata akan memberikan kesan berulang dimana ruangan kecil akan terlihat lebih luas. Karpet tersebut bisa anda letakkan dibawah furniture, misalnya jika di ruang TV anda bisa meletakkannya di bawah meja duduk, jika di ruang tamu anda bisa meletakkannnya di bawah sofa.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat rumah minimalis terlihat lebih luas. Jadi, jangan dulu putus asa jika anda memiliki rumah minimalis. Semua interior ruang dan desain rumah itu sudah pasti ada solusi dan trik-trik untuk mengakali nya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!

Lakukan Tips-tips ini agar Rumah Minimalis Terlihat Luas!

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...