Punya Loteng Tapi Ukuran Nanggung? Manfaatkan dengan Tips-Tips Ini – Setiap kepala pasti memiliki pemikiran dan selera yang berbeda, salah satunya adalah dalam mendesain model rumah yang mereka impikan. Memiliki loteng di rumah terkadang sebagian orang malah menjadikannya sebagai gudang.

Namun jika mereka sadari bahwa tempat tersebut dapat dijadikan suatu kamar atau tempat yang lebih nyaman untuk ditempati. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini anda akan diajak untuk membahas mengenai pemanfaatan loteng yang ukurannya tidak terlalu luas.

1. Loteng beratap unik

Tidak semua rumah memiliki loteng, namun apa salahnya jika loteng yang ada di rumah dijadikan suatu tempat yang lebih nyaman dan dapat ditempati oleh beberapa anggota keluarga. Loteng juga sebenarnya membuat rumah tampak lebih luas lagi, karena berada di bagian atas rumah dan tidak menyesakkan rumah. Namun fakta yang terjadi banyak sekali loteng rumah yang dijadikan sebagai gudang.

Sebenarnya pemanfaat loteng pada rumah dapat diolah menjadi lebih bermanfaat lagi, seperti contohnya loteng yang ukurannya tidak terlalu luas dapat dijadikan kamar tidur dengan beratapkan yagamata, model ini diadopsi dari gaya rumah Jepang. Bentuk seperti gunung karena seolah membentuk lancip di bagian tengahnya.

Warna yang diterapkan juga lebih baik dipilih warna pastel dengan lampu yang sedikit redup akan tetapi diberikan jendela yang besar dan ventilasi yang sesuai. Karena posisi loteng memang berada pada bagian atas rumah dan langsung terpapar oleh sinar matahari.

2. Loteng bergaya klasik

Biasanya rumah bergaya klasik sangat dominan sekali dengan ukurannya yang sangat luas dan mewah, namun siapa sangka jika kali ini rumah bergaya klasik memiliki ukuran loteng yang tidak terlalu besar, namun di desain dengan se unik san se modern mungkin. Membuat loteng bergaya klasik ini sebaiknya di aplikasikan warna yang tidak terlalu mencolok seperti warna coklat muda atau cream. Warna ini akan lebih menghidupkan suasana loteng walaupun ukurannya tidak terlalu luas.

Baca Juga  10 Perusahaan Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia


Loteng bergaya klasik ini seringkali ditemukan sebagai tempat untuk menyendiri atau menenangkan diri, biasanya orang-orang yang membuat desain loteng bergaya klasik ini menyimpan piano yang ukuran besar tepat di depan anak tangga, karena didukung oleh ukuran loteng yang tidak terlalu luas. Loteng bergaya klasik ini sangat cocok diterapkan pada rumah para seniman, karena mereka akan dengan mudah menuangkan ide-ide kreatifnya di ruang loteng tersebut.

3. Loteng kayu unik

Memilih bahan dasar kayu untuk mendesain loteng sederhana pada bagian atas rumah adalah salah satu hal yang sangat tepat. Tentunya anda dapat memilih jenis kayu yang berkualitas agar dapat menopang dengan kuat dan kokoh. Jenis kayu jati dapat anda jadikan sebagai pilihan alternatif yang dapat digunakan untuk membuat loteng yang unik pada bagian atas rumah. Loteng kayu ini juga akan terlihat lebih hidup lagi jika di dalam ruangan terdapat beberapa tanaman pot yang akan menampakkan kesan hidup dan segar.


Walaupun didasari dengan bahan dasar kayu namun jangan sampai anda melupakan bagian ventilasi yang harus wajib ada pada loteng. Pasalnya jika tidak ada ventilasi maka sirkulasi udara akan sangat terganggu dan akan menyebabkan ketidak nyamanan bagi orang-orang yang berdiam di tempat tersebut.

Loteng kayu unik ini dapat dijadikan tempat berkumpul yang sangat nyaman dengan diberikan tempat api untuk menghangatkan badan dikala musim dingin tiba. Sudah banyak sekali rumah yang mendesain loteng kayu unik ini. Untuk furniturnya anda dapat memilih sofa yang unik dengan warna yang berbeda-beda.

4. Loteng minimalis

Memiliki ruangan loteng minimalis adalah salah satu impian bagi sebuah keluarga, karena biasanya di loteng rumah mereka menghabiskan waktu bersama dengan mengobrol dan bercanda ria dengan anggota keluarganya. Namun karena loteng kali ini berukuran minimalis maka sebaiknya loteng dijadikan sebagai tempat istirahat saja atau kamar tidur anak.

Baca Juga  30 Desain Kamar Mandi Cantik Minimalis


Loteng yang minimalis ini tentunya akan tetap nyaman untuk ditempati walaupun luasnya tidak terlalu megah dan mewah. Jika ingin mendesain loteng minimalis menjadi sebuah kamar tidur maka anda harus mendesainnya senyaman mungkin, anda dapat memberikan jendela dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan lebar, karena agar seseorang yang tinggal di kamar tersebut merasa nyaman dan terkena sinar matahari agar sehat.

5. Loteng sederhana glamor

Dalam menerapkan loteng sederhana glamor ini tentunya anda harus memberikan warna yang terang dan segar. Loteng sederhana glamor ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, dan dijadikan sebagai kamar tidur. Atapnya dibentuk seperti prisma segilima yang di desain se unik dan senyaman mungkin.

Anda bisa menambahkan jendela ukuran sedang di samping kanan kamar tidur agar seseorang yang menempati ruangan tersebut merasa nyaman dan tetap dapat menikmati suasana alam yang sejuk dan syahdu. Loteng sederhana glamor ini juga dibuat glamor dengan diberikan wallpaper yang berwarna nyala seperti hijau lumut yang akan lebih memberikan kesan nyaman pada seseorang yang tinggal di tempat tersebut.

Ukuran kasur tidur tidak terlalu besar, dan di samping kanan dan kiri diberikan lampu duduk, agar lebih menampakkan kesan glamor anda bisa menambahkan lampu gantung di atas kasur tidur dan jendela yang di belakang oleh kasur tidur. Untuk lantai anda dapat memilih ubin yang sudah di lapisi dengan karpet permanen berwarna coklat.

6. Loteng sebagai kamar utama

Menjadikan loteng sebagai kamar utama adalah suatu pilihan para orangtua yang khawatir jika anak-anaknya tidur di loteng karena takut terjatuh dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir hal tersebut maka para orangtua berinisiatif untuk menjadikan loteng sebagai kamar utama yang akan mereka jadikan tempat tidur yang nyaman dan dengan mudah mengkontrol para buah hatinya dari atas.

Baca Juga  Merk Cat Tembok Murah Tapi Bagus Dan Tahan Lama

Loteng sebagai kamar utama memang terdengar asing karena biasanya orang-orang lebih memilih jika loteng dijadikan tempat berkumpul kecil dan dijadikan kamar tidur anak. Namun tidak masalah jika pengaplikasian ini yang anda pilih, anda dapat mendesain loteng kamar utama se bagus dan senyaman mungkin dengan membuat atap model yang unik dan modern yang ditopang oleh 2 pondasi berbentuk persegi panjang.

Warna yang dipilih tentunya warna yang hangat dan nyaman seperti warna putih susu dan abu-abu muda. Berikan 2 jendela di kamar utama loteng ini, di bagian samping kasur tidur dan bagian depan kasur tidur yang diberi lahan sedikit untuk dijadikan tempat mengobrol.

Anak juga di latih agar tidak terlalu berlama-lama dengan gadget, karena kamar berbentuk ini seolah memiliki daya tarik yang kuat, anda dapat menjadikan loteng semacam ini sebagai kamar tidur 2 buah hati anda, kasur yang anda pilih tentunya berukuran kecil dengan risbang yang menyesuaikan ukuran kasur pula, yang di bagian tengah diberikan jendela berukuran sedang. Dan diberikan karpet bermotif yang akan lebih menghidupkan suasana di malam hari. Selain itu anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hidup yang ada di dalam pot untuk disimpan pada loteng kamar berbentuk melengkung.

Punya Loteng Tapi Ukuran Nanggung? Manfaatkan dengan Tips-Tips Ini

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...