Variasi Desain Rumah Minimalis Dari Kayu Sederhana – Mendekorasi rumah menjadi hal yang cukup penting mengingat penampilan interior rumah akan menunjang kenyamanan penghuni di dalam rumah tersebut. Untuk mendesain interior rumah, anda dapat memulai nya dengan memilih cat latar dinding dalam rumah, memilih perabot dan furniture serta desain dan bentuk ruangan yang ada di dalam rumah. Saat ini mendekorasi atau menerapkan material kayu pada dinding rumah merupakan solusi alternated yang akan membuat tampilan rumah anda semakin menarik. Pengaplikasian kayu di dalam rumah akan membuat suasana rumah anda menjadi hangat dan nyaman serta elegan.

Dikarenakan sifat dasar kayu baik kayu alam ataupun material kayu buatan tidak terlalu tahan terhadap cuaca dan kelembaban, oleh sebab itu penerapan material kayu hanya dapat digunakan pada dinding rumah ataupun interior dinding rumah anda. Berikut di bawah ini contoh variasi dinding rumah dengan kayu yang dapat anda simak.

  • Kayu sebagai konstruksi dinding rumah

Untuk variasi dinding ini, kayu akan digunakan sebagai konstruksi untuk membentuk bidang dinding rumah anda. Konstruksi bangunan seperti ini akan banyak ditemukan di restoran atau cottage. Secara keseluruhan bangunan akan mempergunakan konstruksi kayu. Jenis kayu yang digunakan biasanya berbentuk papa dengan ukuran sekitar 20×160-200 mm yang dipasangkan pada rangka kayu rumah. Pemasangan bisa dilakukan secara horizontal, vertical, ataupun bertumpuk. Bahan kayu yang dapat anda gunakan adalah kayu yang memiliki kualitas tinggi serta kokoh dan tahan lama seperti jati, meranti, dan lainnya.

  • Papan kayu untuk melapisi dinding

Ide variasi dinding rumah dengan kayu lainnya adalah menggunakan papan kayu untuk melapisi dinding. Kayu yang digunakan tetap dalam bentuk papan utuh hanya saja papan kayu ini hanya digunakan untuk melapisi bukan sebagai konstruksi bangunan. Papan kayu tersebut akan ditempelkan ke dinding yang sudah jadi misalnya saja dinding bata. Karena bidang dinding rumah yang dipasang belum rata, maka sebaiknya anda membuat terlebih dahulu rangka dengan menggunakan kayu berukuran 5/7 atau 4/6. Setelah itu, barulah anda dapat melapisi dinding rumah dengan papan pelapis dengan menggunakan bantuan paku ataupun sekrup. Untuk pemasangan papan pelapis dinding ini perlu diperhatikan benar tentang kualiatas dinding dan plesternya. Kualitas dinding yang tidak bagus dan mudah lembab akan membuat papan pelapis kayu cepat mengalami kerusakan. Gunakan trasraam untuk campuran adukan pada pemasangan batu bata untuk dinding. Trasamm adalah campuran dari pasir dan semen dengan komposisi semen lebih banyak sehingga akan lebih kedap air dan kering.

  • Melapisi dinding dengan kayu olahan

Anda juga dapat menggunakan material kayu olahan atau buatan apabila dirasa papan kayu alam sulit ditemukan ataupun harganya terlalu mahal. Alternatif variasi dinding rumah dengan kayu ini dapat anda coba dengan menggunakan hasil kayu olahan yang berupa multipleks berbentuk lembaran. Biasanya ukuran pabrik lemabaran kayu ini berukuran standar yaitu 122cm x 144 cm dengan ketebalan bervariasi dari 6mm, 9mm, hingga 12 mm.

Baca Juga  Gambar foto denah rumah minimalis sederhana

Selain multipleks, kayu olahan lain yang dapat anda gunakan yaitu panel favbrikasi. Jenis olahan kayu ini terbuat dari serbuk kayu yang di press dengan suhu yang tinggi. Panel kayu ini biasa disebut dengan nama panel MDF (Medium Density Fiber). Sama seperti pengaplikasian sebelumnya, untuk mendapatkan hasil pelapisan yang bagus sebaiknya buatlah rangka dari kayu 5/7 atau 4/7 untuk hasil dinding kayu yang lebih rata dan presisi. Panel kayu ini memiliki lapisan permukaan yang lebih halus dan siap untuk difinshing langsung bila dibandingkan dengan multipleks yang harus melewati proses pengamplasan terlebih dahulu sebelum pengecatan.

Jenis kayu olahan lainnya yang dapat anda gunakan adalah kayu plywood atau kayu lapis dari hasil perekatan beberapa lembaran kayu dengan tekanan yang tinggi. Plywood sendiri dapat anda lapisi dnegan HPL, Veneer, melaminton, dan lainnya yang dapat memberikan tampilan dan motid yang cantik dan menarik.

Berikut ini beberapa variasi dinding rumah dengan kayu pilihan yang jadi inspirasi anda:

Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu Menggunakan Variasi Dinding Rumah Dengan Kayu

Apabila anda ingin hasil yang sama persis dengan tampilan kayu alam, anda dapat menambahkan lapisan teakwood kurang lebih setebal 3 mm pada lapisan dinding kayu anda. Cairan ini akan memberikan motid yang sama hasilnya dengan kayu alam atau kayu asli.

Beberapa alasan yang tepat untuk menggunakan variasi dinding rumah dengan kayu pilihan sebagai dinding rumah anda.

  • Penggunaan variasi dinding rumah dengan kayu lebih ramah lingkungan. Struktur kayu dapat menyerap dan menyimpan gas CO2. Selain itu, material kayu juga rendah terhadap pelepasan karbon sehingga tidak akan berdampak pada perubahan iklim yang ada.
  • Konsep variasi dinding rumah dengan kayu lebih menghemat biaya yang ada bila dibandingkan dengan menggunakan batu bata, beton dan lainnya. Selain menghemat biaya tentunya akan menghemat tenaga kerja dan juga waktu pengerjaan.
  • Salah satu alas an mengapa banyak orang yang menggunakan material kayu pada rumah mereka adalah karena kekuatan material tersebut dan keamanan konstruksinya. Material kayu memiliki sifat yang elastis sehingga dapat ditekuk. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan material lainnya seperti batu bata ataupun batako. Sehingga bila pondasi bergeser maka material kayu tidak akan retak.
  • Inspirasi variasi dinding rumah dengan kayu juga membuat hunian anda menjadi lebih sehat dan natural. Mengapa? Karena material kayu tidak akan emmancarkan muatan elektrostatis yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan penghuni rumah.
Baca Juga  Membangun Model Ventilasi Angin Yang Sehat Di Rumah

Nah iti tadi beragam variasi dinding rumah dengan kayu yang dapat anda coba. Tentunya penggunaan kayu pada rumah juga diperlukan sebuah perawatan dan pemeliharaan agar tetap awet dan tahan lama. Sekian informasi kali ini. baca juga Cara Membereskan Kamar Yang Kecil Agar Tampak Luas dan Nyaman

Variasi Desain Rumah Minimalis Dari Kayu Sederhana

Keywrods:

    dinding kayu, dinding kayu minimalis, model dinding kamar rumah kayu, variasi rumah, variasi dinding, desain rumah mini malis menggunakan batako, cohtoh sket kamar dr kayu papan perpaduan tembok dan kayu, cara menghias kamar rumah papan, Dinding papan, cara menghias kamar tidur rumah kayu, cara menata kamar tidur rumah kayu, membuat dekorasi kayu rumah sendiri, desain dinding kayu minimalis, mengatasi rumah papan tak rata, desain kamar tidur rumah papan, gambar kamar cantik rumah papan, desain lapisan kayu pada dinding, cara membuat variasi rumah, kamar tidur rumah papan, cara mendekorasi kamar rumah kayu

Tag:

| Cakra Budiman | 4.5

Leave a Reply