Membuat Taman didalam Rumah – Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mendesain eksterior atau interior rumah adalah nilai lingkungan atau environment. Mengapa hal tersebut sangat penting? Karena nilai lingkungan merupakan nilai yang harus dilestarikan dan akan membuat penyejuk hati bagi tubuh seseorang lho. Dengan membuat adanya unsur lingkungan dalam rumah, kita juga sudah mengaplikasikan slogan go green dan akan mengurangi global warming yang menjadi tantangan besar dunia saat ini.

Salah satu cara untuk menambah nilai environment atau lingkungan adalah dengan membuat taman. Entah di dalam rumah, di sampig rumah, di belakang rumah, ataupun di depan rumah, tentu saja anda bisa membuat nya! Banyak sekali manfaat yang didapat ketika membuat taman, diantaranya taman dapat membuat perasaan menjadi lebih rileks, menambah mood dengan melihat taman yang hijau atau bunga yang berwarna-warni.


Tentunya memberikan perasaan senang, akan memberikan kesan sejuk, bagus untuk kesehatan, pemicu mengkonsumsi makanan sehat, dan anda juga bisa mempunyai aktivitas kesibukan baru yaitu merawat taman.

Jika taman di depan rumah, di samping rumah, ataupun di belakang rumah merupakan taman yang mainstream dan biasa-biasa saja. Bagaimana jika anda membuat taman di dalam rumah? Why Not?! Taman dalam rumah juga cocok untuk digunakan pada desain atau konsep rumah apa saja.

Mungkin yang ada dipikiran anda, taman dalam rumah hanya bisa diterapkan untuk rumah yang luas. Rumah anda tipe minimalis dan cukup sempit? Tentu saja tetap bisa kok membuat taman di dalam rumah! Banyak sekali tips-tips yang bisa diterapkan dalam mendesain taman di dalam rumah, daripada kebingungan, yuk langsung saja kita simak tips-tips nya di bawah ini!

Tips Mendesain Taman di Dalam Rumah

1. Membuat Taman Vertikal

Anda tidak perlu kebingungan membuat taman yang seperti apa cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah. Taman vertikal merupakan taman dalam rumah yang banyak diaplikasikan oleh orang-orang. Pasalnya, taman ini tidak membutuhkan lahan yang luas, anda hanya memanfaatkan media dinding, papan kayu, pot,dan pot gantung saja. Akan sangat mudah dan simpel sekali ketika anda merawat taman di dalam rumah yang satu ini karena anda hanya tinggal menyiram nya saja setiap hari.

Baca Juga  25 Desain Taman Rumah Minimalis Paling Cantik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman vertikal, pastikan anda selalu melakukan pemilihan bunga yang pas. PIlihlah bunga hias yang nantinya akan menambah nilai estetika pada ruangan tersebut, gantungkan pot yang juga memiliki nilai estetika yang baik seperti pot variasi kaca, teranium dengan ukuran yang unik, dan lain-lain. Jangan pilih bunga yang nantinya akan tumbuh dengan tinggi atau besar karena itu bisa membahayakan pot yang mungkin tidak akan mampu menampung bunga nya lagi.

2. Membuat Taman dengan Media Hidroponik
Jika anda adalah seseorang yang suka akan inovasi-inovasi baru, apa salahnya untuk membuat taman hidroponik dalam rumah. Hidroponik sendiri adalah tanaman yang hanya membutuhkan media air dan tanpa menggunakan tanah dalam mendukung tumbuh kembang tanaman tersebut.

Tidak hanya tanaman atau bunga warna-warni saja yang bisa anda tanam, namun anda juga bisa menanam sayuran-sayuran seperti cabai, kangkung, dan lainnya lho! tapi jangan dibayangkan anda akan membuat kebun! Yang anda butuhkan hanyalah media pot dan air.

Membuat taman hidroponik juga merupakan tips yang memaksimalkan lahan terbatas, dengan kata lain anda tidak perlu menggunakan lahan kosong yang luas. Menanam hidroponik juga lebih ramah lingkungan. Media air yang berada di dalam pot nya juga akan membuat dekorasi taman hidroponik tersebut lebih baik dibandingkan dengan melihat tanaman di pot yang menggunakan tanah.

3. Membuat Taman Pasir Unik

Jika biasanya membuat taman itu menggunakan media tanah atau mungkin media air untuk tanaman hidroponik. Kini anda juga bisa menggunakan media pasir yang nantinya akan dibuat taman pasir atau sand garden. Taman ini mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu seperti biayanya hemat, minim perawatan, dan sangat unik. Namun, berbeda dengan taman vertikal, anda harus mempunyai ruang yang cukup lega karena taman pasir ini akan dibuat dengan konsep taman horizontal pada biasanya.

Baca Juga  Pilihan Taman Indah Dalam Rumah Minimalis Tropis

Tidak perlu lahan yang terlalu luas, hanya beberapa petak kosong di dalam rumah saja sudah cukup. Anda bisa mendekorasinya dengan beberapa bunga, menggunakan batu alam hias yang cantik, menggunakan kerikil-kerikil, dan lain-lain. Tentunya suasana akan semakin unik dengan membuat taman pasir ini. Ditambah lagi, pastinya taman ini akan menyita perhatian anak-anak apalagi ketika kumpul keluarga.

4. Memadukannya dengan Kolam Ikan Hias

Tips yang keempat adalah memadukannya dengan kolam ikan hias. Banyak orang yang memang sudah merencanakan membuat taman di dalam rumah, tidak membutuhkan lahan yang luas saja. Taman ini juga bisa dipadukan dengan kolam ikan hias, pastinya akan lebih terasa hidup dan menyenangkan. Taman ini bisa diletakkan di dekat ruang tengah atau ruang keluarga sehingga ketika sedang berkumpul keluarga kita akan mendengar suara percikan air dan kesejukan yang didapat dari taman tersebut.

Pastikan ikan yang anda pelihara adalah ikan hias, jangan ikan yang memang untuk dimakan atau dipancing karena hal itu akan mengurangi nilai estetika. Selain itu anda juga bisa menggunakan konsep dinding yang terbuat dari batu alam pada kolam nya, atau mungkin anda juga bisa menanam taman vertikal pada bagian dinding batu alam tersebut. Menarik bukan?

5. Taman Kaktus dalam Rumah

Tanaman kaktus merupakan simbol tanaman di padang pasir yang mempunyai duri dengan batang berwarna hijau terlihat sangat gemuk. Ternyata tanaman kaktus ini sangat cocok lho jika disimpan dalam rumah. Carilah kaktus dengan bentuk-bentuk yang unik, kemudian tanam pada media pot dengan media pasir.

Anda bisa memanfaatkan tempat yang ada untuk menyimpan media tanam kaktus ini. Misalnya anda bisa menyimpannya di dekat kaca agar tersorot oleh sinar matahari, menyimpannya dan dihiaskan pada tangga-tangga, pada etalase rumah, di dapur, ruang keluarga, teras, dan lain-lain. Sebaiknya jangan menyimpan tanaman kaktus pada media lantai yang rendah.

Baca Juga  Tips Membuat Taman dan Kolam Depan Rumah Sederhana

Ada beberapa hal yang memang sangat harus diperhatikan jika ingin membuat taman di dalam rumah. Salah satunya adalah sinar matahari atau pencahayaan. Tentunya setiap tanaman atau bunga yang hidup itu sangat membutuhkan sinar matahari untuk nantinya mereka akan melakukan metabolisme tubuh yang disebut juga dengan fotosintesis. Oleh karena itu sebaiknya anda harus meletakkan tanaman dekat dengan sorotan matahari, misalnya di dekat jendela, dan lain-lain.

Jangan sampai anda mengisolasi tanaman yang tumbuh di dalam rumah dengan menempatkannya pada tempat yang salah. Bisa-bisa, tanamannya menjadi kurus dan malah tidak tumbuh normal. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman pada tanaman nya setiap hari karena mereka butuh nutrisi setiap harinya. Ingat, anda juga merapikan tanaman tersebut ketika mungkin ada beberapa hal yang harus dirapikan misalnya ada bunga yang layu, dan lain-lain.

Membuat Taman didalam Rumah, Kenapa Tidak?

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...