Lahan Kosong di Sekitar Rumah – Bagi anda yang mempunyai teras rumah cukup besar atau lahan kosong di sekitar rumah baik di depan, di samping, ataupun di belakang rumah yang belum dipergunakan dengan baik dan bingung akan dipergunakan untuk apa, anda bisa membuat lahan kosong itu menjadi sebuah taman yang hijau dan berwarna-warni.

Ada banyak manfaat yang nantinya didapat ketika anda membuat taman, selain rumah anda terasa segar dan terlihat hijau, ternyata adanya taman juga dapat membuat kesehatan penghuni rumah meningkat lho.

Tidak usah membuat taman yang mewah sehingga mengeluarkan banyak uang untuk membuatnya, cukup membuat taman minimalis low budget dengan memanfaatkan apa yang ada saja sudah cukup lho! Tidak perlu juga memilih tanaman yang harganya mahal, cukup gunakan tanaman yang berwarna-warni saja dirasa sudah cukup. Namun jika anda berkomitmen memang akan membuat taman di sekitar rumah, anda harus siap sedia mengurus tanaman nya.


Beberapa hal yang harus diperhatiakan dalam membuat taman di sekitar rumah diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tanaman

Tanaman merupakan unsur utama yang harus ada dalam taman. Jangan hanya menanam rumput saja sebagai dasar, namun anda juga harus melakukan pemilihan tanaman yang tepat. Anda bisa menyesuaikan dengan tema rumah atau konsep rumah anda sendiri. Pilihlah tanaman dengan warna yang cerah dan segar. Tapi, jangan hanya memilih tanaman sesuai warna nya saja, anda juga harus menyesuaikannya dengan iklim atau kecocokan tumbuh tanaman tersebut.

Jika sudah memilih tanaman yang tepat dan sudah yakin, kini saatnya anda melakukan pengaturan jarak tanam nya. Jangan sampai anda menanam tanaman dengan jarak terlalu dekat karena nantinya akan terlihat menumpuk dan buruk. Anda juga bisa menanam dengan media pot di dinding, pot gantung, dan lain-lain. Tanamlah tanaman dengan pola lurus dan teratur dan jangan berdempetan.

Baca Juga  Taman Minimalis Modern Depan Belakang Rumah

2. Pencahayaan

Taman berisi tumbuhan hidup yang harus diberi penyinaran matahari yang cukup. Sinar matahari merupakan suatu hal yang sangat penting karena hal itu akan berpengaruh pada metabolisme dari tumbuhannya. Oleh karena itu, pastikan taman berada di ruangan terbuka yang langsung tersorot oleh matahari secara langsung. Di Malam hari, untuk pencahayaan, mungkin anda juga bisa menambahkan hiasan-hiasan lampu agar taman terlihat lebih hidup.

3. Paving

Tujuan dari memberi paving pada sebuah taman adalah agar tanaman yang sudah susah payah anda tanam tidak diinjak oleh orang atau tidak diinjak oleh anda sendiri ketika merawat taman. Buatlah paving sederhana, entah itu terbuat dari batu alam atau yang lainnya. Pilih paving dengan bentuk atau model yang disesuaikan dengan konsep rumah agar terlihat serasi dan cocok.

Berbagai Desain Sederhana Taman Minimalis Untuk Rumah Anda

1. Taman Vertikal Untuk Lahan yang Sempit

Taman vertikal biasanya diaplikasikan pada teras depan rumah yang tidak mempunyai ukuran yang cukup luas. Taman vertikal ini tidak kalah menarik dan cantik nya dengan taman horizontal lho! Anda bisa menempelkan papan kayu pada dinding rumah, kemudian menyimpan pot kecil berisi tanaman hias yang cantik. Anda juga bisa menggunakan jenis pot gantung agar taman rumah terlihat lebih ramai, tapi ingat anda harus tetap memberi jarak antar pot nya agar terlihat tidak bertumpukan.

2. Taman Horizonal untuk Lahan yang Sempit

Membuat taman horizontal memang membutuhkan budget yang lebih tinggi dibandingkan dengan membuat taman vertikal. Tapi, daripada bingung lahan kosong depan atau belakang rumah akan dijadikan apa, lebih baik dijadikan taman horizontal. Taman horizontal ini tidak hanya bisa dihiasi dengan bunga-bunga saja lho, anda juga bisa meletakkan pohon-pohon yang cukup besar, ditambah lagi anda juga bisa membuat kolam hias di sekitar taman tersebut.

Baca Juga  Desain Taman Minimalis Dalam Rumah yang Eksotis dan Mempesona

3. Menggabungkan Taman Horizontal dan Taman Vertikal

Jika anda mempunyai teras rumah dengan lahan kosong di depannya, apa salahnya untuk membuat taman vertikal dan horizontal secara bersamaan? Tentu saja rumah dan taman nya akan terlihat semakin indah dengan perpaduan tersebut, apalagi jika tanamannya berwarna-warni. Anda bisa membuat variasi pot, misalnya pot yang lebih besar khusus di letakkan pad ataman horizontal sedangkan pot yang berukuran kecil anda letakan di taman vertikal pada teras rumah anda.

4. Taman dengan Jenis Bunga Bervariasi

Banyak orang yang selalu memilih bunga dengan jenis itu-itu saja dalam membuat taman, padahal jika bunga yang ditanam lebih bervariasi, taman di lahan kosong anda akan terlihat lebih indah dan berwarna-warni lho! Efek visual yang diberikan oleh pemandangan taman dengan bunga bervariasi akan sangat mempengaruhi suasana hati atau mood anda. Pengaplikasian tips ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai lahan sempit karena nantinya malah terlihat visual taman yang cukup luas.

5. Memadukan Taman dengan Furniture

Taman ternyata tidak harus berisi bunga, rumput, dan kolam saja lho! anda juga bisa menghias taman dengan menambahkan furniture misalnya menambahkan kursi dan meja yang diletakkan pada spot-spot tertentu pada taman. Tips ini sangat cocok bagi lahan kosong yang cukup luas, tidak hanya harus di depan rumah, anda juga bisa mengaplikasikan hal ini pada lahan kosong di belakang rumah.

Oh ya! Anda juga bisa meletakkan beberapa furniture dapur seperti alat pembakar vertikal, alat barbeque, dan lainnya. Sehingga dengan begitu taman tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, namun bisa berfungsi sebagai ruang keluarga outdoor.

6. Taman Mungil di Setiap Sudut

Jika lahan kosong yang anda miliki kebanyakan berada di sudut-sudut rumah, daripada bingung anda bisa membuat taman mungil lho. Simpel saja, hanya dengan meletakkan pot atau menanam rumput dengan bunga berwarna-warni saja juga sudah cukup. Taman di setiap sudut ini biasanya banyak diaplikasikan pada lahan kosong yang berada di tengah-tengah rumah, dan lainnya. Perhatikan jenis tanaman yang anda pilih karena biasanya taman yang letaknya di sudut ini minim akan cahaya matahari.

Baca Juga  40 Gaya Desain Kursi Taman Kayu dan Besi

7. Taman Kreatif dengan Barang bekas dan Aksesoris lainnya

Jika ingin membuat taman yang lebih ‘low budget’ lagi, anda juga bisa membuat taman dengan memanfaatkan barang bekas lho! misalnya saja menggunakan ban bekas sebagai pot nya, wadah tidak dipakai sebagai pot nya, dan lain-lain. Kerahkan semua kreativitas anda untuk membuat taman yang cantik di lahan kosong. Aksesoris yang bisa anda letakkan pada taman selain lampu hias adalah patung hias, ornament-ornamen outdoor yang unik, dan lain-lain. Tapi jangan patung dengan gaya menyeramkan ya!

Jadi, tidak usah khawatir jika anda mempunyai lahan kosong. Jangan sampai anda kebingungan lagi mau dijadikan apa lahan kosong tersebut setelah membaca pembahasan-pembahasan diatas. Membuat taman pada rumah akan membuat rumah terasa sejuk di pagi hari, selain itu dengan membuat taman berarti kita sudah menyelamatkan bumi dari global warming lho!

Menyihir Lahan Kosong di Sekitar Rumah Menjadi Taman Minimalis

rumah idaman:

    buat taman minimalis, gambar desain taman, membuat lahan tanam sederhana di dapur

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...