Tips Dekorasi Pernikahan – Pernikahan merupakan acara yang sangat sakral dan merupakan acara yang penting untuk semua orang. Pernikahan tentunya akan digelar satu kali seumur hidup dengan harapannya untuk membangun keluarga yang awet hingga akhir zaman.

Oleh karena itu tak heran jika banyak resepsi pernikahan yang digelar sedemikian rupa dengan menghabiskan biaya besar-besaran, entah itu karena mengikuti tradisi, tuntutan orang tua, gengsi, dan alasan lainnya. Bahkan, ada yang biaya resepsi pernikahannya lebih mahal daripada membeli rumah lho!

Padahal, jika dipikir-pikir dengan baik, akan sayang sekali menghamburkan uang di resepsi pernikahan namun pasangannya belum mempunyai rumah dan atau masih tinggal bersama orang tua nya. Namun, itulah orang-orang, masih banyak yang mengikuti ego dan gengsi untuk membuat dekorasi pernikahan semewah dan semahal mungkin. Inntinya, sebaiknya dekorasi pernikahan atau resepsi itu jangan sampai di bawa pusing ya!

Banyak juga orang-orang yang merencanakan mendekor penikahan sederhana dan murah, namun tetap dibuat unik dan berkesan. Banyak manfaat yang akan didapat ketika membuat pernikahan yang sederhana dan dengan modal biaya yang murah, alokasi uang tabungannya bisa diberikan untuk keperluan yang lain misalnya keperluan untuk membeli rumah, membeli barang-barang rumah tangga, dan lain-lain. Penasaran bagaimana tips dekorasi pernikahan sederhana dan murah? Jangan khawatir, disini kami akan memberikan informasinya pada anda semua!

Tips Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana dan Murah

Berikut ini merupakan tips-tips yang akan diberikan pada anda yang ingin membuat dekorasi pernikahan sederhana dan murah.

1. Tempat

Tempat merupakan suatu hal yang terkadang membingungkan bagi orang-orang yang akan melangsungkan pernikahan. Bingung memilih tempat yang cocok dimana, apakah di ballroom, rumah, lapangan, hotel, restoran, garden, dan lain-lain. Namun sebaiknya anda menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Untuk membuat resepsi dekorasi pernikahan sederhana dan murah, menikah di rumah merupakan hal yang sangat cocok. Atau, anda juga bisa melangsungkan pernikahan di lapangan dan nantinya dekorasi berkonsep garden party.

Baca Juga  Konsep Dekorasi Pernikahan Simple Outdoor Yang Patut Anda Coba

2. Tema


Tema suatu pernikahan jangan sampai ngaler ngidul atau kemana-mana. Anda bisa menggunakan satu tema saja, memadukan satu atau mungkin maksimal dua warna yang menghiasi dekorasi pernikahannya. Meskipun terlihat sangat sederhana, namun tema seperti itu akan memberikan kesan yang elegan. Dibandingkan dengan menggunakan tema yang bermacam-macam.

Tema harus dibicarakan dan didiskusikan secara matang lho ya! Dekorasi pernikahan yang sederhana juga berarti anda tidak perlu menggunakan beberapa atribut yang berlebihan, misalnya bunga dengan banyak jenis, dan lain-lain. Menggunakan satu atau dua jenis bunga dengan warna berbeda tentu bukan lah hal yang buruk lho!

3. Dekorasi

Setelah menentukan tema, tentu saja dekorasi merupakan hal yang selanjutnya menjadi perhatian. Jika tema anda garden party denga warna pastel, pilihlah dekorasi seperti pernak pernik dengan warna senada. Namun ingat! Jangan sampai menghamburkan uang, anda bisa memilih bunga lokal yang menghiasi dekorasinya, anda juga bisa membuat buket sederhana, menghias pelaminan, dan lain-lain. Jika anda cukup kreatif, gunakan barang-barang yang ada untuk dijadikan suatu pernak-pernik. Misalnya, anda juga bisa menggunakan balon untuk dekorasi di pernikahan anda, toh sangat murah sekali bukan modalnya?

4. Sediakan Photo Booth

Sediakan photo booth yang sederhana, jangan terlalu mewah. Sederhana bukan berarti asal-asalan, namun anda harus tetap memberikan kesan elegan dan unik. Hal ini akan memberikan kesan yang sangat baik bagi para tamu yang datang. Photo Booth merupakan dekorasi kekinian yang pastinya hampir anda temui di setiap resepsi pernikahan. Properti-properti yang disimpan di photo booth juga jangan terlalu ramai ya!

5. Manfaatkan Apa yang Ada

Manfaatkan dan maksimalkan apa yang anda dan pasangan anda punya. Anda bisa membuat konsep pernikahan yang memanfaatkan halaman belakang rumah, halaman depan, dan lain-lain. Untuk cinderamata, anda juga tidak perlu memberikan barang mewah. Hanya sekedar barang-barang mungil penak pernik bertuliskan kedua mempelai saja sudah memberikan kesan sederhana, murah, namun tetap elegan lho!

Baca Juga  Tips Menyembunyikan Dan Menata Kabel Listrik Di Rumah

6. Resepsi di malam hari? Why Not!


Akan lebih menyenangkan lagi jika anda menggelar resepsi di malam hari. Apalagi jika anda mengusung tema garden party, dekorasi yang digunakan bisa beruupa lampu-lampu redup yang dililiatkan di setiap penjuru lokasi nya. Mungkin, yang lebih kreatif lagi, anda bisa menggunakan lampion untuk dekorasinya. Wah! Akan sangat romantis sekali tentunya konsep ini. Namun, jika anda ingin membuat dekorasi di malam hari, pastikan cuacanya terang ya, karena bisa-bisa jika konsep nya garden party, anda dan para tamu bisa kehujanan lho!

7. Fotografer

Akan sangat mahal menyewa fotografer yang mahal, namun apa salah nya jika anda menyewa fotografer yang sudah kenal? Misalnya dari teman kuliah, teman kantor, dan lain-lain. Menyewa fotografer yang tidak lain adalah teman kita sendiri merupakan hal yang sangat direkomendasikan! Selain harganya pasti murah dibandingkan menyewa fotografer di agensi-agnsi tertentu, kita juga menjadi lebih leluasa dengan apa yang ingin kita dapat ketika resepsi nya. Karena percaya atau tidak, suatu pernikahan merupakan momen yang harus diabadikan sebagus dan sebaik mungkin.

8. Makanan

Untuk menjamu para tamu undangan, sudah tentu kita harus menjamunya dengan makanan. Namun, biasanya makanan-makanan ini akan tersisa karena biasanya yang menyediakan resepsi itu akan memesan catering dengan jumlah yang sangat banyak karena takut kehabisan. Sebagai tips saja, sebaiknya anda melakukan pencatatan terlebih dahulu siapa saja tamu yang di undang, kemudian dikalikan dengan makanan yang ada. Jangan sampai uang justru terbuang karena makanan saja.

Itulah beberapa tips dekorasi pesta pernikahan menggunakan konsep sederhana dan murah. Untuk lebih menghemat lagi, anda juga diharuskan untuk menekan biaya sebelum pernikahan, misalnya anggaran untuk menyebar undangan pernikahan dan anggaran untuk melakukan pra wedding jangan terlalu besar. Untuk pra-wedding, anda bisa melakukan pemotretan dengan gaun yangs sederhana, kostum yang anti mainstream namun mengena, jangan sampai anda membeli gaun yang mewah dan mahal karena mungkin itu merupakan hal yang membuang-buang uang saja!

Baca Juga  Desain Tangga untuk Rumah Minimalis dengan gaya modern

Untuk memberikan kartu undangan kepada para tamu, tidak perlu yang mewah-mewah, anda juga harus membatasi kartu undangannya. Untuk teman-teman yang jauh atau kerabat yang jauh misalnya diluar pulau, karena sekarang ini teknologi sudah berkembang pesat, apa salahnya untuk mengirimkan undangan melalui internet atau media sosial? Jangan sampai anda memberikannya dengan mengirimkan melalui paket, justru hal tersebut merupakan hal yang membuang uang juga membuang-buang waktu.

Event organizer atau wedding organizer yang profesional juga akan sangat membantu anda untuk melangsungkan pernikahan. Bagaimana tidak, kesuksesan dan kelancaran pernikahan anda akan sangat bergantung pada mereka. Jadi, lebih baik dari awal anda memilih WO atau EO yang sudah berpengalaman dan terkenal kerjaannya bagus, anda juga harus dapat memilih WO mana yang terbaik dan harga nya juga terjangkau.

Tips Dekorasi Pernikahan Sederhana dan Murah

Keywrods:

    BUANG UANG RESEPSI

Tag:

| RumahMu | 4.5
Loading...