Punya Kolam Renang? Harus Tahu Cara Membersihkannya! – Untuk jenis rumah mewah, fasilitas kolam renang biasanya menjadi hal yang wajib ada. Dengan memiliki kolam renang sendiri, memang sangat memudahkan penghuninya yang hobi berenang atau berolah raga. Karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke kolam renang. Namun memiliki kolam renang di rumah juga harus mempunyai cara yang tepat dalam perawatannya.

Banyak yang harus diperhatikan dalam membersihkan kolam renang. Terutama airnya. Air dari kolam renang harus memiliki kandungan kimia dan juga air murni yang seimbang. Pemeliharaan kolam renang memang terbilang tidak mudah. Maka dari itu kita harus tahu trik dan tipsnya dalam membuat kolam renang anda selalu bersih dan juga cantik.

Sehingga setiap orang yang berenang di sana juga akan merasa nyaman. Tak jarang kita temukan kolam yang airnya keruh atau berbau klorin. Sudah bisa dipastikan kolam tersebut tak layak pakai.

Cara Membersihkan Kolam Renang dengan Baik dan Benar


Membersihkan kolam renang pribadi tidak hanya memperhatikan kandungan airnya saja, tapi juga area sekitar kolam renang. Berikut akan kita bahas cara membersihkan kolam agar selalu terawat. Diantaranya :

1. Bersihkan kolam setiap hari dari kotoran yang mengambang di atasnya

Anda bisa menggunakan jaring halus untuk mengambil berbagai kotoran yang biasanya ada di atas air. Misalnya daun-daun kering, sampah, serangga, dan objek organik lainnya yang bisa memicu timbulnya bakteri di dalam air. Untuk cara membersihkan yang satu ini harus anda kerjakan setiap hari. Karena kotoran yang mengganggu ini biasanya selalu ada.

2. Mengatur keseimbangan kandungan air kolam

Ini hal yang sangat penting. Karena air yang kita gunakan saat berenang harus higienis dan tidak menimbulkan penyakit kulit tertentu. Air kolam yang baik adalah yang memiliki Ph yang benar. Dan total alkalin dan kaliumnya tentu harus seimbang. Anda bisa menggunakan alat khusus yaitu Ph meter untuk mengetahui keseimbangan kandungan air.

Baca Juga  Dekorasi Rumah Mewah nan Cantik dengan Rooftop Pool

3. Menggunakan larutan pembunuh bakteri

Bakteri bisa membuat kolam renang anda kotor bahkan menyebabkan iritasi pada mata atau kulit. Cara membunuh bakteri tersebut adalah dengan larutan yang biasa dijual di toko khusus alat-alat renang. Pertama-tama tebarkan larutan tersebut di seluruh permukaan kolam. Lalu anda tinggal menunggu selama 15 menit. Setelah itu anda bisa melihat kolam anda kembali kinclong dan bersih.

4. Menguras air kolam

Pengurasan akan lebih baik jika dilakukan seminggu 1 x. Ukuran waktu tersebut cukup efektif untuk membuat kolam anda tetap terawat kebersihannya. Kuras air kolam hingga ke bagian dasar, dan sikatlah lantai serta dinding kolam menggunakan sikat khusus. Alat sikat ini berupa pengisap kotoran yang mengendap di dasar kolam. Dan juga lumut yang ada di sekitar dinding kolam. Sehingga semua kotorannya akan terangkat.

5. Mengepel lantai kolam

Selain menguras, mengepel area lantai kolam juga penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya lumut di dinding kolam yang akan menyebabkan lantai licin. Dan juga mencegah timbulnya bakteri yang berbahaya. Mengepel lantai bisa dilakukan seminggu 1 x seperti saat menguras kolam. Atau berbarengan dengan pengurasan.

6. Mengisi kolam renang sampai penuh

Banyak yang melewatkan tata cara pengisian air di kolam renang. Banyak sedikitnya air ternyata mempengaruhi kebersihannya juga. Maka sebaiknya isilah kolam dengan air sampai penuh. Pengisian sampai penuh akan terlihat dari air yang melimpah pada permukaannya. Cara ini terbilang cukup mahal, namun sangat efektif dalam melakukan pembersihan.

7. Melakukan proses sirkulasi kolam

Sirkulasi adalah bagian yang juga penting pada kolam renang. Bagaimana cara melakukan proses ini? anda dapat menyedot air yang berasal dari bak. Kemudian anda bisa meneruskannya kembali pada sebuah wadah. Hasil dari proses ini bisa langsung diteruskan kembali ke kolam renang. Jika prosesnya sudah selesai, angkat alat penyedotnya dari stop kontak. Cukup mudah tapi memang membutuhkan waktu lebih lama kira-kira 6 jam lamanya.

Baca Juga  Dekorasi Rumah Mewah nan Cantik dengan Rooftop Pool

Cara Lain Agar Kolam Renang Bersih dan Sehat


Selain membersihkan kolam, ada lagi cara lain yang bisa anda lakukan untuk membuat kolam renang anda tetap bersih dan tetap sehat. Cara ini dimulai dari diri sendiri. Anda juga bisa memberi peringatan pada setiap penghuni rumah yang ingin berenang. Berikut cara-caranya :

1. Jika anda sedang terkena diare, mohon jangan berenang

Kebersihan kolam tergantung dari kebersihan orang-orang yang berenang di dalamnya juga. Jangan karena ini kolam milik pribadi maka anda bisa seenaknya memakai kolam tersebut. Diare juga disebabkan oleh bakteri yang masuk ke tubuh. Maka sangat disarankan untuk tidak berenang dahulu jika anda atau penghuni rumah yang lain sedang sakit diare.

2. Bersihkan tubuh sebelum mulai berenang

Membersihkan tubuh sebaiknya tidak hanya dilakukan pada saat setelah berenang saja. Tapi juga sebelum berenang. Karena bisa saja tubuh anda sudah terkena keringat atau daki yang menempel di tubuh. Dan jangan menjadikan kolam sebagai tempat anda mandi atau untuk membuang kotoran yang menempel. Anda tetap harus mandi di kamar mandi, bukan di kolam renang.

3. Jangan pernah menelan air dari kolam

Saat berenang memang banyak hal yang terjadi. Salah satu yang sering terjadi adalah tidak sengaja menelan air kolam. Usahakan untuk tidak sampai menelan air ketika anda sedang berenang. Atau jangan sampai air tersebut masuk ke dalam mulut. Karena air di kolam bisa saja sedang tidak bersih. Maka dari itu kita juga harus selalu mengecek kadar air atau kandungan di dalamnya.

4. Bersihkan kolam lebih sering lagi jika di rumah ada anak kecil

Jika di rumah anda ada anak kecil atau balita yang sering anda ajak berenang, sebaiknya anda lebih sering lagi membersihkan area kolam. Selain untuk tetap menjaga kesehatan anak-anak tersebut setelah berenang, pembersihan kolam lebih sering ini juga dilakukan karena anak-anak biasanya sering buang air kecil di dalam kolam. Sehingga lebih memungkinkan banyaknya kotoran yang masuk ke kolam.

Baca Juga  Dekorasi Rumah Mewah nan Cantik dengan Rooftop Pool

Merawat dan menjaga kebersihan kolam memang tidak mudah. Dan juga membutuhkan proses yang cukup panjang. Ketelitian juga sangat diperlukan dalam membersihkan atau merawat kolam renang. Tapi saat kolam terlihat bersih dan nyaman dipakai, anda pun akan merasa puas dengan hasilnya. Melakukan treatment kolam juga memiliki banyak manfaat. Dan tetap harus diingat, walaupun kolam renang jarang dipakai tapi pembersihan secara berkala harus tetap dilakukan.

Hal ini juga bisa menghindarkan anda dari penyakit yang bisa saja muncul dari kolam yang airnya kotor, keruh, berbau atau bahkan berwarna hijau. Merawat kolam memang menyebalkan karena menghabiskan banyak waktu. Tapi jika anda sedang malas, atau jarang dipakai berenang sebaiknya anda mengosongkan air di dalam kolam. Karena air yang menggenang tapi jarang dipakai juga sama-sama bisa menimbulkan penyakit. Atau anda bisa menggunakan jasa pembersih kolam.

Punya Kolam Renang? Harus Tahu Cara Membersihkannya!

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...