Cara Merawat Dinding Rumah Kayu

Renovasi-rumah.net – Rumah, sekarang ini bukan hanya sebagai kebutuhan manusia untuk bertempat tinggal, menetap dan terlindung dari panas, hujan, maupun terpaan angin. Dewasa ini rumah juga menjadi cara manusia untuk memenuhi kebutuhan akan eksistensi dan kreatifitas. Pasalnya, semakin hari akan kita temukan berbagai gaya desain rumah yang menarik untuk dijadikan contoh. Desain rumah sekarang pun tidak lagi berpatokan pada beberapa jenis desain yang ada, seperti misalnya desain rumah klasik, minimalis, mediterania, tropis, dan lain sebagainya. Kini desain rumah lebih berkembang dan berfariasi seperti misalnya rumah minimalis dengan aksen modern sehingga disebut sebagai desain modern minimalis. Atau perpaduan antara klasik dan minimalis yang menghasilkan desain rumah klasik minimalis, dan lain sebagainya. Anda juga bebas membuat kesan klasik hanya pada salah satu ruangan saja misalnya. Atau memberikan kesan klasik hanya dengan membuat salah satu elemen rumah terbuat dari kayu. Misalnya saja dinding rumah.

renovasi-rumah.net - cara merawat dinding rumah kayu

renovasi-rumah.net – cara merawat dinding rumah kayu

Bagian yang satu ini memang lebih bisa dieksplore untuk mendapatkan nuansa tertentu dari sebuah hunian. Seperti anda bisa membuat dinding rumah minimalis anda dengan material dari kayu untuk menciptakan nuansa rumah kayu minimalis, atau sekedar ingin membuat tampilannya terkesan berbeda, unik dan menarik. Ya, memiliki rumah dengan dinding yang terbuat dari kayu memang bukan konstruksi mayoritas penduduk kita yang umumnya menggunakan dnding batu bata. Sehingga rumah akan terkesan sejuk dan lebih menarik dengan dinding bermaterial kayu ini. Namun, tentu ada harga yanng harus anda bayar untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih apik dari pemanfaatan material kayu di dinding ini. Anda harus ekstra melakukan perawatan karena sifat kayu yang mudah lapuk bila tidak terawat. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan informasinya untuk anda beberapa tips merawat dinding rumah kayu.

  • Lakukan perawatan kebersihan secara berkala atau setiap hari, misalnya dengan selalu membersihkannya dari debu dengan mennggunakan kemoceng atau lap kering. Perawatan harian yang sederhana ini terbilang penting agar debu atau kotoran lainnya tidak sempat menumpuk dan menjadi semakin sulit dibersihkan. Bila pada dinding biasa atau dinding batu bata anda mungkin tidak perlu melakukan hal ini, namun bila dinding anda terbuat dari kayu sebaiknya masukkan dalam daftar kegiatan bersih-bersih anda setiap harinya.
  • Bersihkan juga selalu bagian pojok ruangan yang atas atau sela-sela dinding kayu. Bagian ini biasanya banyak ditempati sarang laba-laba, sehingga anda perlu mengecek dan membersihkannya dengan kemoceng atau bila letaknya terlalu tinggi gunakan spider web stick atau sapu panjang yang memang digunakan untuk menjangkau dan membersihkan bagian tersebut. Untuk perawatan yang satu ini anda bisa melakukannya cukup dengan seminggu sekali saja atau bersihkan bila terlihat ada sarang laba-laba yang menempel saja karena letaknya yang tinggi dan perlu alat khusus yang akan tidak efektif bila anda mengerjakannya setiap hari.
  • Bila mungkin, tiap 1 minggu sekali juga lakukan perawatan lebih ekstra, misalnya dengan mengelap secara menyeluruh bagian dari dinding rumah anda yang terbuat dari kayu dan memolesnya dengan cairan khusus furniture kayu atau biasa dikenal sebagai furniture polish agar bersih dan terlihat mengkilap alami.
  • Bersihkan selalu dengan segera bila terkena percikan air atau percikan kotoran apapun. Jangan lupa untuk selalu segera mengeringkannya setiap kali anda mengelap dinding kayu dengan kain basah.
  • Hindarkan dinding kayu rumah anda dari hal-hal yang mungkin akan menggores permukaannya. Misalnya saja menggantung sesuatu dengan cara memakunya juga tidak disarankan. Bila memang anda hendak memajang suatu hiasan tertentu di dinding rumah anda, sebaiknya pertimbangkan dari awal, sehingga saat pemasangan material kayu, anda bisa memberi sedikit celah atau dipasang dengan jarak tertentu per papannya.
  • Apabila dinding kayu anda sudah terlihat kusam atau benar-benar sulit dibersihkan, anda bisa melakukan coating ulang agar tamak mengkilap kembali.
Baca Juga  Dekorasi Kamar Tidur Dengan Gaya Kekinian

 

Demikian tadi informasi singkat yang dapat kami berikan tentang beberapa cara merawat dinding rumah kayu. Terimakasih, semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel tentang cara merawat rumah kayu

Loading...