Ruang Perpustakaan Minimalis – Mempunyai ruang perpustakaan dalam rumah adalah suatu hal yang mungkin selalu terbayangkan olh orang-orang yang mempunyai minat membaca. Bahkan, katanya jika kita tidak mempunyai minat membaca namun mempunyai ruangan khusus perpustakaan dalam rumah, itu akan membuat kebiasaan kita berubah menjadi suka membaca lho! Untuk membuat suatu perpusatakaan di dalam rumah juga anda tidak perlu menggunakan ruangan yang luas dan mengeluarkan uang yang besar untuk budget nya.

Hanya dengan memaksimalkan ruangan yang ada di rumah saja anda sudah bisa membuat perpustakaan kekinian yang minimalis. Mengapa perpustakaan di rumah itu sangat penting? Mengingat buku merupakan investasi ilmu yang tidak pernah habis, tentu saja anda ingin generasi anda kelak mempunyai kebiasaan untuk membaca buku bukan?

Tidak hanya membaca smartphone saja seperti generasi anak ‘zaman now’. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat perpustakaan minimalis didalam rumah.

Baik itu jenis buku nya adalah novel, komik, roman, atau mungkin majalah sekalipun tidak apa-apa kok! Membuat perpustakaan di dalam rumah juga akan membuat interior lebih tertata lagi karena biasanya buku yang tergeletak berantakan di dalam rumah akan bisa tersusun rapi pada etalase atau rak buku yang berada di perpusatakaan.

Jadinya akan sangat mudah sekali untuk mencari buku yang dibutuhkan karena buku-buku tersebut tidak akan terpencar kemana-mana seisi rumah. Sebelum melakukan desain untuk pembuatan perpustakaan minimalis di dalam rumah, anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti dibawah ini.

1. Tempat

Tentu anda harus mempunyai tempat yang bisa digunakan untuk dijadikan perpusatakaan. Ingat! Jangan cari ruangan yang luas, gunakan lah ruangan yang ada. Ruangan perpusatakaan itu akan sangat baik jika dibuat tidak panas, pencahayaannya cukup, ada ruangan untuk meletakkan rak buku yang cukup besar, diberikan spot untuk tempat membaca, dan lain-lain.

2. Furniture

Apalah arti sebuah perpusatakaan jika tidak ada rak buku atau etalase didalamnya. Furniture yang bisa diterapkan pada perpusatakaan adalah meja kecil, kursi, rak buku, alas duduk, karpet, dan lain-lain. Jika mempunyai beberapa furniture lebih di ruangan lain, anda bisa mengalokasikannya untuk diletakkan di ruangan perpusatakaan.

3. Buku

Tentu saja perpustakaan merupakan tempat menyimpan buku sehingga anda harus dapat mengumpulkan buku-buku sesuai dengan kategorinya. Tidak perlu membeli buku agar perpustakaannya terlihat penuh, anda bisa memanfaatkan buku-buku yang ada terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu pasti koleksi buku-buku tersebut akan bertambah juga.

4. Desain yang Nyaman

Jangan membuat ruang perpustakaan asal-asalan yang penting ada rak buku dan koleksi buku. Suasana nyaman dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang penting. Suasana nyaman tersebut tentu akan dapat dibangun dengan adanya desain yang pas dan cocok bagi semua penghuni rumah.

Inspirasi Desain Perpustakaan Minimalis di Rumah UNtuk Meningkatkan Kecerdasan


Untuk mewujudkan kesan nyaman dalam perpusatakaan di dalam rumah, berikut ini kami akan memberikan beberapa inspirasi, trik, dan tips mengenai hal tersebut. Yuk simak saja bahasannya dibawah ini,

1. Gunakan Rak Braket

Rak braket merupakan jenis rak yang penggunaannya sangat sederhana, bisa terbuat dari bahan kaca dan kayu. Rak ini sangat cocok untuk anda yang hanya mempunyai lahan sempit untuk dijadikan perpusatakaan. Perpusatakaan dengan menggunakan rak braket juga terlihat lebih unik lho daripada perpustakaan pada biasanya. Anda bisa meletakkan rak braket nya di atas kursi, sofa, meja, dan lain-lain. Sebaiknya untuk menggunakan rak braket jenis kayu karena takutnya jika menggunakan jenis kaca tidak terlalu kuat.

2. Memanfaatkan Warna

Jika anda lebih mengedepankan nilai estetika pada perpusatakannya, sangat cocok dan kreatif sekali jika dapat memanfaatkan warna. Misalnya, warna pastel merah dijadikan satu rak, warna pastel oranye pada bukunya dijadikan satu tempat. Dengan begitu perpustakaan yang anda buat memberikan kesan warna-warni yang sangat unik lho. Tapi mungkin anda akan kesulitan mencari buku sesuai kategori nya masing-masing karena buku nya dibuat secara acak.

3. Ruang Bawah Tangga

Memafaatkan ruang bawah tangga juga merupakan tips yang rekomendasi banget lho! pasalnya jika anda mempunyai rumah bertingkat dan ada tangga nya. Ruangan bawah tangga biasanya dibuat sebagai gudang atau dibuat kosong saja. Nah, apa salahnya jika ruangan tersebut memang sengaja di buat perpustakaan? Jika dirasa terlalu kecil atau hanya cukup untuk membuat rak nya saja, mengapa tidak? Setidaknya anda mempunyai rak penyimpanan buku nya kan?!

4. Satukan dengan Ruang Keluarga

Daripada bingung-bingung mencari tempat yang pas untuk dibuat perpustakaan, apa salahnya dengan memanfaatkan ruang keluarga? Kelebihannya anda tidak perlu mempersiapkan sofa atau kursi membaca pada ruangan tersebut karena menyatu dengan ruang keluarga. Desain perpustakaan ini juga akan memberikan kesan lebih simpel dan lebih santai, jadi sambil membaca buku anda juga bisa berinteraksi dengan keluarga.

5. Satukan dengan Ruang Tamu

Jika tadi tips nya disatukan dengan ruang keluarga, apa salahnya jika perpustakaan minimalis disatukan dengan ruang tamu? Tentu akan sangat menarik sekali karena tidak hanya akan menarik perhatian penghuni rumah, namun juga menarik perhatian para tamu yang berkunjung ke rumah anda, Anda bisa menggunakan rak buku yang menempel dengan dinding yang cukup tinggu untuk meletakkan buku-bukunya, anda juga bisa memanfaatkan rak braket.

6. Pemanfaatan Rak hingga Langit-langit Ruangan

Tips nomor enam ini sangat cocok untuk anda yang hanya mempunyai ruangan yang cukup hanya untuk satu lemari saja. Tapi jangan khawatir karena anda juga bisa menggunakan rak lemari buku yang dibuat tinggi hingga langit-langit ruangan. Untuk membawa buku, anda bisa menggunakan tangga dadakan, memang terlihat cukup menyulitkan ketika akan membaca buku. Tapi, apa salahnya mencoba desain seperti ini agar terwujud perpustakaan di dalam rumah?

7. Perpustakaan di Loteng

Jika mempunyai loteng yang belum dimanfaatkan dengan benar, anda bisa menyulapnya menjadi ruang perpustakaan lho. Anda bisa membuat bentuk rak nya disesuaikan dengan bentuk atap nya. Akan sangat menguntungkan sekali jika anda mempunyai jenis loteng dari kayu karena akan memberikan konsep klasik dan seperti di luar negeri. Selalu pastikan buku anda tidak dimakan rayap ketika membuat perpusatakaan pada loteng.

8. Perpusatakaan Bawah Tanah

Jika biasanya bawah tanah dibuat menjadi sebuah gudang, apa salahnya membuat ruangan bawah tanag tersebut menjadi ruang perpusatakaan yang classy? Anda bisa melakukan dekorasi seperti penambahan karpet, penambahan sofa, meja untuk membaca, dan lain-lain. Malah perpusatakaan bawah tanah ini dipercaya akan memberikan kesan fokus dan konsentrasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan desain perpustakaan dalam rumah lainnya.

Itulah beberapa desain inspirasi perpusatakaan minimalis dalam rumah yang dipercaya akan meningkatkan kecerdasan para penghuni rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua! Ingat buku adalah sumber ilmu meskipun sekarang ini sudah banyak orang yang membacanya secara elektronik dengan menggunakan gadget.

Meningkatkan Kecerdasan dengan Membuat Ruang Perpustakaan Minimalis

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...